Paket Wisata Karimunjawa Murah 2017
024-7464152 / 085777709570 (+WA) / 085225965955 (+WA) / 087731148008 / IG: @kawan_kurnia / FB: Kurnia Karimunjawa Tour
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

PANTAI LEGON BAJAK MENJADI SARANG BAJAK LAUT DI KARIMUNJAWA

Legon Bajak Karimunjawa adalah sebuah tempat yang berada di Pulau Kemojan Karimunjawa dimana Pulau Kemojan tersebut bisa dikatakan masih jadi satu dengan pulau Karimunjawa karena antara Pulau Karimunjawa besar dengan pulau Kemojan hanya dipisahkan terusan seperti sungai dengan penghubung jembatan.

Pelabuhan Legon Bajak Karimunjawa


paket wisata karimunjawa


Mitos Dan Legenda Legon Bajak

Melihat dari mitos dan legenda yang beredar di masyarakat Karimunjawa, konon jaman dahulu Legon Bajak adalah suatu tempat dijadikan tempat dan juga sebagai pusat persembunyian para bajak laut di sekitar kawasan perairan Laut Jawa. Legon Bajak Karimunjawa memiliki tempat yang sangat strategis sekali bagi para bajak laut untuk bersembunyi, karena memang konon pada jaman dahulu kala kepulauan Karimunjawa hampir tidak ada orang yang berani menghampiri karena sudah terkenal akan keberadaan tempat persembunyian para bajak laut yang jahat.

Konon jaman dahulu Sunan Nyamplungan katang ke Karimunjawa selain untuk menyebarkan agama Islam di tanah Karimunjawa, juga ingin memberantas para bajak laut yang ada di Karimunjawa karena keberadaannya sangat meresahkan.

Selain itu kenapa Legon Bajak Karimunjawa dijadikan sebagai tempat persembunyian para bajak laut, karena pantai Legon Bajak Karimunjawa memiliki perairan yang tenang dan memiliki kedalaman laut yang cukup untuk sandar kapal berukuran besar. Sedangkan untuk lokasi pantai-pantai lainnya di Karimunjawa walaupun sama-sama memiliki perairan yang tenang tetapi tidak memiliki kedalaman yang mendukung untuk tempat sandar kapal berukuran besar.

Kerusakan Terumbu Karang Di Kawasan Legon Bajak Karimunjawa

Sampai sekarang Legon Bajak Karimunjawa sudah dibuat pelabuhan dengan nama Pelabuhan Legon Bajak Karimunjawa yang dijadikan tempat sandar kapal-kapal besar sandar terutama kapal-kapal tongkang yang sedang membawa bahan angkutan seperti angkutan batu bara.

Kapal tongkang tersebut sering sandar di Pelabuhan Legon Bajak Karimunjawa karena mereka mencari tempat perlindungan terhadap cuaca buruk. Biasanya kapal-kapal besar jika terkena cuaca buruk atau badai akan mencari tempat berlindung. Akhirnya mereka berlindung di Pelabuhan Legon Bajak Karimunjawa.

Dalam jangka waktu ke depan, pemerintah akan merenovasi dan menjadikan Pelabuhan Legon Bajak menjadi pelabuhan yang terbesar di Karimunjawa untuk bisa menampung kapal-kapal besar yang datang ke Karimunjawa. Dana yang dikeluarkan pemerintah mencapai 29 M untuk menyulap Pelabuhan Legon Bajak Karimunjawa menjadi pelabuhan yang bisa muat banyak kapal besar.

Ada sisi negatif dengan adanya banyak sekali kapal-kapal berukuran besar yang sandar di Pelabuhan Legon Bajak Karimunjawa. Bagi para nahkoda kapal besar yang belum menguasai daerah Karimunjawa akan sangat mengancam kelestarian lingkungan terutama habitat terumbu karang yang memang dilindungi oleh Balai Taman Nasional Karimunjawa.

Beberapa waktu yang lalu sempat terdengar berita heboh dimana kapal tongkang yang berlindung di sekitar kawasan Pelabuhan Legon Bajak, Pulau Tengah, Pulau kecil mengalami putus tali jangkar sehingga kapal terseret dengan jarak yang sangat jauh sekali. Setelah diselidiki, hamparan terumbu karang di Karimunjawa ini total kerusakan mencapai seluas 423 meter persegi.

Kasus tersebut sedang diselidiki oleh pihak berwajib dan akan segera diproses sampai ke anggota dewan agak kasus tersebut bisa diusus secara tuntas dan tersangka dikenakan tuntutan pidana yang setimpal karena memang untuk menumbuh kembangkan lagi terumbu karang membutuhkan waktu lebih dari 30 tahun untuk bisa kembali seperti semula.

Banyak juga wisatawan Paket Wisata Karimunjawa yang mengunjungi Legon Bajak Karimunjawa untuk menikmati keindahan pemandangan alam Karimunjawa. Jika anda ingin Wisata Karimunjawa mengunjungi Pelabuhan Legon Bajak silahkan anda bisa menyewa kendaraan untuk Tour Darat Karimunjawa menuju ke Pelabuhan Legon Bajak atau bisa langsung hubungi kami untuk mengatur semua rencana liburan wisata anda ke Karimunjawa.

0 Response to "PANTAI LEGON BAJAK MENJADI SARANG BAJAK LAUT DI KARIMUNJAWA"

Populer di karimun Jawa