LANGSUNG CHAT WA
Paket Karimun jawa

JELAJAH KARIMUNJAWA DALAM 4 HARI VERSI ANAK KOST

Karimunjawa tempat wisata yang banyak di idam-idamkan para traveler tak terkecuali anak kost nih yang diem-diem pengen banget ke Karimunjawa ya walau dengan budget pas-pasan.

Gambar 1.1 wisata karimunjawa

Uang memang menjadi kendala utama bagi anak kost yang uang sakunya pas-pasan namun ingin jalan-jalan. Eits, nggak semua tempat liburan dengan pemandangan cantik membutuhkan banyak duit. Semua bisa murah asal tahu caranya. Jadilah traveler yang cerdas! Kamu harus lihai mengatur pengeluaran supaya kebutuhan bulanan terpenuhi dan tetep bisa jalan-jalan. Dompet tipis bukan berarti nggak bisa traveling ke Wisata Karimunjawa. Simak baik-baik nih cerita jelajah Karimunjawa versi anak kost:

Kapal Siginjai hanya berangkat pukul 7 pagi. Tiket kapal pun tidak bisa kita pesan secara online atau pun offline. Kita harus beli secara langsung sebelum keberangkatan di loket penjualan tiket.

Kalo bangun kesiangan, ya baru bisa berangkat menuju Wisata Karimunjawa keesokan harinya. Nah, daripada kesiangan, waktu dan uang terbuang percuma, pasang alarm di ponsel. Paling nggak, kita sudah siap di loket pelabuhan pukul 6 pagi atau sebelum jam 6 pagi. Karena biasanya begitu loket dibuka wisatawan langsung menyerbu loket itu.

Perjalanan dalam kapal yang cukup panjang, buat perut kelaparan. Untung sebelum berangkat bawa bekal kita belanja buat makan kita 4 hari di Wisata karimunjawa. Kita beli mie beberapa bungkus, energen, snack, permen.

Setelah 5 jam, nyampe juga di Karimun. Pantat kerasa ceper duduk di kursi jahanam 5 jam. Tp kebayar langsung sama beningnya karimunjawa. Bukan bening ceweknya lho, tp pantainya. Saking ndesonya (atau saking kuthonya?) kita langsung foto-foto. Lautnya juga biru, sayang kerennya landscape sperti itu sedikit kontras dgn wajah ndeso kita. Oh iya, nih tips biar dapet temen yang sama backpackeran ke karimun. Jadi kalo udah nyampe di pelabuhan, kan ada banyak orang tuh. Liat aja gerombolan orang dengan jumlah ga bgitu banyak trus toleh kanan-kiri kaya orang bingung, biasanya tuh backpackeran juga dia. Soalnya saya juga gitu. Kan lumayan kalo dapet  sama-sama backpackeran, buat nyewa kapal+kamera underwater jadi lebih murah. Kebetulan mereka berjumlah 5 orang. Abis tukeran nomer HP, kita bagi tugas, mereka bagian nyari kapal, kita nyari kamera underwater. Abis itu dia pergi nyari homestay, dan kita juga pergi ke homestay yg udah kita booking.

Karimun gak gede-gede amat kok guys. Jalan kaki dari pelabuhan ke alun-alun paling 15 menit. Berhubung kita naek motor, jadi cuman 5 menit . Kita nyari homestay yang udah kita booking, dan sedikit shock karena rumahnya bisa dibilang bagus. Tarifnya juga gak mahal. Bisa bikin teh atau kopi sepuasnya gratis, air mineral sepuasnya juga gratis. Disana juga nyewain kamera underwater, alat snorkel. Orangnya baik banget guys, recommended homestay deh pkoknya.

Gambar 1.2 tour laut

Abis taruh tas, kita nyari sunset di pelabuhan. Gak sengaja ketemu sama grombolan backpacker tadi, terus tuker2an informasi. Fix, dan kita akhirnya pulang. Sampe rumah, rencananya mau bikin mie, tp liat tv dulu. Eh istrinya pemilik homestay ngasih kue banyak banget, banget nget nget lho ini, jadi itung2 makan malem. kikiki.

Bangun jam 5 pagi. Rencana mau liat sunrise. Karena sotoy kita jalan ke pelabuhan yang notabene ada di selatan pulau. Baru tau kan ada matahari terbit di selatan? wkwkwk

Setelah gagal liat sunrise, balik ke homestay, mau bikin mie sama energen. Abis itu ngambil alat snorkel sama kamera underwater, terus lanjut ke pelabuhan, siap berangkat snorkelingan.

Pulang dari snorkeling, si Sindi sama Jawel tidur duluan, padahal baru jam 7 malem, mungkin efek capek + perut overload kena ikan bakar. Gue liat tv lagi, berharap dapet kue buat makan malem, dan God Bless Me, seakan pemilik homestay bisa mendengar jalan pikiran busuk gue, gue dikasi kue slametan tetangganya, sepiring! wkwkwk. Dan lewatlah hari ini dengan perut mengembang ....

Hari selanjutnya, kita berencana keliling pulau wisata Karimunjawa. Setelah sarapan mie dan energen lagi kita berangkat. Tujuan utama pergi ke hutan mangrove, kampung bugis, dll. Naek motor gonceng tiga, tujuan awal ke hutan mangrove, abis itu pantai barakuda, terus kampung bugis, trus pantai tanjung gelam.

Gambar 1.3 snorkeling

Nyampe homestay jam setengah 5 sore. Sindi sama Jawel udah gak kuat ngonsumsi mie, akhirnya mereka ngluarin budget ekstra buat beli siomay sama roti bakar. Sedanngkan gue tetep sama pendirian awal buat makan mie, siapa tau cerita ini bisa masuk tv "ini ceritaku apa ceritamu". wkwk.

Abis makan, nyari sunset di pelabuhan lagi. Sedih sih, hari terakhir disana soalnya. Malemnya beli oleh-oleh khas wisata Karimunjawa buat orang rumah dan pacar masing-masing (sedih kuadrat deh karena gue gak punya pacar). Pulang ke homestay, packing, dan siap-siap tidur.

Bangun jam 6 pagi, kaget karena belum beli tiket. Beruntung nginep di homestay yang pemiliknya baik, kita udah dibeliin tiket sama dia. Baik to? Kita disuruh cepet-cepet soalnya kapal bakal berangkat kalo kapal udah penuh. Jadi meski di jadwal tulisannya brangkat jam 8, tapi kalo penuhnya jam 7 kapal bakal brangkat jam 7. Abis pamitan, kita berangkat ..

Dan lewatlah hari itu dengan cerita seru serba beruntung sama beberapa kawan terbaik gue.