Paket Wisata Karimunjawa Murah 2017
024-7464152 / 085777709570 (+WA) / 085225965955 (+WA) / 087731148008 / Pin BBM: 218D9559
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

Jenis Karang Di Karimunjawa

Karimunjawa merupakan tempat wisata favorit saat ini, kunjungan yang tak ada hentinya ditujukan kepada Kepulauan Karimunjawa. Laut yang jernih dan kekayaan biota didalamnya adalah faktor utama wisatawan senang dan akan kembali lagi kesana.

Faktor pendukung yang tidak dapat dipisahkan dengan wisata di Karimunjawa adalah terumbu Karang. Namun tahukan anda apa sebenarnya Terumbu Karang tersebut dan anda bisa melihat foto karang di Karimunjawa. Dari referensi yang kami dapatkan terumbu karang adalah gabungan dari koloni-koloni karang dan membentuk menjadi bagian yang lebih besar. Dapat dilihat terumbu karang Karimunjawa di bawah ini:


Kumpulan dari berbagai jenis karang seperti pada gambar diatas dinamakan terumbu karang. Di Karimunjawa sendiri banyak sekali jenis dari terumbu karang, diantaranya karang bercabang, karang meja, karang jahe, karang batu / masif, darang lelehan, dan lain sebagainya.

Terumbu karang sendiri biasanaya hidup di perairan dangkal, karena kehidupan dan perkembangan karang sangat berhubungan erat dengan cahaya matahari. Dibawah ini kami ingin mencoba membagikan kepada teman-teman semua tentang jenis-jenis dari karang yang hidup di tepian laut Karimunjawa.

Karang acropora adalah jenis karang yang paling banyak tumbuh di Karimunjawa, Karena jenis dan pertumbuhan yang cepat itulah yang menyebabkan iya banyak dijumpai saat bersenorkeling. Acropora sendiri memiliki banyak sekali jenis warna dan bentuk. Ada yang berbentuk cabang memanjang dan ada juga seperti meja.

Karang Acropora ini memiliki sifat yang cepat tumbuh namun cepat juga untuk mati alias rentan kepada perubahan lingkungan yang segnifikan. Contoh saja perubahan suhu derastis, penyakit karang, tersentuh alat snorkeling, dan lain sebagainya. Banyak alasan yang menyebabkan terumbu karang jenis Acropora ini stres dan bisa menyebabkan mati.

Karang Porites merupakan salah satu jenis karang yang memiliki badan besar. Kebanyakan orang menyebutnya sebagai karang jahe. Tubuhnya yang gempal dan pendek menyebabkan bentuknya seperti jahe. Karang ini juga banyak dijumpai di Karimunjawa. Namun sayang di pulau tengah jenis karang porites ini banyak yang patah akibat jangkat  dan bersentuhan dengan manusia. Selain berbentuk seperti jahe, karang porites tersebut juga memiliki bentuk lain seperti lembaran dan ada juga seperti batu besar.

Karang Montipora merupakan jenis karangyang cukup banyak di Karimunjawa. Karang montipora ini memiliki ciri yaitu bentuknya seperti memiliki lubang pori-pori yang banyak. Karang ini biasanya berbentuk lembaran yang meleleh.

Karang lunak atau sering disebut soft coral ini merupakan jenis karang yang memiliki tentakel panjang sehingga bentuknya seperti tanaman yang bergerak-gerak di perairan. pertumbuhan dan perilaku serta makanan yang digunakan sama dengan jenis karang pada umumnya.

Karang Astreopora merupakan jenis karang yang memiliki bentuk pertumbuhan seperti batu besar. Karang ini juga banyak dijumoai di perairan Karimunjawa. Karang jenis ini biasanya tumbuh di cela-celah karang yang jenis lainnya.

Karang Euphyllia merupakan jenis karang yang unik, karena memiliki bentuk seperti kuping manusia. Karang ini jarang dijumpai di Karimunjawa.

Karang Turbinaria adalah jenis karang yang memiliki ciri tubuh seperti tabung atau memiliki tektur bergerigi. Karang ini juga termasuk sedang persebarannya di Karimunjawa.

Karang Favia merupakan karang yang banyak tumbuh di Karimunjawa. Karang ini memiliki bentuk seperti batu besar / sering disebut karang massive. Jenis karang ini yang sudah mati biasanya digunakan wisatawan berdiri untuk mengambil foto. Karang ini memiliki daya tahan yang lebih kuat dibandingkan jenis karang Acropora. Namun pertumbuhannyapun sangat lama.

Masih banyak sekali jenis-karang yang ada di Karimunjawa. Jadi jika anda mengambil paket wisata Karimunjawa jangna lupa untuk menyiapkan mata hati dan pikran karena sedikit lagi anda telah menjadi orang paling beruntung karena bisa melihat langsung binatang purba yaitu Karang.

0 Response to "Jenis Karang Di Karimunjawa"

Populer di karimun Jawa