LANGSUNG CHAT WA
Paket Karimun jawa

Tour Karimunjawa

Pengalaman Tour Karimunjawa

Tour karimunjawa saat ini sedang menjamur di masyarakat Indonesia, baik dari anak muda usia belasan tahun sampai kepada usia yang sudah lanjut. Ada suatu cerita pengalaman pribadi dimana tahun 2006 lalu saya bersama teman-teman kampus Undip Semarang melakukan jalan-lajan ke Karimunjawa yang belum pernah saya lakukan sebelumnya. sangat asyik dan menyenangkan ketika saya sampai di pelabuhan Kartini Jepara, karena disitulah tempat penyeberangan menuju Karimunjawa

Setelah mendapatkan tiket kapal Muria langsunglah kita berlari untuk naik ke kapal Muria yang memiliki bentuk kotak seperti sabun dan dapat menampung sampai 400 orang penumpang. selama 6 jam kita berada diatas kapal muria, meskipun panas terik mendatangi kita karena saat itu kita memilih berada di dek kapal paling atas yang tidak tertutup oleh atap, tidak terasa kita sudah sampai di pelabuhan Karimunjawa. Satu hal yang saya pikirkan saat itu ketika melihat Kepulauan Karimunajawa, yaitu saya tidak pernah melihat laut sebening ini yang beningnya melebihi kolam renang di tempat tinggal saya. heheehhe.....

brosur tour karimunjawa

Tidak salah pilihan teman-teman untuk pergi berwisata ke Karimunjawa. Di atas kapal saya menengok kebawah dan melihat gerombolan ikan zebra telah berada di bawah kapal dan sedang berebut makanan yang diberikan oleh penumpang, ada beberapa jenis dari nasi, roti, ciki, snack, dll semuanya dilalap habis oleh ikan-ikan itu. Sungguh senang melihat kekayaan alam Karimunjawa.

Tour Karimunjawa pun kami lanjutkan dengan jalan kaki menuju homestay yang tidak jauh dari pelabuhan Karimunjawa. dengan jarak sekitar 1 kilometer kita jalan kaki menuju homestay *tidak sebut merek* :-). sesampainya di homestay saya bersam teman-teman sudah dihidangi dengan berbagai jajan pasar dan air teh hangat, rasanya seperti mendapatkan hujan saat panas melanda.

Istirahat sejenak, kemudian kita jalan-jalan menuju pelabuhan sahbandar untuk menikmati sunrise pantai Karimun. langit berwarna kuning tua dengan iringan nada suara angin laut yang mempesona. setelah puas berfoto-foto disana kita pun kembali ke homestay untuk beristirahat mempersiapkan fisik untuk tour Karimunjawa esok hari.

rombongan tour karimunjawa

Keesokan harinya, saya bersama teman-teman bangun pagi joging sebentar kemudian makan pagi, setelah persiapan dirasa cukup sekitar pukul 07.00 WIB kita mulai berangkat ke pulau-pulau untuk melakukan wisata snorkeling. sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kapal nelayan atau sering disebut sopek. sesampainya di pulau tersebut kamipun langsung bergegas memasang alat snorkeling yang sudah disediakan, tak tunggu waktu lama, kita pun langsung terjun ke air dan menikmati pemandangan terumbu karang dan ikan hias yang sangat indah dipandang sampai-sampai dinginpun tidak kami rasakan.

Di siang harinya kita pergi ke pulau tengah untuk menikmasi makan siang yang special yaitu ikan bakar khas karimunjawa. ikan dibakar menggunakan sari kulit kelapa dan kayu kering, bumbu yang digunakan saat membakar yaitu minyak goreng untuk membuat kulit serta daging ikan tersebut matang sampai kedalam. sambil menunggu kami pun jalan-jalan di pulau tengah melihat pemandangan serta hunting foto-foto pantai putih. setelah makan siap, kitapun mulai makan dan rasanya SANGAT ISTIMEWA,,,,,,,,,gurih sekali, matang sampai kedalam. Tidak malu-malu kitapun menghabiskan makanan dengan cepat dan rapi. Hehehehe....

Selesai makan siang kita kembali kelaut untuk melakukan kegiatan tour Karimunjawa selanjutnya. Sama dengan tour laut Karimunjawa di pagi hari, kami saat ini menuju pulau yang lainnya lagi untuk melakukan snorkeling. Dipulau yang ini kita di berikan kepuasan yang sangat mendalam, bahwasannya ketika kita berenang tiba-tiba segerombolan ikan Zebra datang menghampiri seakan ingin berkenalan. tetapi setelah kita tahun ternyata mereka meminta makanan, tour guide Karimunjawa pun sudah siap dengan roti ditangannya. Dilemparkannya roti tersebut ke kita dan di sekeliling kami, ramai sekali seperti menjadi bocah petualang. Ikan-ikan tersebut berebut untuk mendapatkan roti yang ada di genggaman saya dan teman-teman, sungguh muzizat Tuhan Yang Maha Esa.

Hari menjelang sore kitapun pergi dari pulau tersebut menuju ke pulau yang memiliki penangkaran hiu. WOOWWW.....itu yang bisa kita katakan. ada orang yang berani berenang bersama hiu. ternyata memang jenis ikan hiu yang ada disana merupakan jenis ikan hiu yang jinak dan tidak menyerang manusia. Kamipun dengan penuh rasa penasaran menjoba untuk menjawab tantangan itu untuk terjn ke kolam kematian tersebut (hehehe bercanda) kita langsung terjun kolam penangkaran hiu itu, tenyata benar justru hiunya yang takut. tapi mungkin karena semakin seringnya hiu tersebut berinteraksi dengan manusia, mamalia tersebut terbiasa dan akram dengan manusia. tidak ada yang dirugikan dan dicelakai disini.

tour karimunjawa

Puas dengan pengalaman yang memacu adrenalin tersebut, kita pun menuju ke karimun besar untuk pulang ke penginapan. Tak terasa sudau 10 jam terlewati untuk berwisata di Karimunjawa dan kitapun puas dengan segala yang diberikan oleh Kepulauan Karimun jawa itu.

Karena keesokan harinya kita harus pulang, malam harinya kita membuat acara sendii yaitu bakar ikan serat cumi-cumi di teras homestay sambil bernyanyi ria bersama para guide yang ramah dan ceria, tak teras sudah pukul 12 malam dan kitapun capek beraktifitas seharian ini. Keesokan harinya setelah makan pagi kitapun berkemas ke Kapal Muria untuk pulang ke Jepara

Pengalaman yang tidak akan terlupakan dalam benak saya dan teman-teman dan kami berencana untuk melakukan tour ke Karimunjawa kembali ketika ada waktu luang nanti, menikmati bermain dengan ikan, bermain dengan hiu, berkumpul dengan teman-teman sambil bakar ikan merupakan pengalaman hidup yang tidak terlupakan.