Paket Wisata Karimunjawa
024-76404081 / 085290682990 / 085777709570 / 085225965955
IG: @kawan_kurnia / FB: Kurnia Karimunjawa Tour
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

PERMASALAHAN SAMPAH DI KARIMUNJAWA

wisata-karimunjawa
Gambar 1.1 sampah karimunjawa

Bentangan laut biru luas sejauh mata memandang, hamparan pasir putih berkilau menyilaukan mata, saut menyaut suara kuli panggul menawarkan jasa, merdu suara terompet kapal bersandar.

Suasana seperti inilah yang kami dapatkan ketika berkunjung ke Karimunjawa. Sebagai “Bali”nya Jawa Tengah, Karimunjawa menjadi primadona destinasi wisata baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Jumlah wisatawan Wisata Karimunjawa yang semakin meningkat setiap harinya mendatangkan berkah bagi warga lokal Karimunjawa yang menggantungkan mata pencaharian mereka sebagai guide wisata Karimunjawa maupun menyediakan rumah mereka bagi wisatawan wisata Karimunjawa yang ingin menginap. Harga Wisata Karimunjawa yang ditawarkan pun murah sehingga wisatawan wisata Karimunjawa tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

wisata-karimunjawa
Gambar 1.2 karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa yang menjadi ujung tombak wisata di Kabupaten Jepara maupun Jawa Tengah saat ini tengah bermasalah dengan sampah. Banyaknya sampah itu akibat belum terkelola dengan baik.

Sampah berasal tidak hanya berasal dari sampah rumah tangga serta aktivitas pariwisata tetapi juga sampah kiriman dari daerah-daerah lain juga menyumbang sampah di Karimunjawa. Bahkan berdasarkan data disebutkan jumlah sampah menumpuk mencapai 10 ton.

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Dukuh Alang-Alang Desa Karimunjawa belum berfungsi secara maksimal. Hal itu dikarenakan belum tersedianya alat angkut dan perlengkapannya, seperti pembakar sampah dan juga proses pengolahan sampah lainnya.

Pegiat Wisata Karimunjawa mengatakan bahkan saat ramai wisatawan wisata Karimunjawa, sampah bisa mencapai 5 kuintal lebih dalam sehari. Tumpukan sampah juga masih banyak menghiasi lahan kosong milik warga Karimunjawa. Solusi saat ini hanya membuang sampah pada lahan-lahan kosong yang ada di wisata Karimunjawa.

wisata-karimunjawa
Gambar 1.3 membersihkan sampah

Musim baratan yang menyebabkan gelombang tinggi selalu menyisakan masalah sampah disepanjang pantai Kabupaten Jepara. Tak hanya Jepara, gunungan sampah juga terdapat di wisata Karimunjawa.

Segenap lapisan masyarakat Karimunjawa melakukan pembersihan pantai yang penuh sampah akibat gelombang tinggi setiap musim baratan usai.

Masyarakat Karimunjawa berharap program bersih pantai dan sampah bisa menjadikan pantai dan tempat wisata Karimunjawa selalu bersih, bebas sampah sehinga wisatawan wisata Karimunjawa bisa betah berlibur di Karimunjawa.

0 Response to "PERMASALAHAN SAMPAH DI KARIMUNJAWA"

PEMESANAN TIKET PESAWAT KARIMUNJAWA

PEMESANAN TIKET PESAWAT KARIMUNJAWA
Pemesanan Tiket Pesawat Ke Karimunjawa

Populer di karimun Jawa