LANGSUNG CHAT WA
Paket Karimun jawa

GAMETOGENESIS Acropora di KARIMUNJAWA

STUDI GAMETOGENESIS Acropora gomezi DI PULAU SAMBANGAN, KEPULAUAN KARIMUNJAWA, JEPARA, JAWA TENGAH

Andrianus Sembiring*, Diah Permata Wijayanti, Munasik
Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Universitas Diponegoro Semarang e-mail: andre_kelautan05@yahoo.com

Abstrak: Informasi mengenai reproduksi karang di Indonesia terbilang masih kurang, dipihak lain studi mengenai reproduksi karang dapat digunakan sebagai dasar untuk prediksi rekruitmen populasi karang. Karang A. gomezi merupakan suatu spesies karang yang melimpah di P. Sambangan Kepulauan Karimunjawa. Studi mengenai gametogenesis A. gomezi adalah pertama kali dilakukan di Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui siklus gametogenesis dan karakteristik reproduksi A. gomezi di P. Sambangan Kep. Karimunjawa, Jepara, yang harapannya dapat memberikan informasi mengenai data reproduksi karang di Indonesia khususnya A. gomezi untuk pendugaan pola reproduksi dan rekruitmen.

Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai gametogenesis A. gomezi. Pengambilan sampel dilakukan mulai Bulan Juni 2008Maret 2009 di tiga stasiun yang berbeda. Pembuatan dan pengamatan preparat histologi dilakukan di Laboratorium Terpadu Kampus Ilmu Kelautan UNDIP Tembalang dan di Balai Besar Veteriner Wates Yogjakarta. Persentase kemunculan gamet jantan dan betina dihitung dengan cara pengamatan mikroskopis untuk mengetahui siklus gametogenesisnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karang A. gomezi adalah hermaphrodite protogynous. Oosit dan Testis ditemukan dalam satu polip dengan waktu kemunculan yang berbeda, Oosit ditemukan lebih awal daripada Testis. Oosit setadium I detemukan paling banyak pada bulan Juni selanjutnya Oosit stadium II paling banyak ditemukan pada bulan Juli. Oosit stadium III paling banyak di bulan Desember sedangkan Oosit setadium IV melimpah pada bulan Maret tahun berikutnya. Pada bulan Maret Testis ditemukan pertama kali dan persentase spermatosit stadium IV paling banyak ditemukan.

Kematangan gonad pada karang A. gomezi terjadi sekali dalam satu tahun. Pembentukan Oosit dimulai kuarter awal sampai bulan baru dan matang pada periode akhir kuarter awal sampai bulan purnama bulan Maret. Sedangkan pembentukan Testis dimulai kuarter awal dan matang pada bulan purnama atau akhir kuartel awal pada bulan Maret.

Kata Kunci : Gametogenesis, Gonad Jantan, Gamet Betina, Histologi, Acropora gomezi.

Posting Komentar untuk "GAMETOGENESIS Acropora di KARIMUNJAWA"