Paket Wisata Karimunjawa Murah 2017
024-7464152 / 085225965955 / 087832042888 / 085640428433 / Pin BBM: 218D9559 / WA: 085290682990
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

KARIMUNJAWA ISLAND SURGANYA KACANG METE YANG BELUM TERJEMAH MANUSIA

Sebuah pulau kecil dalam wilayah Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah sejak lama menjadi pesona wisata Taman Laut. Pulau yang berada di Laut Jawa itu tak lain adalah Karimunjawa. Luas daratannya tak seberapa, tapi belakangan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke sana.

Sebelumnya, kami telah mendapatkan berbagai informasi dari penduduk setempat dan wisatawan lainnya tentang objek-objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Di puncak ini kita bisa melihat dengan jelas pulau Karimunjawa, selain itu juga terdapat objek wisata lainnya antara lain, tasbih raksasa, fosil raksasa hiu putih dan makam Sunan Nyamplungan yang terletak di lereng Gunung Karimunjawa.

Menuju tempat ini cukup mudah, jalan masuk di belakang sekolah dan saya juga dipandu oleh penduduk setempat menuju ke puncak. Bagi yang gemar hiking, mendaki Gunung karimunjawa tidak seberat kalau kita mendaki Gunung Bromo.

Kawasan puncak Gunung Karimunjawa saat itu mulai tertata rapi. Pemda setempat telah membangun beberapa jalan setapak, saung, dan arena bermain diantaranya, ayunan yang tergantung di atas pohon dan bangkai perahu.

Puncak ini juga merupakan spot yang sangat bagus untuk melihat sunset. Namun sayang di sini saya tidak menemukan tempat pedagang berjualan makanan. Untung saya selalu siap sedia membawa air minum dan cemilan jika suatu saat di petualangan saya tidak menemukan warung atau tempat makan. Saat itu hari sangat terik, matahari berada tepat di atas kepala.

pulau karimunjawa
Gambar 1 . 1 Jambu Monyet Karimunjawa
Tapi jangan salah selain keindahan panomara di atas gunung Wisata Karimunjawa mempunyai hutan yang di hutan tersebut hanya ada sebuah pohon Jambu Mente, di sebut khas Wisata Karimunjawa juga bukan tapi di Pulau Karimunjawa memang suda terbukiti bahwa ada banyak jambu mente, yan sering di kelola oleh warga setempat hingga menjadi Kacang Mente.

Para WIsatawan juga sering menjadikan Kacang Mente terseut sebagi oleh - oleh dari Wisata Karimunjawa, karena harga Kacang Mentenya cukup murah. rasanya lebih guriiih tidak pahit,utuh tidak pecah tingkat keutuhan 95 persen pecah 5 presen .

Nah berhubung sebentar lagi memasuki bulan ramadhan hari pasti naik. Karena peminat pembeli kacang mente dari karimunjawa juga sangat banyak. Sedikit membahas tentang asalah usul jambu mete atau yang biasa disebut kacang meta.

Asal Usul Kacang Mete :

Jambu mete merupakan tanamnan buah berupa pohon yg berasal dari Brasil Tenggara. Tanaman ini dibawa oleh pelaut Portugis ke India 425 tahun yg lalu, kemudian menyebar ke daerah tropis dan subtropis lainnya seperti Bahana, Senegal, Kenya, Madagaskar, Mozambik, Srilangka, Thailand, Malaysia, Filipina, dan Indonesia.

Jambu mete memiliki banyak varietas, diantaranya ada yang kulitnya berwarna putih, merah, merah muda, kuning, hijau kekuningan dan hijau. Kalau dikumpulkan jenis-jenis jambu mete ini, ternyata jumlahnya sampai puluhan.

Tanaman ini dikembangkan terutama untuk dipungut buah sejatinya. Yang dikenal umum sebagai "buah", yakni bagian lunak yang membengkak berwarna kuning atau merah, sesungguhnya adalah dasar bunga (receptaculum) yang mengembang setelah terjadinya pembuahan.

wisata jepara karimunjawa
Gambar 1 .2 Kacang Mete Karimunjawa
 Buah sesungguhnya adalah bagian "monyet"nya yang keras, coklat kehitaman berisi biji yang dapat diolah menjadi makanan; yakni kacang mete yang lezat.

Secara tradisional kacang ini biasanya digoreng sebagai nyamikan teman minum teh atau kopi , sedangkan secara modern kini umum dijumpai sebagai pengisi dan penghias penganan semacam coklat dan kue-kuean.

Ciri-ciri buah jambu mete yang sudah tua adalah sebagai berikut:

  • Warna kulit buah semu menjadi kuning, oranye, atau merah tergantung pada jenisnya. 
  • Ukuran buah semu lebih besar dari buah sejati. 
  • Tekstur daging semu lunak, rasanya asam agak manis, berair dan aroma buahnya mirip aroma stroberi. 
  • Warna kulit bijinya menjadi putih keabu-abuan dan mengilat. 

Wisata Karimunjawa tidak hanya kaya akan panorama pemandangan keindahan alam dan terumbu karang yang catik dan tiemani sama ikan - ikan hias yang mungil dan canti yang pandai bersembunyi di sela - sela terumbu karang. tapi Wisata Karimunjawa juga mempunyai hutan yang bisa jadi penghasilan bagi para warga setempat selain itu juga bisa jadi oleh - oleh buat para wisatawan yang holiday ke wisata karimunjawa.

pulau karimunjawa
Gambar 1 . 3 Pohon Jambu Mete Karimunjawa

0 Response to "KARIMUNJAWA ISLAND SURGANYA KACANG METE YANG BELUM TERJEMAH MANUSIA"

Populer di karimun Jawa