Paket Wisata Karimunjawa Murah 2017
024-7464152 / 085225965955 / 087832042888 / 085640428433 / Pin BBM: 218D9559 / WA: 085290682990
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

Persiapan Sebelum Liburan Itu Mengasikan

Setiap manusia pasti mempunyai saat dimana ada titik jenuh dalam kehidupannya, baik karena aktifitas yang monoton atau kurangnya liburan pada diri sendiri, selain itu efek lingkungan seperti tempat kerja atau sekolah yang kurang menyenangkan yang dapat menyebabkan orang perlu untuk sejenak menyenangkan diri sendiri seperti liburan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berlibur adalah pergi (bersenang-senang, bersantai-santai). Terus kenapa liburan perlu persiapan? bukannya pada saat liburan tidak ada ujian? Oke mari kita bahas satu persatu kenapa pentingnya persiapan untuk liburan :

1.    Liburan itu waktu yang tepat untuk meliburkan atau menenangkan semua organ tubuh baik itu pikiran, hati dan perasaan, jadi kalau setelah liburan hati, pikiran dan perasaan kita tidak berubah menjadi lebih nyaman dan semangat jadi apa guna dari liburan itu?

2.    Perlu kita percayai atau tidak, liburan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sedikitnya biaya kita tetap akan mengeluarkan biaya liburan baik itu makanan, transport, tiket dll, jadi dengan banyaknya biaya yang kita keluarkan untuk liburan kalau kesan atau hasil liburan kurang menyenangkan serasa sia-sia uang yang dikeluarkan  itu tentunya.

3.    Masih agak sedikit berhubungan dengan point 2 diatas, kadang karena kita yang sudah sangat ingin liburan, kadang kurang memikirkan budjet setelah kita selesai liburan bagaimana, kan tidak lucu setelah kita liburan, besoknya kita jadi terpaksa makan mie instan selama 1 bulan karena uang bulanan kita habis?

4.    Ada saatnya kita mengambil cuti kerja atau harus bolos sekolah dan kuliah demi untuk liburan, jelas ada banyak pekerjaan atau tugas yang tertunda dikerjakan setelah liburan, apalagi setelah liburan rasa untuk kembali sekolah, kuliah dan kerja pasti akan sedikit malas, padahal tujuan liburan agar kita akan lebih semangat lagi tentunya.


Kalau dilihat dari begitu banyaknya hal yang penting pada saat kita mempersiapan liburan diatas, agar kita terhindar dari permasalahan di atas, jadi apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum kita liburan tanpa ada permasalahan yang berarti yang tidak menggangu kita sebelum, saat dan setelah liburan?, untuk itu saya diskripsikan beberapa persiapan yang perlu dipersiapkan sebelum liburan :

a.    Tentukan hari dan tanggal yang tepat untuk berlibur

Point pertama ini menurut saya point yang sangat penting dilakukan sebelum liburan, karena dengan kita telah menentukan hari dan tanggal, kita bisa memulai mencari tujuan wisata, waktu perjalanan dan biaya yang dibutuhkan serta mencari teman atau kerabat untuk liburan bersama. Selain itu jika harus terpaksa cuti atau ijin kita bisa memohon jauh-jauh hari sehingga kita akan lebih bisa menyelesaikan pekerjaaan kita sebelum kita liburan.

b.    Tentukan tujuan kita liburan

Tujuan menjadi hal yang cukup penting menurut saya, tujuan disini adalah tujuan kita berlibur, bukan tujuan wisata, maksudnya gini kalau kita ingin wisata pantai dan air kita bisa berlibur ke kepulauan karimunjawa, kepulauan seribu, derawan, Raja ampat dll. Kalau tujuan liburan kita ke petualangan, kita bisa jalan-jalan ke gunung semeru, rincani, arung jeram ke sungai elo, menyusuri goa gajah di jogja dll, kalau tujuan kita liburan untuk melihat sejarah kerajaan Indonesia bisa mengunjungi Candi Gedong songo, candi dieng, dll. Jadi tentukan dulu tujuan kita arah mana, biar kita bisa menikmatinya, kan tidak nyaman rasanya saat kita takut dengan ketinggian malah jalan-jalan ke gunung semeru atau kita tidak begitu suka belanja malah jalan-jalan ke Pasar Beringharjo.

c.    Cari tau info tempat wisata

Mulai dari transportasi, tempat yang bisa dikunjungi, biaya tiket masuk, penginapan dll.
Dengan kita mencari informasi tersebut, kita akan mendapatkan banyak keuntungan, antara lain: kita jadi tau transportasi apa yang bisa kita lalui, dan bisa pesan dahulu apalagi saat liburan panjang, biasanya transportasi dan penginapan penuh dan harganya ikut naik, kalau kita bisa boking jauh-jauh hari tentu memudahkan kita nantinya, selain itu kita akan lebih bisa mengexplore semua objek wisata dan menghitung waktu perjalanan, sehingga kita bisa menikmati liburan dengan nyaman.

d.    Selalu cek kondisi cuaca sebelum anda liburan.

Cuaca memang salah satu kendala yang sebenarnya susah diprekdisi, namun tidak ada salahnya untuk melihat kondisi cuaca minimal 1 minggu sebelum kita liburan, baik dalam situs BMKG atau aplikasi di gadget anda, karena sekarang banyak aplikasi cuaca yang bisa digunakan untuk melihat cuaca. Hal ini dianggap penting juga untuk meminimalisir hal-hal yang mungkin terjadi karena perubahan cuaca, contoh untuk bulan Januari-Februari ombak di Karimunjawa biasanya besar, saat kita tiba-tiba sudah sampai di pelabuhan kartini Jepara dan ternyata Ombak besar dan kapal tidak berangkat bukannya itu justru hal yang kurang menyenangkan saat liburan, atau saat sedang asik-asiknya mendaki Gunung Prau di Dieng ternyata hujan deras, jangankan keindahan sun rise yang terlihat, untuk sekedar keluar tenda pasti sudah sangat malas, jadi apakah masih malas untuk melihat cuaca sebelum liburan?

e.    Selesaikan semua tugas kita di sekolah, kuliah, dan kerja sebelum liburan.

Kalau terpaksa harus ijin atau cuti untuk liburan, segera selesaikan semua tugas kita, karena sangat tidak nyaman saat kita menunda tugas-tugas kita setelah liburan, selain kita akan dihubungi oleh teman atau bos kita karena masalah kerjaan, kita juga cenderung menjadi malas mengerjakan setelah liburan karena suasana masih terbawa suasana liburan. Keuntungan lain dengan selesaikan tugas sebelum liburan pikiran kita jadi lebih fokus untuk liburan, tidak enak sekali saat kita sedang asik snorkeling di Pulau Menjangan Besar Karimunjawa, tiba tiba ikan hiu itu terlihat seperti laporan keuangan di komputer kita?

f.    Sesuaikan liburan dengan budjet kita

Sebagian orang kadang kurang memikirkan biaya apalagi untuk liburan, angan-angan yang penting bisa liburan dengan nyaman tanpa memikirkan biaya berapapun itu, namun bagi kita yang memiliki penghasilan sedikit dan ingin liburan hal ini cukup perlu diperhatikan, seperti artikel diatas yang saya sebutkan, kan tidak lucu setelah kita liburan, besoknya kita jadi terpaksa makan mie instan selama 1 bulan karena uang bulanan kita habis? Jadi sesuaikan liburan kita dengan biaya yang ada, karena situasi dilapangan bisa saja berbeda, adanya pos dana cadangan harusnya kita alokasikan juga, selain bisa jadi dana tak terduga dana itu bisa kita pergunakan lagi untuk liburan di lain waktu.

g.    Cari teman yang suka dengan tujuan destinasi kita

Liburan bersama kerabat yang kita sayang dan teman memang sangat menyenangkan, selain menambah kekompakan dan kekeluargaan, kita juga bisa agak menghemat pengeluaran, kita bisa share bugjet dengan mereka, misalnya gini, saat liburan di gunung Bromo, kita bisa berbagi dengan teman kita, ada yang bayar jeep, ada yang bayar makan, ada yang bayar penginapan jadi lebih menghemat buat kita. Keuntungan lain liburan dengan orang atau teman yang suka dengan tujuan destinasi liburan kita, kita jadi asik saat liburan, berbeda jika ada yang tidak suka dengan destinasi liburan kita, saat kita asik snorkeling di pulau cilik karimunjawa, ada satu teman yang tidak bisa renang dan mabuk lauk, dia hanya diam di kapal, kan kasian juga kita jadi kurang menikmati snorkeling karena tidak enak dengan teman kita.

h.    Cari informasi saudara atau teman yang ada di sekitar tempat liburan kita

Selain kita bisa bersilaturahmi dengan teman atau saudara kita, setidaknya kita akan ada orang yang mengarahkan ketika ingin liburan, paling tidak dia tau mana tempat-tempat yang bagus dan tentang oleh-oleh yang khas dan asli kota tujuan anda liburan. Kadang kita kurang paham ketika membeli oleh-oleh di pusat oleh-oleh, misalnya ketika sedang liburan di Semarang namun malah membeli Jenang Kudus padahal makan khas Kota Semarang kan Lumpia. Selain itu kita juga kadang diminta menginap di rumahnya agar kita bisa lebih hemat tentunya.

i.    Siapkan perlengkapan yang memang diperlukan saat liburan

Packing atau menata barang merupakan hal yang menentukan sukses tidaknya suatu perjalanan, bisa disebut penting karena perlengkapan itulah yang akan menunjang kenyamanan perjalanan kita. Hal ini bisa dimulai dengan membuat list bawaan yang akan kita pergunakan, menyusun dengan skala alat yang sering pergunakan dahulu ditaruh diatas dan sebagainya. Jika kita memang akan liburan di Pantai Klayar Pacitan tidak perlu membawa jaket tebal, atau saat akan liburan ke Gunung Rinjani lupakanlah highgirl, jadi intinya kemana kita akan pergi, perhitungkanlah perlengkapan yang akan dibawa.

j.    Menabung

Pemerintah menyarankan kita menabung tentu bukan hanya karena untuk liburan semata, tentu ada banyak manfaat menabung untuk kehidupan kita ini, selain bisa lebih tenang saat ingin liburan, dengan adanya tabungan kita akan lebih aman jika membutuhkan biaya tak terduga saat liburan, manfaat lainnya dengan adanya tabungan kita tidak perlu memakai uang bulanan kita, jadi setelah liburan kita tetap bisa berktifitas seperti biasa tanpa memikirkan utang piutang yang mungkin kita pinjam untuk liburan, saya salah satu orang yang menyukuri dan mengamini manfaat menabung ini.

k.    Cari biro atau tour yang berkualitas yang anda percayai

Bagi para pekerja kantoran yang tidak ingin repot menyiapkan liburan, kini banyak biro tour travel yang bisa menyiapkan untuk liburan dari tiket transportasi, penginapan, makan dan tujuan wisata saat anda liburan, namun carilah yang benar berkualitas karena selain kita aman saat liburan kita juga akan lebih bisa menikmati perjalanan dengan baik dan  berkesan, selain itu para tour leader juga biasanya akan memberikan penjelasan tentang tempat liburan yang kita kunjungi sehingga akan menambah banyak pengetahuan buat kita tentunya. Kunci biro tour yang berkualitas yaitu mempunyai asuransi perjalnan wisata, walau kita jelas tidak menginginkan sesuatu hal buruk terjadi namun paling tidak kita akan merasa lebih aman tentunya saat liburan.

Saya berharap dengan kita bisa mempersiapkan segala sesuatu sebelum liburan, kita akan benar-benar menikmati liburan sesuai tujuan awal kita liburan yaitu menenangkan diri, hati dan perasaaan yang bisa membuat kita lebih bersemangat untuk beraktifitas kembali dan bersyukur atas kebahagian dan kurnia yang telah Tuhan berikan.

0 Response to "Persiapan Sebelum Liburan Itu Mengasikan"

Populer di karimun Jawa