Paket Wisata Karimunjawa Murah 2017
024-7464152 / 085777709570 (+WA) / 085225965955 (+WA) / 087731148008 / IG: @kawan_kurnia / FB: Kurnia Karimunjawa Tour
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

BERKAT INDUSTRI PARIWISATA KARIMUNJAWA, PEREKONOMIAN PENDUDUK LOKAL SEMAKIN MENINGKAT

PROFESI MASYARAKAT LOKAL KARIMUNJAWA

Di kepulauan karimunjawa memang banyak pengunjung dari berbagai wilayah tertentu, sudah banyak yang membuktikan jikalau memang di sana wisatanya sangat menawan. Selain banyak para wisatawan, di sana juga banyak penduduk karimunjawa yang bertempat tinggal di sana.

Dulu pada saat wisata karimunjawa belum berkembang pesat seperti yang sekarang, penduduk daerah sana berprofesi sebagai nelayan tradisional yang hanya mengandalkan peralatan seadanya yang sehari-harinya hanya menjaring ikan, memancing, dengan pendapatan yang di bilang cuma segitu-gitu aja, belum bisa mencukupi kebutuhan keluarga yang semaksimal mungkin.
Wisata Karimunjawa
Gambar 1.1 Wisata Karimunjawa
Banyak penduduk, juga banyak yang berprofesi sebagai nelayan tradisional, tentu tak akan mendapatkan pendapatan yang lumayan banyak. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, kini penduduk yang ada di wilayah karimunjawa beralih profesi yang intinya profesinya bersangkutan dengan pariwisata. Dan profesi sekarang yang bersangkutan dengan pariwisata itu ada banyak bagian-bagiannya. Dan untuk yang di bawah ini adalah profesi penduduk karimunjawa yang sekarang.

1.Bidang Lokal Guide

Lokal guide sebenarnya adalah seseorang yang bertugas menemani, mengantar atau bahkan memberikan informasi, saran tentang wisata tersebut kepada sekelompok wisatawan yang sedang melakukan perjalanan wisata. Jadi di karimunjawa ada beberapa penduduk yang beralih profesi dari nelayan tradisional menjadi lokal guide karena memang pada dasarnya yang di pengaruhi oleh perkembangan zaman.

Dan juga profesi itu sangat menguntungkan bagi para penduduk setempat karena sekarang sudah banyak para wisatawan yang berkunjung ke karimunjawa. Dan pendapatannyapun lumayan banyak dan bisa di buat untuk menutupi kebutuhan hidup bersama keluarga.

2. Bidang Travel Agent

Untuk profesi yang kedua ada travel agent yang merupakan badan usaha yang memberikan segenap informasi atau bahkan penerangan tentang suatu hal yang berhubungan dengan dunia perjalanan pada umumnya dan pada khususnya di perjalanan pariwisata.

Untuk profesi ini memang sangat baik untuk yang membuka profesi sebagai travel agent, karena tidak kalah banyaknya dengan penduduk sana juga banyak para wisatawan yang sering berwisata ke sana untuk menikmati indahnya kepulauan karimunjawa. Banyak yang suka berlama-lama di sana dan akhirnya wisatawan ingin pulang dan tiak ada tiket atau bahkan paket wisata karimunjawa jadi wisatawan tersebut bisa membeli di travel agent itu, dan itu juga menjadi peluang untuk penduduk yang berprofesi tersebut, karena sebelumnya mereka yang membuka travel agent ini dulunya juga sebagai nelayan tradisional.
Kepulauan Karimunjawa
Gambar 1.2 Wisatawan Karimunjawa

3. Bidang Penginapan

Jadi di karimunjawa juga sebagian penduduk ada yang beralih profesi dari nelayan tradisional alih profesi ke bidang penginapan. Dan di bidang penginapan ini cara penduduk sana berbeda-beda meskipun terpaut dalam satu bidang yaitu bidang penginapan. Namun mereka ada yang memanfaatkan rumah yang ada tapi di renovasi, juga ada yang membangun tempat penginapan dari awal.

a. Rumah Biasa Di renovasi

Ada penduduk yang berprofesi di bidang ini dengan cara mereka yang sudah punya rumah biasa namun di renovasi sedemikian sehingga, dan bisa untuk di jadikan tempat penginapan di sana dan juga mendapatkan uang yang lumayan, dengan cara di sewakan.

b. Membuat Penginapan

Ada juga yang membuat penginapan, artinya memang penduduk itu membuat tempat penginapan atau rumah dari awal, dari tahap pembangunan dan akhirnya menjadi penginapan yang juga sering di sewa oleh para wisatawan untuk membaringkan tubuhnya yang kelelahan, seharian mengelilingi wisata yang ada di karimunjawa tersebut.

4. Bidang Transportasi

Untuk orang yang berprofesi di bidang transportasi ini sengaja membeli transportasi guna mengantarkan para wisatawan yang ingin menyewa transportasi untuk mengelilingi kepulauan karimunjawa yang juga di kerumuni banyak wisata di berbagai pulau.

Jadi di sini mereka merupakan seseorang yang bekerja sebagai jasa antar wisatawan karena memang tugas yang di embannya adalah mengantar juga menjemput para wisatawan yang sedang berwisata di pulau-pulau tertentu yang ingin menjelajah lagi di pulau karimunjawa lainnya yang ada area wisatanya, nah di sana anda bisa menyewa atau bahkan nyuruh untuk membawa dan menjemput anda dari tempat yang sat ke tempat yang lainnya atu bahkan kembali ke penginapan.

5. Bidang Rental Peralatan Tour Laut

Dari seseorang yang hanya berprofesi sebagai nelayan tradisional, kini ia membuka usaha di bidang rental peralatan tour laut wisata karimunjawa yang gunanya menyewakan berbagai peralatan untuk tour laut para wisatawan meliputi : snorkeling tools, sewa kapal wisata, kamera underwater, peralatan scuba diving, dan masih banyak yang lainnya. Karena banyak para wisatawan yang suka tour laut untuk melihat keindahan dasar laut kariunjawa, dan sudah ada alat-alatnya tinggal menyewa. Jadi seru bukan ? berlibur tidak hanya menikmati keindahan darat Kepulauan karimunjawa. Bisa menikmati indahnya laut juga.
Pantai Karimunjawa
Gambar 1.3 Snorkeling Karimunjawa

6. Bidang Catering Karimunjawa

Untuk bidang yang satu ini, mereka hanya menyediakan berbagai macam makanan yang biasanya di pesan
oleh beberapa para wisatawan untuk mengisi perut mereka, Nah di sini makanan semuanya telah tersedia, sering para travel agent yang membawa wisatawan, memesan menu makannya juga di seseorang yang membuka Catering wisata. Jadi dulu yang hanya sebagai nelayan tradisional yang pendapatannya tidak pasti, sekarang mereka beralih ke bidang catering wisata. 

0 Response to "BERKAT INDUSTRI PARIWISATA KARIMUNJAWA, PEREKONOMIAN PENDUDUK LOKAL SEMAKIN MENINGKAT"

Populer di karimun Jawa