Paket Wisata Karimunjawa Murah 2017
024-7464152 / 085777709570 (+WA) / 085225965955 (+WA) / 087731148008 / Pin BBM: 218D9559
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

SOUVENIR & OLEH-OLEH KHAS KARIMUNJAWA YANG WAJIB DIBELI

Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berdasarkan legenda yang beredar di kepulauan, Pulau Karimunjawa ditemukan oleh Sunan Muria. Legenda itu berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak "kremun-kremun" (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak "kremun-kremun" maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimun.

Ada beberapa Oleh-oleh yang wajib dibeli saat berlibur di Karimunjawa

Gambar 1.1 Kuliner Khas Karimunjawa

1. 3 Kayu Langka Karimunjawa


a. Kayu Stigi

Dalam dunia alternative herbal penawar maupun dalam media mistik supranatural, kayu setigi darat maupun setigi laut sangat dikenal dan banyak digandrungi sejak jaman dulu.Karakter serat kayunya yang keras dan anti hama serta semakin lama dipakai akan semakin indah dan tua dengan kilap dari gesekan jari jemari.Kelangkaan dan keunikan serta fadhilah alaminya membuat setigi menjadi kayu bertuah di urutan kelas atas. Pohon kayu setigi tergolong kayu langka yang di jaman sekarang cukup sulit ditemui.Pertumbuhan pohon setigi cukup lambat dalam kurun waktu 5-10 tahun hanya berdiameter 4-7 cm saja dan tingginyapun tidak seberapa hanya sekitar 1 m.

Karakter batang setigi berkelok atau tidak lurus mempunyai serat yang alot atau keras lebih keras dari kayu biasa pada umumnya.Keunikan kayu setigi tenggelam di air walau hanya secuil saja,bahkan kualitas kayu setigi yang tua ratusan tahun dari kayu mati ngurak limbah serbuk gergajinya juga tenggelam di air.

Setigi terbaik kualitas kayu untuk pengobatan maupun media mistiknya berasal dari pulau terpencil pulau lelaku sesepuh jaman dulu yaitu karimunjawa kabupaten jepara sebelah utara jepara kota. Aura kualitas kayu dan energy setigi serta keragaman jenis bisa dibandingkan dengan kayu setigi dari daerah lain.

b. Kayu Dewandaru

Kayu dewandaru di karimunjawa merupakan kayu yang paling dituakan atau dikeramatkan, sejarah sunan Nyamplungan yang membawa kayu ini dari ayahnya yaitu Sunan Gunung Muria yang dulunya berbentuk tongkat alam. Tokoh spiritual, metafisika, pedagang,pengusaha, bahkan pejabat banyak berburu jenis kayu dewandaru yang tenggelam sebagai media mistik juga nilai pengobatan medis maupun no medis.

Dewandaru jika dibawa keluar dari kepulauan karimunjawa di perairan laut pulau ini akan mendatangkan angin dan ombak besar sehingga banyak kapal yang tenggelam teromang-ambing ombak atau angin taufan, "Seakan-akan kayu ini tidak mau dibawa keluar dari pulau"

Sejak terakhir kejadian kapal tongkol pecah terhantam badai ombak karena dibawanya kayu dewadaru di kapal,maka para tokoh sesepuh pulau melakukan riyadhoh yang bertujuan meredam efek negatif membawa kayu ini keluar dari pulau.Akhirnya dari tirakat para sesepuh diwejangkan

Dengan menggunakan kapal berpasak tiga kayu inilah sekarang para nelayan maupun warga selamat membawa kayu dewadaru keluar dari pulau.
Sejak riyadhoh tirakat para sesepuh,ke tiga kayu ini mulai terkenal luas sebagai pasangan campuran 3 kayu untuk tongkat,tasbih maupun aksesoris yang merupakan kerajinan khas karimun jawa.

c. Kayu Kalimasada

Kayu kalimasada mempunyai warna yang cenderung hitam,kayunya ringan dengan serat atau belang mirip sono keling.Karimun jawa memang pulau mistik yang banyak menyimpan keanekaragaman jenis kayu langka bertuah termasuk kayu kalimasada yang biasa digabungkan dengan setigi maupun dewadaru atau kayu-kayu bertuah lainya.Pohon kalimosodo cenderung lebih cepat tumbuh atau besar mempunyai daun yang lebar dan berbuah orang pulau menyebut pentil kembang kalimosodo. Pohon ini biasa tumbuh didaerah rawa maupun di daratan namun mempunyai karakter kayu yang kering dan agak beserat nggedibel atau kasar.

Dari nama KALIMASADA ATAU KALIMOSODO mempunyai arti kalimah sahadad cocok dengan namanya jenis kayu ini untuk bertasbih, dzikir atau membaca aurad lelaku dapat meningkatkan energi spiritualis seseorang serta mempunyai kelebihan untuk menyimpan energi aurad yang dibaca. Khowas kayu kalimasada yang sejuk beraura ungu atau biru digunakan sebagai campuran atau peyeimbang energy campuran beberapa kayu bertuah seperti campuran setigi,dewadaru yang digabungkan dengan kalimasada.

Fadhilah kayu kalimasada dari pandangan surnatural metafisika ;
• Meningkatkan energi spiritualis seseorang
• Menyimpan energi wirid
• Orang yang temperamental menggunakan kayu ini sebagai pendingin
• Dipakaikan pada bayi sebagai pelindung (sambetan)
• Mempunyai energi pengasih
• Cocok untuk bisnisman maupun pejabat yang sering bersosialisai dengan masa untuk meningkatkan wibawa,kharisma
• Cocok untuk dipakai wanita sebagai dinding dari guna-guna atau pelet
• Penyeimbang dan memperkuat energy kayu bertuah lain yang dipasangkan

Gambar 1.2 Kayu Langka

2. Kerajinan Kerang

Selain Kayu-kayu langka yang wajib di beli saat berlibur di karimunjawa, ada juga kerajinan dari kerang yang wajib menjadi buah tangan saat anda berlibur di Karimunjawa ini. Ada beberapa kerajinan kerang seperti :

- Asbak
- Cermin
- Hiasan Dinding
- Hiasan Meja
- Jam Dinding dari Kerang
- Dll

Biasanya penduduk karimunjawa memburu kerang-kerang di tepi pantai lalu dijadikan Souvenir-souvenir cantik seperti diatas tersebut. Harganya tidak begitu mahal sekitar Rp. 35.000 - Rp. 200.000 tergantung kerajinan nya.

3. Kaos Karimunjawa

Biasanya para wisatawan kurang afdhol kalau berlibur belum beli sesuatu yang mengidentitaskan kalau anda pernah berlibur disini. Iya bener sekali, Kaos Cantik Karimunjawa. Anda para wisatawan juga bisa membeli kaos-kaos pantai, ataupun topi pantai, atau kaos yang mengidentitaskan Karimunjawa.

Tidak perlu susah mencari Kaos Karimunjawa, saat malam hari anda bisa berjalan-jalan di alun-alun Karimunjawa, disana banyak souvenir-souvenir cantik ataupun kuliner khas karimunjawa. Disana banyak penjual Kaos, Kerajinan, Souvenir, dan Kuliner.

Jangan sampai anda tidak membeli apapun saat berlibur di Karimunjawa, anda bisa rugi kalau anda belum membeli sesuatu yang khas di Karimunjawa.

4 . Olahan Ikan Asin Karimunjawa


Beraneka jenis ikan yang biasa diasinkan, baik ikan darat maupun ikan laut. Ikan-ikan ini dikumpulkan dalam suatu wadah dan lalu ditaburi atau direndam dalam larutan garam pekat. Ikan-ikan yang besar biasanya dibelah atau dipotong-potong lebih dulu agar garam mudah meresap ke dalam daging.

Karena perbedaan kepekatan dan tekanan osmosis, kristal-kristal garam akan menarik cairan sel dalam daging ikan keluar dari tubuhnya. Sementara itu partikel garam meresap masuk ke dalam daging ikan. Proses ini berlangsung hingga tercapai keseimbangan konsentrasi garam di luar dan di dalam daging.

Konsentrasi garam yang tinggi dan menyusutnya cairan sel akan menghentikan proses autolisis dan menghambat pertumbuhan bakteri dalam daging ikan.

Setelah itu, ikan-ikan ini dijemur, direbus atau difermentasi untuk meningkatkan keawetannya.

0 Response to "SOUVENIR & OLEH-OLEH KHAS KARIMUNJAWA YANG WAJIB DIBELI"

Populer di karimun Jawa