LANGSUNG CHAT WA
Paket Karimun jawa

Rekruitmen Karang di Pulau Panjang, Jepara.

Studi Rekruitmen Karang Antar Lokasi di Pulau Panjang, Jepara. (Pembimbing: Munasik dan Diah Permata Wijayanti)


Lely Fika Anggraini. K2D002273.

Pulau Panjang memiliki kondisi perairan yang berbeda di sisi utara dan selatan pulau tersebut, dimana sisi utara memiliki gelombang yang lebih besar dan perairan yang lebih keruh daripada sisi selatan. Kondisi terumbu karang di pulau tersebut saat ini cenderung mengalami penurunan. Salah satu upaya untuk memperbaiki ekosistem terumbu karang di P. Panjang adalah dengan proses rekruitmen karang. Untuk mengetahui rekruitmen karang, digunakan substrat buatan yaitu roster, sebagai media penempelan bagi planula karang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rekruitmen karang berdasarkan kelimpahan famili dan densitas juvenil karang antar lokasi (utara dan selatan), antar posisi terumbu back reef dan fore reef dan antar sisi (vertikal, diagonal dan horisontal) roster di Pulau Panjang.

Penelitian ini merupakan eksperimental lapangan dan dilaksanakan selama kurun waktu April-Oktober 2006 di perairan P. Panjang, Jepara. Sebanyak 30 unit substrat roster disebar di sisi utara dan selatan P. Panjang, masing-masing 5 unit di selatan back reef, 5 unit di selatan fore reef, 5 unit di utara back reef dan 5 unit di utara fore reef. Peletakan kedua di bulan Agustus ditambahkan 5 unit di selatan back reef (baru) dan 5 unit di utara back reef (baru). Setelah 6 bulan, substrat roster diangkat, dibilas dengan air tawar dan direndam dengan larutan Chlorine 10% kemudian juvenil karang yang menempel pada roster dihitung dan diidentifikasi hingga tingkat famili berdasarkan Veron (1982), Veron (2000), Baird dan Babcock (2000) dan Babcock et al. (2003).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima famili juvenil karang yang menempel; Pocilloporidae, Poritidae, Faviidae, Oculinidae, Acroporidae serta 1 golongan yang tidak dapat diidentifikasi dikelompokkan ke dalam Taksa Lainnya. Terdapat perbedaan kelimpahan famili karang secara signifikan antar sisi substrat roster. Rerata kelimpahan famili terbanyak terdapat pada sisi diagonal yaitu sebesar 4,95 famili/roster, sedangkan sisi horisontal memiliki rerata kelimpahan famili terendah dengan 1,55 famili/roster. Famili dengan kelimpahan tertinggi adalah Pocilloporidae (13,34 %), sedangkan Acroporidae memiliki kelimpahan terendah (0,13 %). Densitas juvenil karang ditemukan berdeda secara signifikan antar lokasi, posisi dan sisi substrat roster. Rerata densitas juvenil karang tertinggi terdapat di posisi selatan back reef (15,33 juvenil/100cm2) sedangkan rerata densitas terendah terdapat di posisi utara back reef (0,13 juvenil/100cm2) Pada substrat roster, rerata densitas tertinggi juvenil karang ditemukan pada sisi diagonal (13,41 juvenil/100cm2), sedangkan rerata densitas terendah terdapat di sisi horisontal roster dengan kelimpahan 0,41 juvenil/100cm2.

Kata Kunci: Rekruitmen, juvenil karang, substrat roster, dan Pulau Panjang.

Posting Komentar untuk "Rekruitmen Karang di Pulau Panjang, Jepara."