Paket Wisata Karimunjawa Murah 2017
024-7464152 / 085777709570 (+WA) / 085225965955 (+WA) / 087731148008 / IG: @kawan_kurnia / FB: Kurnia Karimunjawa Tour
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

LEBIH DALAM MENGENAL ALAM KARIMUNJAWA

LEBIH MENGENAL ALAM KARIMUNJAWA


Di kejahuan terlihat perbukitan yang berbaris di tengah laut. Pasir pantai, deretan kapal, pemukiman menghiasi sepanjang bibir pulau. Daratan rendah yang bervariasi dengan perbukitan tersebut memiliki ketinggian 200 m s/d 500 mdpl. Fringing reefs mengelilingi pulau-pulaunya yang memiliki fungsi sebagai pelindung dari hempasan gelombang air laut. 
Daerah pantai yang identik dengan suhu relatif tinggi tersebut tidak membuat Karimunjawa terasa gerah dan panas, berbagai macam tumbuhan mewarnai permukaan bumi Karimun. Nuansa eksotis dan yang banyak keunikannya di darat maupun laut membuat Karimunjawa dikagumi para pengunjung dari berbagai pelosok.

Berdasarkan klasifikasi tipe iklim Schmidt dan Farguson, kawasan Taman Nasional Karimunjawa termasuk tipe C. Wilayah Karimunjawa merupakan gugusan kepulauan yang dikelilingi oleh laut, beriklim tropis dipengaruhi oleh angin laut yang bertiup sepanjang hari dengan suhu rata-rata 26-30 derajat C, dimana suhu minimum 22 derajat C dan suhu maksimal 34 derajat C. Kelembaban nisbi antara 70% s.d 85% dan tekanan udara berkisar pada 1.012 mb. Keadaan ini sangat bervariasi tergantung pada tempat dan waktu pengukuran. Berikut akan kami jelaskan tentang lebih mengenal alam di Karimunjawa.

PERGANTIAN MUSIM DI KARIMUNJAWA


MUSIM KEMARAU DI KARIMUNJAWA

Dalam satu tahun terdapat dua pergantian musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan dangan musim pancaroba diantaranya. Musim kemarau yang relarif pendek terjadi antara bulan Juni-Agustus dan biasanya oleh penduduk disebut sebagai musim Timuran. Pada waktu musim Timuran ini cuaca sepanjang hari cukup cerah dengan curah hujan rata-rata.

Setelah berakhirnya musim Timuran tersebut terdapat musim pancaroba I yang terjadi pada bulan September-Oktober sebagai perubahan atau peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan. Pada periode ini angin didominasi dari Barat-barat laut, kadang-kadang juga dari Timur dan Utara dengan kecepatan yang bervariasi.

Suana di Sore hari
Gambar 1.1 Suasana Sunset di Karimunjawa


MUSIM PENGHUJAN DI KARIMUNJAWA

Musim penghujan berlangsung antara bulan November-Maret, yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi yaitu rata-rata >200 mm/bulan dan bertiup angin yang cukup kencang sehingga berakibat adanya gelombang besar. Keadaan ini oleh penduduk sering disebut dengan musim Baratan yang membawa uap air dan jatuh di wilayah Kepulauan Karimunjawa sebagai hujan. Rata-rata penyinapan metahari sekitar 30-60% setiap harinya. Bulan Januari gelombang cukup besar dengan kecepatan angin rata-rata 7-16 knot, kadang-kadang dapat mencapai 21 knot dengan arah yang bervariasi dari barat-barat laut.

Musim Hujan di Karimunjawa
Gambar 1.2  Cuaca Buruk di Karimunjawa

BULAN YANG BURUK UNTUK BERLIBUR KE KARIMUNJAWA


Bulan Januari hingga Maret adalah jadwal terpantang untuk menyeberang. Angin yang kencang membuat gelombang tak segan-segan menambah ketinggiannya. Pada musim ini, dapat dipastikan akses menuju Karimunjawa lumpuh dan pada bulan tersebut biasanya agen wisata tidak membuka jadwal untuk melayani jasa wisata.

Pengaruh musim barat dengan angin barat yang bertiup kencang mengakibatkan gelombang besar dan mengganggu stabilitas perhubungan laut yang merupakan jalur penghubung utama antara pulau yang satu dengan pulau yang lainnya di Kepulauan Karimunjawa. Sehingga saat musim ini Kepulauan di Karimunjawa menjadi teriosir yang berakibat berhentinya roda perekonomian masyarakat, juga kegiatan para nelayan. Saat datangnya musim barat ini masyarakat mengalami kerawanan pangan karena sebagaian besar bahan makanan utama dibawa dari kota Jepara.

Setelah berakhirnya musim Barat terjadi musim Pancaroba II yaitu bulan April-Mei. Antara bulan Maret-Mei arah angin lebih bervariasi dari Barat ke Timur silih berganti dengan kecepatan rata-rata antara 4-10 knot.

Namun dengan adanya artikel ini, bukan berarti liburan ke Karimunjawa sangat beresiko. Banyak sekali wisatawan yang berhasil berlibur keKarimunjawa dengan membawa review yang sangat bagus sekali. Yang penting anda bisa berkoordinasi dengan Kontak Person Karimunjawa kami. Kami akan dengan senang hati membantu anda untuk mengatur jadwal liburan ke Karimunjawa anda.

 

0 Response to "LEBIH DALAM MENGENAL ALAM KARIMUNJAWA"

Populer di karimun Jawa