Paket Wisata Karimunjawa Murah 2017
024-7464152 / 085777709570 (+WA) / 085225965955 (+WA) / 087731148008 / Pin BBM: 218D9559
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

Sunan Nyamplungan

Asal Usul Sunan Nyamplungan

Mentari bersinar cerah pagi itu. Dengan semangat empat lima, kami mengemasi barang bawaan. Tujuan perjalanan kali ini adalah menyambangi makam Sunan Nyamplungan. Sebuah nama yang tidak bisa dipisahkan dari Karimunjawa. Makam Sunan Nyamplungan terletak sekitar 7 km sebelah Utara pulau

Nama Karimunjawa menurut rakyat setempat tidak terlepas dari sosok Sunan Nyamplung yang bernama asli Amir Hasan. Beliau adalah putra Sunan Muria yang sejak kecil agak dimanjakn oleh biyungnya Dewi Sujinah, sehingga perilakunya cendrung nakal. Amir Hasan di titipkan kepada pamannya, Sunan Kudus dengan harapan perilakunya berubah dan itu menjadi kenyataan karena kemudian dia menjadi sosok pemuda yang sangat taat.


Sunan Muria yang sangat bangga melihat perkembangan putranya itu kemudian memerintahkannya pergi ke salah satu pulau yang terlihat kremun - kremun dari puncak Gunung Muria. Disertai dua orang abdi, Amir Hasan berangkat dan di beri bekal berupa biji Nyamplungan untuk di tanam di puau tersebut. Di samping itu dia juga membawa Mustaka Masjid ( sampai saat ini masih berada di kompleks pemakaman Sunan Nyamplungan ).


Tapi saat kepergian Amir Hasan ke pulau itu ternyata tidak dengan sepengetahuan biyungnya.Sang biyung terkejut saat anaknya tidak berada di rumah , sang biyung terkejut dan langsung bergegas pergi menyusul ke pantai. Beliaunya hanya ingin memberi sedikit bekal sesuai kesukaannya. Nyai Sunan Muria membawa pecel lele dan siput yang telah di masak.

kalimosodo
Gambar 1.1 Kayu Kalimosodo

Namun, ketika ia sampai di pantai, sang anak telah berangkat bersama dua pengiringnya. Dengan rasa kecewa akhirnya bungkusan pecel lele dan bungkusan siput dibuang ke laut. Atas kehendak Tuhan, bungkusan itu terbawa ombak dan mengikuti perjalanan Amir Hasan sampai ke Karimunjawa. Hal inilah yang konon kemudian mengakibatkan ikan-ikan lele yang ada di Karimunjawa tidak memiliki patil. Areal ini sekarang dikenal dengan nama Legon Lele, yaitu kawasan di bagian timur Pulau Karimunjawa. Demikian pula, konon, sampai sekarang siput yang hidup di Legon Lele juga memiliki ciri khas, yaitu punggungnya belong.


makam Sunan Nyamplungan terletak di pucuk Gunung karimunjawa sebelah utara. Di pintu gerbang pemakaman itu terdapat du buah pohon besar, masyarakat setempat menyebutnya sebagai Kayu Dewa. Menurut kepercayaan masyarakat di sana sampai sekarang, kayu Dewandaru ini mempunyai khasiat dan bahkan dikeramatkan. Konon katanya barang siapa yang menyimpan kayu tersebut di rumah, akan terhindar dari niat orang mencuri dan bermaksud jahat.


sunan nyamplungan
Gambar 1.2 Kayu Kalimosodo
Berat jenis kayu Dewandaru dan kayu Segitiga lebih besar dari air, sehingga jika di letakkan air kayu tersebut akan tenggelam. Sedangkan kayu kalimasodo, konon katanya dapat digunakan untuk menghalau lelembut atau ro - roh jahat yang mengganggu manusia. Biasanya, kayu ini diisi mantra - matra oleh " Orang - orang pintar  " disana sesuai keinginan pemilik kayu.Untuk mata air di karimunjawa sendiri belum begitu banyak penting bisa buat baut kebutuhan sehari - hari jika kalian ingin menambaha wawasan tentang karimunjawa bisa dilihat di Mata Air Karimunjawa.



0 Response to "Sunan Nyamplungan"

Populer di karimun Jawa