LANGSUNG CHAT WA
Paket Karimun jawa

TAYANGAN LIPUTAN TV SWASTA BERPENGARUH BESAR TERHADAP INDUSTRI PARIWISATA KARIMUNJAWA


wisata-karimunjawa
Gambar 1.1 acara tv swasta


Perkembangan pariwisata di Indonesia sangatlah pesat saat ini, terutama semenjak acara wisata beberapa televisi swasta tayang. Pada acara televisi tersebut ditayangkan tempat-tempat wisata yang sudah dikenal bahkan yang masih belum banyak dikenal mulai diekspos dan dikenal banyak orang. Dari wisata pegunungan, laut, taman wisata hingga wisata kuliner diulas dalam acara tersebut, secara tidak langsung kepopuleran acara tersebut kemudian mempengaruhi berbagai pihak baik masyarakat bahkan juga pemerintah sebagai pembuat kebijakan. Sebagai contoh pemerintah kemudian membuat program Pesona Indonesia atau yang lebih dikenal dengan “WONDERFULL INDONESIA” kemudian makin memperkuat citra Indonesia sebagai salah satu negara tujuan wisata menarik untuk dijadikan destinasi wisata bagi turis dalam dan luar negeri.

Berbagai destinasi wisata merupakan beberapa objek wisata Indonesia, masih terdapat lebih banyak objek wisata menarik untuk lainnya, salah satunya yaitu paket wisata Karimunjawa Keberadaan objek wisata tersebut merupakan “mutiara terpendam” jika dikenal serta diekspos dengan tepat maka dapat menjadi sumber penghasilan baik bagi masyarakat Karimunjawa juga pemerintah daerah bahkan negara pada umumnya.

Perkembangan perekonomian bagi masyarakat sekitar Karimunjawa menjadi salah satu peluang membawa perubahan bagi masyarakat khususnya bagi perekenomian Wisata Karimunjawa. Perkembangan perekonomian masyarakat paket wisata Karimunjawa akan membantu tumbuh kembang perekenomian daerahnya sementara bagi negera pendapatan tersebut menjadi salah satu sumber devisa.


wisata-karimunjawa
Gambar 1.2 wisata karimunjawa


Keberadaan objek wisata Karimunjawa tersebut tidak semata-mata memberikan peluang namun juga dapat menjadi tantangan bagi seluruh elemen, seperti pemerintah pusat dan daerah, masyarakat dan komponen lainnya.

Isu mengenai pengelolaan pariwisata Karimunjawa belum maksimal dilakukan memberikan dampak pada pengelolaan Karimunjawa dimana jika dapat dikelola dengan baik maka dapat menjadi salah satu sumber pendapatan berkesinambungan bagi pemerintah serta dapat membantu promosi daerah serta peningkatan perekonomian.

Dalam hal ini tidak hanya peran pemerintah dan masyarakat namun media juga memberikan peran besar terhadap perkembangan paket wisata Karimunjawa. Tanggung jawab untuk melakukan pengelolaan objek Wisata Karimunjawa secara baik maupun profesional memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk turut terlibat sehingga secara tidak langsung mereka merasa memiliki tanggung jawab dalam pelestarian wisata dan budaya paket wisata Karimunjawa bukan hanya memanfaatkan paket wisata Karimunjawa sebagai sumber penghasilan. Pemahaman mengenai masalah tersebut penting untuk dibangun oleh seluruh stakeholder pariwisata di Indonesia.


wisata-karimunjawa
Gambar 1.3 pemandangan bawah laut karimunjawa


Peran media juga saat ini terlihat dari berbagai publikasi yang sudah dilakukan untuk menunjang keberhasilan program wisata Karimunjawa. Melalui jargon hingga promosi melalui video pun mulai dilakukan oleh pemerintah demi meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan paket wisata Karimunjawa semakin hari juga semakin banyak travel agent menawarkan Harga Paket Wisata Karimunjawa untuk wisatawan.

Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, berupaya membidik pertambahan wisatawan asing untuk berkunjung ke obyek wisata Karimunjawa. "Obyek wisata Karimunjawa memang bukan diarahkan untuk menjadi tujuan wisatawan dalam jumlah massal, melainkan diutamakan menjadi kunjungan yang berkualitas,"





Pemprov Jateng pun mengharapkan obyek wisata Karimunjawa itu menjadi target kunjungan berkualitas dari wisatawan. Terkait dengan kualitas kunjungan, bidikan utamanya memang ditujukan kepada wisatawan asing yang biasanya berkunjung dalam waktu agak lama serta membelanjakan uang sakunya diharapkan juga cukup besar.

Selain itu, wisatawan asing cenderung memiliki tingkat kesadaran menjaga kelestarian lingkungan Karimunjawa lebih tinggi, meskipun wisatawan lokal juga ada yang memiliki kesadaran tinggi dalam menjaga lingkungan. "Untuk apa jika kunjungan wisatawan paket Karimunjawa cukup banyak dalam waktu tertentu saja malah banyak permasalahan timbul,". Seperti persoalan sampah  menumpuk pada sejumlah kawasan Karimunjawa, kerusakan infrastruktur tertentu Karimunjawa serta permasalahan lain kemungkinkan timbul. Memperbaikinya tentu dibutuhkan biaya cukup besar, sehingga lebih baik diarahkan pada kunjungan berkualitas.

Posting Komentar untuk "TAYANGAN LIPUTAN TV SWASTA BERPENGARUH BESAR TERHADAP INDUSTRI PARIWISATA KARIMUNJAWA"