Paket Wisata Karimunjawa Murah 2017
024-7464152 / 085777709570 (+WA) / 085225965955 (+WA) / 087731148008 / Pin BBM: 218D9559
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

Oleh Oleh Souvenir Khas Karimunjawa

Oleh-oleh souvenir khas Karimun Jawa banyak sekali diburu oleh wisatawan yang berlibur ke Karimun Jawa untuk dijadikan oleh-oleh atau kenang-kenangan bagi teman atau saudara mereka. Souvenir Karimun Jawa banyak sekali dijual di kawasan alun-alun Karimun Jawa. Untuk jenisnya ada bermacam-macam. Salah satunya yang paling khas untuk dijadikan souvenir dimana termasuk barang langka adalah kerajinan dari kayu Stigi, Dewadaru dan Kalimosodo.

oleh oleh khas karimunjawa kayu stigi dewadaru kalimosodo

Ketiga kayu Stigi, Dewadaru dan Kalimosodo sering diolah untuk dibuat kerajinan seperti tasbih, gelang, kalung, dll. Kayu Stigi, Dewadaru dan Kalimosodo termasuk kayu yang sudah langka. Sehingga banyak sekali diburu oleh para kolektor kayu langka. Bagi yang percaya akan hal yang berhubungan dengan dunia metafisika, kayu Stigi, Dewadaru dan Kalimosodo memiliki manfaat positif bagi para pemiliknya apalagi kayu Stigi, Dewadaru dan Kalimosodo digunakan untuk hal-hal yang positif.


Oleh-oleh Souvenir Khas Karimun Jawa

Kayu Stigi

Kayu stigi merupakan kayu paling populer di kalangan kayu-kayu langka. Pohon stigi biasa tumbuh di kawasan pinggir pantai di kepulauan Karimun Jawa. Pohn stigi juga banyak tumbuh di kawasan bukit-bukit terjal berbatu di pinggiran pantai. Kayu stigi mempunyai manfaat jika ada orang terkena gigitan binatang berbisa seperti gigitan ular berbisa, sengatan kalajengking atau binatang berbisa lainnya maka kayu ini bisa digunakan untuk pengobatan. Cara pengobatannya yaitu kayu stigi ditempelkan ke bagian tubuh yang terkena sengatan, maka kayu stigi akan menempel di luka tersebut untuk menyedot racun. Kayu stigi akan terlepas dari luka jika racun sudah tersedot habis.

Karakter kayu stigi yang paling utama adalah jika kayu dimasukkan ke dalam air kayu stigi akan tenggelam sampai ke dasar walaupun hanya secuil. Bahkan serbuk kayu stigi juga akan tenggelam di dalam air jika kayu stigi tersebut memang benar-benar asli.

Kayu stigi ada 2 jenis yaitu kayu stigi wulung dan stigi barek. Kayu stigi wulung berwarna coklat tua dan keras sekali. Bahkan jika kayu stigi wulung sudah sangat tua maka warnanya akan menjadi gelap mendekati warna hitam, tetapi karakter kayu aslinya tetap berwarna coklat tua. Sedangkan kayu stigi barek juga warnanya seperti stigi wulung tetapi ada keunikannya karena ada corak lorek-lorek seperti macan yang mengkilap. Bahkan ada juga stigi barek dengan corak motif seperti ular sanca yang sering disebut stigi barek motif sanca. Diantara stigi wulung dan stigi barek masih lebih langka stigi barek karena jarang sekali ditemukan.


Kayu Dewadaru

Kayu dewadaru merupakan kayu yang hanya tumbuh di karimun Jawa. Memang ada kayu dewadaru selain dari arimunjawa sepertikayu dewadaru dari gunung Kawi. Tetapi bentuk pohon dan karakter kayu serta bentuk buah dan daunnya sudah berbeda jauh dengan kayu dewadaru dari Karimun Jawa. Kayu dewadaru khas Karimun Jawa banyak ditemukan di kawasan makam sesepuh dan tokoh penyebar agama Islam pertama di Karimun Jawa yaitu di makam Sunan Nyamplungan atau Syeh Amir Hasan. Di kawasan makam Sunan Nyamplungan ada beberapa pohon dewadaru yang memiliki usia sudah ratusan tahun. Konon sejarahnya kayu dewadaru bisa ada di Karimun Jawa yaitu dibawa oleh Sunan Nyamplungan berupa tongkat yang ditancapkan oleh beliau. Karena Syeh Amir Hasan adalah orang sakti maka tongkat tersebut bisa hidup dan tumbuh menjadi besar dan dinamakan sebahai pohon dewadaru.

Karakter kayu dewadaru berwarna putih kekuningan dan keras. Ada juga kayu dewadaru yang berwarna agak gelap karena usianya yang sudah sangat tua sekali. Kayu dewadaru tua yang berkualitas bagus jika dimasukkan ke dalam air akan tenggelam.


Kayu Kalimosodo

Kayu Kalimosodo termasuk kayu yang sudah sangat langka ditemukan di Karimun Jawa. Kayu ini biasanya dijadikan pelengkap yang digabungkan dengan kayu stigi dan dewadaru untuk dijadikan tasbih atau gelang. Kayu kalimosodo memiliki karakter dengan warna yang hitam dan serat yang kasar. Kayu kalimosodo tergolong kayu yang ringan. Jika dimasukan ke dalan air kayu kalimosodo tidak akan tenggelam. Kayu kalimosodo dipercaya memiliki energi untuk menstabilkan kekuatan energi dari kayu stigi dan kayu dewadaru.

Jangan lupa jika anda berwisata ke Karimun Jawa untuk berbelanja souvenir khas Karimun Jawa berupa kayu stigi, dewadaru dan kalimosodo dalam bentuk tasbih, gelang, mata cincin, tongkat komando,dll.

0 Response to "Oleh Oleh Souvenir Khas Karimunjawa"

Populer di karimun Jawa