Paket Wisata Karimunjawa Murah 2017
024-7464152 / 085225965955 / 087832042888 / 085640428433 / Pin BBM: 218D9559 / WA: 085290682990
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

Objek Wisata Andalan Snorkeling DI Maer Spot Menjangan Kecil Karimun Jawa

Kepulauan Karimun Jawa memiliki banyak sekali kekayaan alam baharinya. Memiliki 26 pulau2x kecil yang tersebar di sekitar Karimun Besar. Salah satu dari pulau disana yaitu Menjangan Kecil. Pulau menjangan kecil sendiri berada tidak jauh dari pulau inti yaitu Karimun Besar. Jika ditempuh dengan menggunakan kapal wisata maka waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam perjalanan. Untuk menuju ke pulau Menjangan kecil ini biasanya wisatawan melalui pelabuhan Sahbandar, dimana di pelabuhan ini merupakan titik berkumpul dan parkir para kapal wisata Karimun Jawa.


Biasanya wisatawan yang ikut dengan paket wisata akan mendapatkan spot ini karena termasuk pada spot inti wisata yang terkenal dan wajib dikunjungi. Spot ini dinamakan MAER SPOT, mari kita ulas kenapa ya spot ini menjadi salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan?!

snorkeling di pulau menjangan kecil


Alasan Spot Maer Jadi Primadona Snorkeling

Di Maer spot yang masuk di kawasan pulau Menjangan kecil ini memiliki keistimewaan yang unik, dan mungkin jarang dimiliki di spot-spot lainnya di Karimun Jawa. Kegiatan utama di lokasi adalah snorkeling / berenang menggunakan alat bantu pernafasan dan pelampung. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan terumbu karang dan ekosistemnya. Ekosistem yang dimaksutkan disini adalah lebih menuju ke jenis ikan hias.

berenang bersama ikan di maer spot

Ketika wisatawan melakukan aktivitas snorkeling di Maer Spot atau Menjangan Kecil Karimun Jawa ini, pasti wisatawan akan didatangi oleh segerombolan ikan kecil. Kenapa? Ya, karena ikan-ikan tersebut berharap akan diberi makan berupa roti oleh setiap pengunjung / wisatawan disana. Kok tidak takut dengan manusia? Ikan ini sudah terlatih dan sudah puluhan tahun bertemu dengan manusia dan sudah terbiasa dengan manusia, olah sebab itu ikan ini sangat akrab dengan para wisatawan. Selain itu alasan utamanya yaitu disini merupakan sarang atau tempat tinggal dari ikan-ikan hias laut tersebut, jadi selama lokasi tersebut masih terjaga dengan baik tanpa adanya ekploitasi yang berlebihan, maka ikan-ikan terbsut masih akan tetap ada di perairan sekitar Maer spot Menjangan Kecil.

sekumpulan ikan kecil di menjangan kecil karimunjawa


Jenis ikan apa saja yang ada di sini?
Tentunya beberapa jenis ikan hias di sekitar terumbu karang Menjangan Kecil tersebut. Ikan Zebra / Abudefduf yang mendominasi dan beberapa ikan kaka tua/ parrot fish, dan masih baynayk lagi #tidakhafalnamanya. Ikan-ikan tersebut sudah terbiasa dengan insting mereka apabila ada kapal sandar di daerah Maer Spot, maka langsung didatangi oleh ikan-ikan itu.

snorkeling memberi makan ikan kecil

Terumbu Karang
Selain ikan yang menakjubkan, di maer spot ini juga memiliki kumpulan terumbu karang yang sanga-sangat indah. terumbu karang ini melakukan perkembangbiakannya dengan menggunakan caraya matahari. Dengan kata lain, perairan di sekitar Menjangan kecil ini bersih dan tidak tertutup sampah, sehingga cahaya dapat masuk sampai dasar perairan dan digunakan karang untuk pertumbuhan hidupnya.

montipora coral in menjangan island karimun jawa

acropora di perairan menjangan kecil karimunjawa

terumbu karang di maer spot karimun jawa

soft coral in menjangan kecil karimunjawa island

terumbu karang di menjangan kecil karimunjawa

Berbagai jenis karang ada dan tumbuh baik di perairan sekitar Menjangan Kecil. Oleh sebab itu spot ini menjadi primadona untuk para wisatawan dan biro tour. Semoga kita semua dapat menjaga kekayaan alam yang sangat luar biasa ini bersama-sama.


Profil Pulau Menjangan Kecil KarimunJawa

Pulau ini terletak disebelah barat Karimun Besar. kegiatan yang bisa dilakukan disini adalah snorkelig dan diving. Untuk spot snorkeling berkisar sekitar kedalaman 0,5-4 meter dan spot diving berkisar dengan kedalaman 5-15 meter. Biota yang ada di kawasan pulau Menjangan Kecil diantaranya: terumbu karang, ikan hias, teripang, bintang laut, udang, keong, cumi, dll.

Pulau menjangan Kecil Karimunjawa memiliki luas sekitar 40 hektar, jarak dari pulau Karimunjawa besar sekitar 14 mil laut. Memiliki pasir putih dan bersih serta dipenuhi oleh pepohonan rindang. Pulau ini dikelola dengan baik oleh pemiliknya sehingga tidak ada sampah yang berserakan dissekitar pulau ini. Di pulau ini terdapat penginapan / resort yang diberi nama MENJANGAN RESORT KARIMUNJAWA.

Menjangan Resort Karimunjawa: Menjangan Resort merupakan salah satu pilihan penginapan yang baik bagi wisatawan yang menginginkan kesunyian dengan suasana pulau. Penginapan ini memiliki beberpa kamar  bungalow.


Next Spot: Menjangan Besar / Penangkaran Hiu Jinak

0 Response to "Objek Wisata Andalan Snorkeling DI Maer Spot Menjangan Kecil Karimun Jawa"

Populer di karimun Jawa