Paket Wisata Karimunjawa
024-7464152 / 085777709570 (+WA) / 085225965955 (+WA) / 087731148008 / IG: @kawan_kurnia / FB: Kurnia Karimunjawa Tour
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

FAKTA PENEMUAN KERANGKA IKAN RAKSASA DI KARIMUNJAWA

Karimunjawa merupakan objek wisata kepulauan yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Karimunjawa, tempat ini terletak di Laut Jawa dan masuk dalam kawasan Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Destinasi wisata yang satu ini terdiri dari daratan dan lautan dengan luas daratannya sekitar 1.500 hektar dan luas perairannya sekitar 110.000 hektar.

Perkembangan Wisata Karimunjawa sangatlah pesat, hal ini tidak luput dari dukungan Pemerintah setempat untuk terus berupaya dalam mengembangkan potensi daerah disektor pariwisata, sampai sekarang wisata karimunjawa banyak digemari oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Wisata karimunjawa harus tau mengenai kerangka ikan raksasa yang ada di tempat wisata bukit joko tuo karimunjawa. Kerangka ikan tersebut ditemukan oleh warga sekitar yang sedang berlayar dan menemukan kerangka ikan tersebut di dekat bukit jogo tuo. Banyak Wisata Karimunjawa saat mengunjungi tempat wisata yang satu ini banyak terungkat keindahan dan kekayaan akan peninggalan dahulu.


Keindahan dari Karimunjawa memang sangat mempesona disamping itu ada beberapa objek wisata bahari yang akan membuat betah anda berlama-lama di Karimunjawa. Disini Anda Wisata Karimunjawa dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang banyak berhubungan dengan laut, salah satunya yaitu penangkaran hiu ada di pulau menjangan besar terletaknya 1 km dari Pelabuhan Karimunjawa.

wisata karimunjawa
Gambar 1.1 Wisata Karimunjawa

Penampakan ikan joko tuwo ini ada di bukit joko towo menjadi sasaran para wisata karimunjawa tak lepas dari adanya tulang ikan besar yang dipajang. Tulang ikan tersebut tersusu rapi memanjang. Sebagian ekornya disenggah sebatang kayu. Cukup panjang ikan tersebut.

Tulang/rangka bagaian kepalanya pun masih ada. Jika kalian wisata karimunjawa melihat lebih dekat, tulang-tulang tersebut seperti batu kapur yang sudah lama. Tidak boleh di sentuh kerangka besar ini. karena kalau anda wisata karimunjawa menyentuhnya malah membuat tulang-tulang tersebut goyah dan ambruk. Akan lebih baik lagi jika tulang ikan ini dilingungi oleh kaca, sehingga menghindarkan dari jamahan pengunjung wisata karimunjawa.

karimunjawa
Gambar 1.2 Bukit Joko Tuo Karimunjawa

Cerita demi cerita tentang Ikan Joko Tuwo cukup melegenda di Karimunjawa. Warga selitar kalau ini adalah ikan penunggu di salah satu pulau di Karimunjawa. Tak banyak literatur yang wisata karimunjawa dapatkan mengenai ikan Joko Tuwo. Tapi cerita mengenai Ikan tersebut masih teringat. Bahkan ada yang bilang, jenis ikan ini sama masih ada di dasar pulau Gundul. Ini hanya cerita, dan kebenarannya tidak diketahui.

Bukit ini salah satu tempat wisata di karimunjawa yang dinamai Bukit Joko Tuo karena di bukit ini terdapat kerangka tulang belulang Ikan Joko Tuo, Berdasarkan cerita dari penduduk setempat nih wisata karimunjawa, bahwa ikan raksasa berukuran panjang sekitar 3 meter ini merupakan jenis ikan langka yang terdampar di Pulau Karimunjawa. Bukit Joko Tuo diambil dari kata Ikan Joko Tuo. "Joko tuo" sendiri berarti Perjaka Tua.

Kerangka ini ditemukan oleh seorang nelayan karimunjawa sudah menjadi bangkai di pesisir pantai karimunjawa, kemudian melaporkan pada warga yang lain dan akhirnya warga mengambil keputusan untuk mengawetkan kerangka-kerangka ikan paus tersebut dan menyusunya.

Selain tulang belulang paus, di bukit joko tuo juga terdapat tasbih raksasa dengan ukuran cukup besar. Tasbih ini adalah sebuah batu yang disusun sebegitu rupa sehingga membentuk seperti sebuah tasbih. Bukit joko tuo juga memiliki tracking baik untuk berolah raga.

pulau karimunjawa
Gambar 1.3 Kerangka Ikan Karimunjawa

Jalanan menuju ke bukit dengan track naik curam dengan tanah berbentuk tangga akan membuat pengunjung wisata karimunjawa membutuhkan tenaga ekstra. Perjalanan ke Bukit Joko Tuo, pengunjung wisata karimunjawa akan disuguhi pepohonan khas hutan tropis yang rindang dikanan kiri jalan. Ditambah udara sejuk serta suara burung yang berkicau akan menemani wisatawan paket wisata karimunjawa yang sedang berburu sunset di pulau karimunjawa.

Kerangka tersebut ditemukan oleh seorang nelayan karimunjawa sudah menjadi bangkai di pesisir pantai karimunjawa, kemudian melaporkan pada warga yang lain dan akhirnya warga mengambil keputusan untuk mengawetkan kerangka-kerangka ikan tersebut dan menyusunya. Dari pihak daerah setempat memberi gagasan supaya di simpan di museum R.A. KARTINI jepara.

0 Response to "FAKTA PENEMUAN KERANGKA IKAN RAKSASA DI KARIMUNJAWA"

Populer di karimun Jawa