Paket Wisata Karimunjawa
024-76404081 / 085777709570 (+WA) / 085225965955 (+WA) / 085290682990 (+WA)
IG: @kawan_kurnia / FB: Kurnia Karimunjawa Tour
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

APAKAH LIBUR LEBARAN KARIMUNJAWA MENJADI SEPI?

wisata-karimunjawa
Gambar 1.1 karimunjawa

Karimunjawa masih menjadi destinasi favorit wisatawan tak terkecuali musim lebaran kali ini. Wisata Karimunjawa memang sudah menjadi buruan para wisatawan ketika weekend maupun libur lebaran panjang kali ini. Momentum lebaran ini dijadikan sebagai momen untuk menikmati waktu bersama keluarga dengan agenda wisata. Setelah berpuasa selama satu bulan penuh wisatawan merayakan Idul Fitri dengan mengunjungi wisata Karimunjawa.

Jumlah wisatawan baik domestik maupun mancanegara akan memadati wisata Karimunjawa pada musim lebaran kali ini di pulau yang berjuluk " Paradise Of Java". Jika biasanya hanya 1000 wisatawan yang datang maka kali ini diperkirakan akan ada 5000 wisatawan memadati wisata Karimunjawa bahkan bisa lebih.

Lonjakan wisatawan memberikan dampak positif untuk perekonomian Karimunjawa terutama para penggerak bidang jasa wisata Karimunjawa. Berbagai penginapan dari kelas menengah hingga kelas atas semua dipenuhi sesak wisatawan yang ingin berlibur di Wisata Karimunjawa. Perairan Karimunjawa yang begitu jernih membuat wisatawan tak pikir dua kali untuk mengunjunginya. Harga Wisata Karimunjawa murah dan ramah dikantong para wisatawan juga menjadi salah satu faktor pendukung ramainya Karimunjawa.

Pasir putih dengan langit awan putih dan langit biru, menambah eksotik nya wisata pantai satu ini. Karimunjawa juga memiliki kekayaan ekosistem flora dan fauna mulai dari terumbu karang, hutan mangrove, hutan pantai hingga hutan daratan rendah. Anda bisa menyusuri hutan mangrove seluas 10,5 hektar dengan jalur tracking sepanjang 2 km. Menyuguhkan aneka macam jenis pohon mangrove langka sekaligus menyejukkan. Benar-benar pemandangan indah dan pastinya akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Sedangkan diperairan Karimunjawa anda akan menemukan fauna akuatik yang terdiri dari 242 jenis ikan hias dan 133 genera akuatik. Tidak hanya fauna akuatik anda juga dapat menemukan macam-macam fauna lainnya seperti rusa dan kera ekor panjang. Karimunjawa tak hanya sekedar kepulauan eksotis penuh pantai berpasir putih dan surga bawah laut. Banyak aktivitas yang bisa wisatawan Wisata Karimunjawa lakukan disalah satu surga Indonesia ini.  Dari diving sampai wisata kuliner.

1. Berenang dan snorkeling

wisata-karimunjawa
Gambar 1.2 snorkeling di karimunjawa

Dikaruniai perairan biru nan jernih, berenang dan snorkeling di wisata Karimunjawa wajib hukumnya. Saat agenda tour laut wisatawan akan disuguhkan perjalanan ke pulau-pulau seperti Menjangan Besar, Cemara Besar. Kalau ingin berenang, cobalah bertolak ke bagian selatan dan barat Karimunjawa. Ada Pulau Menjangan Kecil, Pulau Parang. Arusnya tidak besar sehingga cukup aman untuk berenang.

Traveler yang hobi snorkeling bisa menyambangi Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, bagian barat Pulau Bengkoang, juga Pulau Krakal Kecil wisata Karimunjawa.

2. Memancing

wisata-karimunjawa
Gambar 1.3 memancing

Sambil bertolak dari satu pulau ke pulau lain wisata Karimunjawa, traveler bisa memancing dari kapal. Mintalah nahkoda kapal untuk membawamu ke beberapa tempat yang cocok untuk memancing.

Ada Pulau Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Menyawakan, Kemujan, juga Pulau Parang dan Pulau Tengah. Anda juga bisa memancing di sekitar Pulau Kembar, dan sebelah barat Pulau Bengkoang.

3. Menyelam

wisata-karimunjawa
Gambar 1.4 diving karimunjawa

Nah, ini dia aktivitas digemari wisatawan di wisata Karimunjawa. Menyelam alias diving bisa dilakukan di banyak tempat. Lokasi terbaik adalah sebelah utara dan barat Pulau Karimunjawa, sebelah selatan dan barat Pulau Geleang, sebelah timur Pulau Menjangan Besar, dan sekitar Pulau Menjangan Kecil.

Selain itu, diver juga akan menemukan surga bawah laut wisata Karimunjawa di sebelah barat Pulau Bengkoang, Pulau Parang, Pulau Kembar, Pulau Katang, Pulau Krakal Kecil, dan Pulau Kumbang.

Di sekitar Pulau Kemojan, traveler juga bisa melakukan wisata selam di bangkai kapal (wreck dive). Ini adalah kapal pengangkut batu bara yang karam di wisata Karimunjawa 60 tahun silam .

4. Wisata kuliner

wisata-karimunjawa
Gambar 1.5 kuliner karimunjawa

Sebagai daerah kepulauan, Karimunjawa adalah surganya seafood. Ikan, udang, cumi, dan berbagai hasil laut adalah makanan warga wisata Karimunjawa sehari-hari. Tak heran seafood juga merupakan menu wajib di wisata Karimunjawa.

Namun siapa sangka, traveler juga bisa menemukan beragam makanan dari daerah lain. Ada garang asem khas Kudus, timlo khas Solo, tempe mendoan khas Purwokerto, dan swikee khas Purwodadi. Satu makanan yang banyak dicari wisatawan adalah siomay tongkol Karimunjawa. Seporsi siomay ini disajikan bersama tahu, kentang, telur rebus, dan sayuran kemudian disiram kuah kacang.

5. Wisata belanja

Siapa bilang Karimunjawa hanya soal wisata alam? Di kepulauan eksotis ini, traveler juga bisa belanja aneka kerajinan khas wisata Karimunjawa dari kayu-kayu langka. Antara lain kayu setigi, kayu dewadaru, dan kayu kalimasada.

Kerajinan kayu ini berupa tongkat, keris, dan tasbih. Salah satu pusat kerajinan kayu bisa disambangi adalah Pusat Kerajinan Al Badri di Desa Legon Cikmas, dan Labiki di Jalan Kapura.

Selain hasil kerajinan, traveler juga bisa belanja aneka cinderamata seperti kaus topi, makanan olahan seperti ikan teri dan ikan asin, juga rumput laut dan minyak kelapa khas wisata Karimunjawa.

6. Sunrise dan sunset

wisata-karimunjawa
Gambar 1.6 sunset karimunjawa

Di Kepulauan Karimunjawa, turis bisa melihat indahnya matahari terbit dan tenggelam dengan latar laut wisata Karimunjawa yang indah. Sunrise dan sunset bisa dilihat dari hampir semua pulau, sisi timur untuk sunrise dan sisi barat untuk sunset.

Proses tenggelamnya Sang Surya juga jadi momen favorit di wisata Karimunjawa. Semburat emas di langit menutup hari setelah beraktivitas seru di wisata Karimunjawa.

0 Response to "APAKAH LIBUR LEBARAN KARIMUNJAWA MENJADI SEPI?"

Populer di karimun Jawa