Paket Wisata Karimunjawa Murah 2017
024-7464152 / 085777709570 (+WA) / 085225965955 (+WA) / 087731148008 / Pin BBM: 218D9559
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

8 DESTINASI WISATA LAUT KABUPATEN JEPARA

Kabupaten adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yan berbatasan lasngsung dengan laut Jawa di barat dan di utara, Kabupaten Pati dan Kabupaten Kudus di timur serta Kabupaten Demak di selatan. Wilayah Kabupaten Jepara juga meliputi Kepulauan Karimunjawa yang verada di Laut Jawa. Ibu Kota Kabupaten adalah Jepara.

Siapa yang tidak tau dengan keindahan ukiran jepara. Ukiran mebel dari Jepara sudah terkenal sampai ke plosok Nusantara bahkan sampai penjuru dunia. Dan ternyata selain ukirannya yang terkenal jepara juga menadi salah satu Destinasi Wisatawa Laut di Indonesia.

Jepara memiliki pantai banyak yang cantik dan cocok untuk kalian berlibur sat longweekend maupun tidak. Untuk saat ini ang lagi rame adalah Wisata Karimunjawa, selain Wisata Karimunjawa masih banyak lagi pantai yang sering dikunjugi wisatawan saat berlibur ke Kota Jepara.

Berikut Tempat - tempat wisata kota jepara yang sering dikunjungi :

1. Benteng Portugis

adalah salah satu objek wisata andalan di Jepara adalah Benteng Portugis yang terletak di Desa Banyumanis Kecamatan Donorojo atau 45 km di sebelah timur laut Kota Jepara, dan untuk mencapainya tersedia sarana jalan aspal berbatu dan hanya dapat dicapai menggunakan kendaraan pribadi dikarenakan tidak ada rute transportasi umum ke situs sejarah ini
.
benteng portugis jepara
Gambar 1. 1 Benteng Portugis Jepara

Dilihat dari sisi geografis benteng ini tampak sangat strategis untuk kepentingan militer khususnya zaman dahulu yang kemampuan tembakan meriamnya terbatas 2 s/d 3 km saja. Benteng ini dibangun di ats sebuah bukit batu di pinggir laut dan persis di depannya terhampar Pulau mondoliko, sehingga praktis selat yang ada di depan benteng ini berada di bawah kendali Meriam Benteng sehingga akan berpengaruh pada pelayaran kapal dari Jepara ke Indonesia bagian timur atau sebaliknya

Benteng Portugis menjadi Tempat Wisata Sajarah yang wajib di kunjungi. Benteg ini menjadi cagar budaya yang dilindungi . Bneteng ini terletak di pinggir laut sehingga juga memiliki pemandangan yang tidak kalah sama tempat wisata yang lain.

2. Pantai Kartini



Pantai Kartini adalh termasuk tempat wisata yang paling populer di Kota Jepara bagi anak - anak dan keluarga. Selain menikmati hembusan ombak pantai , masih ada banyak lagi wahana permainnan di dalamnya, seperti komedi putar , persahu arus , mandi bola, aquarium kura - kura dapat kalian temukan di Tempat Wisata Pantai Kartini Jepara ini.

objek wisata pantai di Bulu, Jepara, Jawa Tengah. Pantai ini terletak 2,5 km arah barat dari pendopo Kantor Bupati Jepara. Kawasan dengan luas lahan 3,5 ha ini merupakan kawasan yang strategis, karena sebagai jalur transportasi laut menuju objek wisata Taman laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang.

pantai kartini jepara
Gambar 1.2 Wisata Pantai Kartini
Selain itu Pantai Kartini, tidak bisa lepas dari suatu acara tradisional yang disebut “Lomban”. Acara ini merupakan acara budaya masyarakat Jepara yang berlangsung selama 1 hari tepatnya pada tanggal 8 Syawal atau seminggu setelah Hari Raya Idul Fitri.

Pantai Kartini disebut juga "Pemandian" yang terletak di bagian barat Pantai Kartini, karena pada awalnya digunakan sebagai pemandian yang dipercayai masyarakat dapat menyembuhkan penyakit rematik, gatal-gatal.

pantai kartini
Gambar 1. 3 Wisata Jepara Pantai Kartini


3. Pantai Bandengan

jepara mempunyai banyak destinasi wisata pantai yang berada di sepanjang area laut nya , dan rata rata pantai di kota jepara sangat indah dengan pasir putih yang menyelimutinya.

Dan di antara salah satunya adalah pantai bandengan pantai bandengan atau pantai tirto samudro adalah sebuah pantai yang terletak 7 km sebelah utara kota jepara nama bandengan di ambil dari nama desa letak pantai tersebut berada pantai bandengan memiliki pasir putih dengan pemandangan yang indah beserta berbagai wahana yang di sajikan , pantai ini juga sering kali di gunakan sebagai ajang acara tingkat nasional ataupun internasional di antaranya festival boat , layang layang dan motorcross.

pantai bandengan
Gambar 1.4 Wisata Pantai Bandengan
Pantai Bandengan sebetulnya bernama Pantai Tirto Samudro. Pasir putih yang ada di pantai ini membuat banyak dikunjungi wisatawan. Pesona keindahannya seperti pantai-pantai paling indah di Bali maupun Lombok. Tak ayal, banyak turis asing mancanegara yang menghabiskan liburan di Pantai Bandengan.

Apa saja yang ada di lokasi wisata Bandengan Beach? Pengunjung bisa mandi di kawasan pantai yang jernih. Anda juga bisa bermain pasir putih. Berjemur juga boleh, asal jangan seperti bule-bule yang pakai bikini karena adat kita orang timur.

Sama seperti di Pulau Dewata Bali, Pantai Bandengan juga mulai banyak dikunjungi bule. Tak jarang, mereka mengenakan bikini seksi yang acapkali membuat pengunjung pria terbelalak memandangnya

4. Pantai Bondo

salah satu objek wisata pantai yang ada di Kabupaten Jepara. Pantai Bondo menawarkan keindahan pantai dengan pasir putih. Banyak yang mengira Pantai Ombak Mati dan Pantai Bondo itu sama, bahwa sesungguhnya Pantai Bondo dan Pantai Ombak Mati berbeda, dan letaknya kedua pantai tersebut berjarak kurang lebih 1 KM, meskipun kedua pantai tersebut masih berada di satu desa yaitu Desa Bondo.

Dulu pantai bondo memang lumayan agak sepi tapi sekarang behh angan tanya lagi sekarang rame banget pengunjungnya. Karena suasana di pantai bond sendiri sekarang sudah berubah manjadi lebih damai dna lebih sejuk dibanding dulu.

pantai bondo
Gambar 1.5 Wisata Pantai Bondo

Jika bertandang ke Jepara, jangan lupa mampir ke Pantai Bondo Jepara,  ya. Habiskan harimu di sini sambil menanti sunset yang indah. Bisa juga berenang di laut yang ombaknya tenang. Liburanmu pasti akan sangat menyenangkan.

5. Pantai Purancak

Pantai Purancak pantai yang terletak di Desa Karang Gondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara.kawasan ini banyak ditemui pilihan makanan menu seafood. Pantai Empu Rancak terlentak di Desa Karang Gondang, Kecamatan Mlonggo.

Pantai ini masih terlihat sepi, sebab memang belum banyak yang mengenal wilayah ini. Namun sejak empat tahun terakhir, kawasan ini sudah mulai dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Pantai Purancak berjarak sekitar 20 km atau 30 menit dari kota Jepara melewati pertigaan lampu lalu lintas Mlonggo, lalu belok kiri. (Plank jalan menunjukan ke arah Bondo). Jalan menuju pantai Purancak cukup bagus, walaupun ketika masuk ke pantai, sedikit rusak.

pantai purancak
Gambar 1.6 Wisata Pantai Purancak

Bisa dilalui berbagai macam jenis kendaraan kecil, seperti mobil dan bus. Bagian yang menarik lainnya adalah kondisi yang terawat dari Pantai ini. Memang, tidak banyak pengunjung seperti Pantai Bandengan jadi memang kondisinya masih bagus. Pantai ini pun terdiri dari pasir putih disepanjang bibir pantai hingga sekitar 2 meter ke arah laut.

Namun, perlu hati-hati ketika berenang, karena setelah 2 meter dari bibir pantai bukan lagi pasir namun adalah karang batu yang keras. Bagi yang belum pernah ke Pantai Mpurancak, memang mengagetkan dan bisa menyebabkan luka lecet.

6. Pantai Blebak

Pasir yang ada di pantai ini tergolong pasir putih dengan tekstur yang sangat lembut, halus, bikin gatel pengen main pasir. Adanya pepohonan dimanfaatkan untuk sebagian orang yang membawa bekal, menggelar "klasa" nya dibawah pohon dan membuka bekal-bekal yang sudah dibawa.
Fasilitas yang ada di pantai ini cukup lengkap.
Ada Mushola, tempat bilas, toilet cukup bersih, pedagang, persewaan ban, tempat makan dll.
Jadi kalo lupa bawa bekal, gausah khawatir semua tersedia lengkapppp.

Disini tempat sampahnya juga cukup banyak lho ! jadi jangan beralasan membuang sampah sembarangan karena ga ada tempat sampah ya !


pantai blebak
Gamabr 1.7 Wisata Pantai Blebak

Daya tari dari pantai ini adalah Pantai bersih di antara serpihan-serpihan karang halus dan juga amat mengugah kenyamanan dan kedamaian hati. Lokasi yang amat jauh dari keramaian ,udara kering dan sejuk membuai diri dalam kedamaian jiwa. searah dengan kepenatan yang memaksa kita untuk beristirahat.

wilayah yang belum banyak di jangkau, hutan bakau yang sederhana pemandangan bagan bagan nelayan, dengan suasana sunset, sangat menakjubkan. Sederhana memang namun dalam kesederhanaan pemandangan anda mungkin tidak bisa menemui suasana yang sama.

Tidak ada salahnya jika kita mencoba menjernihkan otak kita di antara pasir putih dan suasana bersih di antara riak-riak ombak yang tak pernah lelah dalam berkejaran.

7. Pulau Panjang

Pulau Panjang adalah pulau yang terdapat di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Pulau dengan luas 19 hektar ini berjarak 1,5 mil laut (2,5 Km) dari Pantai Kartini, Jepara. Pulau ini memiliki pasir putih dengan dikelilingi laut dangkal berair jernih serta memiliki terumbu karang.

Bagian tengah pulau ini terdapat hutan tropis dengan pohon yang tinggi menjulang serta diselingi perdu dan semak sebagai tempat burung laut berkembang biak. Flora di pulau ini dominasi oleh pohon randu, asam jawa, dadap, serta pinus.

pulau panjang
Gambar 1.8 Wisata Pulau Panjang

Pulau Panjang dikelilingi laut dangkal dengan dasar terumbu karang sehingga pantainya berpasir putih. Air laut di sebelah selatan dan barat cukup jernih dan tidak berarus, sehingga cocok untuk mandi laut, snorkeling, dan bermain kano.
Di sepanjang pantai terdapat pohon peneduh dengan akarnya yang menjurai ke laut sangat indah untuk dinikmati. Ditambah dengan suasananya yang tenang cukup menyejukkan hati setiap pengunjung.

Pulau panjang terkenal dengan suasana yang damai dan alamnya masih asli banget karena masih banyak pepohonan di lokasi wisata pulau panjang. Pulau Panjang ini sering banget di kunjungi orang lokal sendiri beda sama wisata karimunjawa  yag sekarang lagi rame - ramenya yang sudah menjadi tempat wisatafavorit oleh masyarakat lokal maupun mancanegara.

8. Karimunjawa

Karimunjawa sendiri terdiri dari gugusan 27 pulau yang berada di ujung utara pulau jawa, tepatnya di kabupaten Jepara, Jawa Tengah Indonesia, karimunjawa sendiri terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang masih alami, selain terumbu karang yang masih terjaga bagus, karimunjawa juga memiliki banyak sekali kekayaan wisata alam mulai dari pantai.

Pulau wisata yang terkenal dengan jernihnya air laut dan pasir putih di sekitar kepulauan karimunjawa. ingin mengexplore keindahan alam karimunjawa.

Wisata Karimunjawa juga punya spot yang populer yang sering dikunjungi masyarakat lokal maupun mancanegara.

Berikut Spot - spot populer yang ada di Wisata Karimunjawa :

  • Hutan Mangrove Karimunjawa
Hutan Mangrove di Karimunjawa sendiri letaknya tidak jauh dari dermaga kapal utama. Jaraknya hanya sekitar 2 Km dan bisa ditempuh dengan sepeda motor atau berjalan kaki. Harga tiketnya dipatok Rp 2.500 untuk turis lokal dan Rp 20.000 untuk turis mancanegara. Bisa dikatakan, harga tiketnya untuk ukuran turis lokal, sangat murah!

Tiket masuk bisa dibeli di loket pintu masuk kawasan hutan Mangrove. Wisata trekking ini dibuka setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB. Para traveler akan menyusuri hutan Mangrove melalui jalur trekking dari papan kayu yang berkelok-kelok sepanjang 2 km. Rute yang berkelok-kelok ini akan membawa Anda menyusuri kecantikan hutan mangrove ini.

Hutan Mangrove Karimunjawa sendiri memiliki luas 10,5 km persegi. Rimbunnya mangrove dan cantiknya bunga mangrove akan memanjakan mata dan membebaskan diri dari segala kepenatan yang kita rasakan dengan padatnya rutinitas sehari-hari. Ditambah dengan gerombolan ikan-ikan kecil yang menari-nari di sepanjang bibir pantai, menambah serunya perjalanan traveler di hutan mangrove.

Dari rimbunnya mangrove itu, kita bisa melihat ada sekitar 45 jenis spesies Mangrove yang masuk ke dalam 25 famili. Salah satu jenis mangrove yang langka adalah Scyphiphora hydrophyllacea atau nama lokalnya Duduk. Sementara rimbunan lainnya didominasi oleh jenis Exoccaria agallocha atau yang dikenal dengan nama lokal Betah.
  • Spot Maer Karimunjawa
Terletak di sebelah barat pulau menjangan cilik (kecil). Di spot ini tersedia tidak sedikit sekali ikan-ikan hias, terumbu karang yang sangat indah, serta juga tidak terlalu dalam maka para wisatawan yang ingin bersnorkeling di sana, harap hati-hati jangan hingga terluka serta jangan hingga merusak karang, terutama yang belum dapat berenang.

Spot maer sendiri menjadi salah satu spot yang di gemari para wisatawan akan keindahan terumbu karangnya.
  • Pantai Ujung Gelam
pantai Ujung Gelam adalah pantai di KarimunJawa, yang dikenali sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Jika cuaca yang jelas, matahari terbenam di pantai kelihatan begitu memikat.

pantai ujung gelam karimunjawa
Gambar 1.9 Wisatawan Ujung Gelam Karimunjawa
Pada asasnya, ini adalah pantai yang indah dengan pasir putih dan gelombang adalah sangat tenang. Pantai dengan Suana seperti ini adalah sesuatu yang lazim di KarimunJawa. Sebagai kawan menikmati suasana waktu malam, anda boleh membeli kelapa muda yang dijual di gerai-gerai di sekitar pantai.

Di pantai ini kita bisa memanjakan diri kita bersama lembutnya pasir putih tersebut. Momen yang sering di idamankan saat di Pantai ujung gelam karimunjawa ada menikmati 1 buat kelapa muda sambil duduk ditepi panati menungu terbenamnya matahari. Apalagi jika sama pasangan hhh tempatanya pas banget ini.
Keindahan pemandangan dan suasana tropis di Karimun Jawa menjadi salah satu tempat favorit untuk pasangan muda pada bulan madu mereka. Jika Anda pergi ke Karimun Jawa sebagai pasangan, ada satu tempat yang harus untuk mengunjungi Mount of Love.

Bukit ini terletak di dusun Jatikerep, Kampung Karimun. Pada bagian atas bukit ini terdapat sebuah monumen tertulis dengan kata “LOVE”. Mengambil gambar dengan latar belakang monumen itu adalah kegiatan yang dilakukan oleh hampir semua wisatawan yang mengunjungi Mount of Love/bukit love.

Dari atas bukit ini kita bisa melihat keindahan pulau kairmunjawa dari semua sudut. di Bukit Love ini kita menikmati terbenanya matahari juga seperti di ujung gelam cuma bedanya kalau dari ujung gelam menikmati hembusan ombaknya kalau dari bukit love sambil menikmati semilirnya angin malam dari atas bukit.
  • Penangkaran Hiu Karimunjawa
Pulau Menjangan Besar menyiapkan hiu-hiu yang akan diajak bermain. Pulau ini hanya berjarak 10menit dari pulau Karimunjawa. Di pulau ini tersedia hiu putih (Carcharodon carcharias) berkapasitas 100-150 centimeter.

Hiu-hiu di sini, bukanlah hiu yang telah dijinakkan, melainkan hiu-hiu yang telah terbiasa nasib berdampingan dengan insan semenjak kecil.

Hiu-hiu itu sama sekali tidak mempunyai naluri untuk menyerang, maka para wisatawan tidak butuh kawatir untuk berenang bersama hiu-hiu tersebut.


Di menjangan besar ini terdapat 2 kolam hiu kolam pertama untuk hiu yang masih muda sedangkan kolam kedua untuk hiu yang sudah dewasa. Selain hiu di Pulau Menjangan besar ini juga terdapat beberapa penyu yang pelihara.

Terbukti jika para wisatawan sangat muas dan merasa ingin menikmati ekmbali keindahan pulau karimunjawa ternyata karena ini semua Wisata Karimunjawa kaya akan biota laut dan alam yang asli. Wisata Karimunjawa bener - bener Amazing !!

0 Response to "8 DESTINASI WISATA LAUT KABUPATEN JEPARA"

Populer di karimun Jawa