Paket Wisata Karimunjawa Murah 2017
024-7464152 / 085777709570 (+WA) / 085225965955 (+WA) / 087731148008 / IG: @kawan_kurnia / FB: Kurnia Karimunjawa Tour
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

BUKAN HANYA WISATA LAUT, INI 5 HAL YANG MENARIK TENTANG KARIMUNJAWA

APA SI KARIMUNJAWA?


Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak "kremun-kremun" (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak "kremun-kremun" maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.

Ada 5 hal yang menarik tentang karimunjawa :

1. Wisata Bukit


Selain keindahan pantai dan keindahan di bawah lautnya. Karimunjawa mempunyai bukit yang wajib anda kunjungi. Bukit-bukit di Karimunjawa cukup menarik dan khas nya di karimunjawa.

> Bukit Love Karimunjawa

Bukit Love terletak di dusun Jatikerep, Desa Karimunjawa Kecamatan Karimunjawa Kabupaten Jepara. Letaknya Bukit LOve tidak jauh dari kota, Anda bisa bersepeda motor sekitar 10 menit untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Disini anda akan disuguhkan batu bertulisan "LOVE" yang terletak di atas bukit yang mengarah ke laut dengan panorama bukit dan hamparan laut yang luas, dan disini juga salah satu tempat sunset point yang indah di Karimunjawa.

Bukit ini di berinama Bukit Love, karena di bukit ini terdapat bangunan Tugu Love yang terletak didusun Jatikerep, tepatnya di belakang SD Karimunjawa 3.

bukit love karimunjawa
Gambar 1.1 Bukit Love


Dibukit ini kita bisa memandang lautan dengan bebas, disini juga bisa kita gunakan untuk sekadar bersantai seraya menatap laut. Selain itu juga kita bisa berfoto ria dibanguan love ini. Sangat menyenangkan bukan, kalau kita berfoto dengan keluarga atau orang yang kita sayangi dibukit ini.

> Bukit Joko Tuo Karimunjawa

Bukit Joko Tuwo adalah salah satu bukit yang menghadap ke arah kota Karimunjawa, sehingga sunset bisa terlihat sangat indah berpadu dengan aktivitas di sekitar tepi laut Karimunjawa. Berjarak ± 300 meter dari pusat kota Karimunjawa, atau lebih tepatnya sebelah utara pasar Karimunjawa. Untuk menuju bukit Joko Tuwo dapat ditempuh dengan menggunakan sepeda motor atau mobil, dan dapat ditempuh juga dengan berjalan kaki sekitar 20 menit.

Bukit ini dinamai Bukit Joko Tuo karena di bukit ini terdapat kerangka tulang belulang Ikan Joko Tuo, Berdasarkan cerita dari penduduk setempat, bahwa ikan raksasa berukuran panjang sekitar 3 meter ini merupakan jenis ikan langka yang terdampar di Pulau Karimunjawa.

Bukit Joko Tuo diambil dari kata Ikan Joko Tuo. "Joko tuo" sendiri berarti Perjaka Tua.

bukit joko tuwo
Gambar 1.2 Bukit Joko Tuo

Kerangka ikan ini ditemukan oleh seorang nelayan karimunjawa sudah menjadi bangkai di pesisir pantai karimunjawa, kemudian melaporkan pada warga yang lain dan akhirnya warga mengambil keputusan untuk mengawetkan kerangka-kerangka IKAN PAUS tersebut dan menyusunya.

Pemandangan bukit joko tuwo, dapat terlihat landscap kota karimunjawa secara utuh dan juga pulau-pulau di sekitar karimunjawa, selain itu anda juga dapat menyaksikan keindahan metahari terbenam. Pamparan langit seolah menyatu dengan laut yang memantulkan sinar orange matahari senja. Melukis garis-garis bayangan gelap dan terang yang dilengkapi dengan corak bayangan perahu-perahu dengan arah yang sama atau berlawanan, k,e timur atau ke barat.

Menikmati lukisan sempurna ini bisa dengan sangat santai di pondokan-pondokan berukuran 2x2m menghadap ke arah laut. Angin yang semilir, pemandangan senja yang indah, bisa duduk dengan santai.

2. Tracking Mangrove

Hutan Mangrove di Karimunjawa sendiri letaknya tidak jauh dari dermaga kapal utama. Jaraknya hanya sekitar 2 Km dan bisa ditempuh dengan sepeda motor atau berjalan kaki.

Wisata trekking ini dibuka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB. Para traveler akan menyusuri hutan Mangrove melalui jalur trekking dari papan kayu yang berkelok-kelok sepanjang 2 km. Rute yang berkelok-kelok ini akan membawa Anda menyusuri kecantikan hutan mangrove ini.

Hutan Mangrove Karimunjawa sendiri memiliki luas 10,5 km persegi. Rimbunnya mangrove dan cantiknya bunga mangrove akan memanjakan mata dan membebaskan diri dari segala kepenatan yang kita rasakan dengan padatnya rutinitas sehari-hari. Ditambah dengan gerombolan ikan-ikan kecil yang menari-nari di sepanjang bibir pantai, menambah serunya perjalanan traveler di hutan mangrove.

Hutan Mangrove
Gambar 1.3 Tracking Mangrove

Para traveler yang tertarik berkunjung ke sana, disarankan datang pada musim kemarau atau pada bulan April hingga Oktober. Sebab, cuaca cerah dan tidak akan ada nyamuk-nyamuk nakal yang mengganggu perjalanan trekking di hutan mangrove. Selain itu, jangan lupa membawa air minum ya agar tidak dehidrasi selama trekking!

Rencananya, kawasan hutan mangrove di Karimunjawa ini akan dijadikan pusat studi Mangrove dunia. Wisatawan yang berkunjung pun diperbolehkan ikut menghijaukan kawasan pantai dan hutan mangrove Karimunjawa. Bagaimana?

3. Wisata Religi

Nama Karimunjawa menurut rakyat setempat tidak terlepas dari sosok Sunan Nyamplung yang bernama asli Amir Hasan. Dia adalah putra Sunan Muria yang sejak kecil agak dimanjakan oleh ibundanya Dewi Sujinah, sehingga perilakunya cenderung nakal. Amir Hasan dititipkan kepada pamannya, Sunan Kudus, dengan harapan perilakunya berubah dan itu menjadi kenyataan karena kemudian ia menjadi sosok pemuda yang sangat taat.
Sunan Muria yang sangat bangga melihat perkembangan putranya itu kemudian memerintahkannya pergi ke salah satu pulau yang terlihat kremun-kremun dari puncak Gunung Muria.

sunan nyamplungan
Gambar 1.4 Makam Sunan Nyamplungan


Disertai dua orang abdi, Amir Hasan berangkat dan diberi bekal berupa dua buah biji Nyamplung untuk ditanam di pulau tersebut. Di samping itu ia juga membawa Mustaka Masjid (sampai saat ini masih berada di kompleks pemakaman Sunan Nyamplung).
Pulau yang terlihat kremun-kremun dari daratan Jawa itu akhirnya menjadi tempat tinggal Amir Hasan dan pohon Nyamplung yang ditanamnya tumbuh subur berkembang biak hingga mengitari pulau. Sampai sekarang masyarakat menyebut Amir Hasan sebagai "Sunan Nyamplungan".

Makam sunan nyamplungan terletak di Puncak Gunung Karimunjawa sebelah utara. Di pintu gerbang pemakaman itu terdapat dua buah pohon besar, Masyarakat setempat menyebutnya sebagai "Kayu Dewa" Menurut kepercayaan masyarakat setempat sampai sekarang, kayu Dewadaru ini mempunyai Khasiat dan bahkan dikaramatkan. Konon barang siapa yang menyimpan kayu tersebut dirumah, akan terhindari dari niat orang mencuri dan bermagsid jahat lainnya.

4. Kearifan Lokal

Kehidupan di karimunjawa rata-rata para nelayan, yang setiap harinya menjadi ikan di tengah laut dan sesudah mendapatnya biasanya para nelayan menjualnya di Jepara kota, atau di Semarang.

Dan sekarang kehidupan di karimunjawa yang dulunya para nelayan sekarang pada alih profesi menjadi guide lokal karena banyak jutaan peminat yang berombong-rombong wisata ke karimunjawa, jadi sekarang kedudukan para nelayan di karimunjawa semakin sedikit.

Mayoritas penduduk di karimunjawa adalah Muslim, tetapi ada sebagaian penduduk yang non-muslim terbukti adanya Gereja di Karimunjawa sehingga kehidupan di karimunjawa sangat pekat dan santun terhapat sesama penduduk pulau tersebut. Penduduk karimunjawa saling bertoleransi satu sama lain, sehingga kekeluargaan antar penduduk menjadi-jadi.

5. Pusat Kuliner & Souvenir

Pusat kuliner & Souvenir di karimunjawa terletak di alun-alun desa karimunjawa.Disana anda mencari kuliner khas karimunjawa dari ikan bakar, cumi bakar, bakso ikan, pindang serani ada semua di alun-alun desa karimunjawa. Dan alun-alun desa Karimunjawa buka di malam hari jam 18.00 hingga tengah malam masih tetap banyak yang berjualan.

Selain memikmati kuliner khas karimunjawa anda para wisatawan juga bisa membeli oleh-oleh khas karimunjawa atau suouvenir khas karimunajawa.
Banyak souvenir khas karimunjawa seperti kaos karimunjawa, kayu dewandaru khas karimunjawa, hiasan karang-karang untuk penghias rumah.

0 Response to "BUKAN HANYA WISATA LAUT, INI 5 HAL YANG MENARIK TENTANG KARIMUNJAWA"

Populer di karimun Jawa