Paket Wisata Karimunjawa Murah 2017
024-7464152 / 085777709570 (+WA) / 085225965955 (+WA) / 087731148008 / Pin BBM: 218D9559
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

Pulau Genting Karimunjawa

Pulau Genting Karimunjawa ????


Pulau ini berbeda dengan pulau -pulau yang lain yang terkenaldengan keindahan pasir dan terumbukarang di dasar lautnya, pulauini terkenal dengan barang -barang peninggalan masa lampau. Ketika anda menyempatkan aktivitas penyelaman perairan ini, pasti menemukan bangkai kapal yang memuat barang -barang antik di dalamnya ketika karam. Kapal yang karam tersebut dari dari Cina, para penduduk lokal sering mengaitkan kapal tenggelamini dengan makanm cina kuno yang ada di karimunjawa. Pada lambung bangkai kapal inibanyakditemukan pecahan keramikkuno. Selain kapal dari cina, ada juga bangkai kapal panam indona yang indono yang tenggelam pada tahun 1955 dipulau kemujan. Bankai kapal ini membelah menjadi 2 dengan panjang kapal hampir menyamai kapal - kapal fery yang ada diindonesia.

Meski demikian bangkai kapal ini sekarang menjadi tempat hidupberbagai spesies ikan serta nmerupakan salah satu lokasi favorit wreck diving. Terdapat pula bangkai kapal penganggkut batu bara milik tentara belanda yang karam di perairan pulau kemujan. Struktur dasar pantai dikarimunjawa yang relatif  rendah membuat banyak kapal kandas dan akhirnya karam.

pulau geting
Gambar 1.1 Pulau Genting Karimunjawa

Dalam berbagai keterbatasan yang ada namun dengan perhitungan yang matang terlaksana sebuah progam yangmemang sudah di rencanakan setidaknya sejak 2006 oleh balar jogja. Perkembangan teknik dan perkembangan alat selam, pemahaman teotorik atas arkeologi maritime. Jaringan dengan unit -unit selam dan TNI - AL serta melimpahnya data arkeologi di bawaqh laut, menjadi motivasi tersendiri bagi pelaksana program ini.

Titik penting tersebut menurut para ahli :
1. Sebaran pecahan keramik biru putih berbentuk mangkuk dan piring
2. Keramiki temuan penduduk berupa cepuk, figuran serta guci
3. Sebaran bata berukuran besar dan fragmen
4. Pundenberupa tatanan batu besar di puncak bukit
5. Sumur air tawar yang merupakan sumur kuno.


Kronologi yang pastiatas pecahan keramik yang di temukan oleh penduduk maupun masyarakat lokal. Demikian pulau dengan sebaran bata berukuran jumbo belum dapat di pastrikan kronologinya maupun bentuk bangunannya. Namun demikan rangkaian data yang di temukan agaknya menujukkan adanya saling ikatan, sehingga ada beberapa dugaan sementara, yaitu :

1. Ketersediaan airtawar dan tanah yang subur
2. Posisi pulau genting di timur gugusan pulau karimunjawa
3. Sebaran pecahan keramik di kawasan gosong di timur pulau genting
4. Pulau Gentingmenjadi gerbang pentingdi bagian timur bagi para pelayar

karimunjawa
Gambar 1.2 Diving Karimunjawa

Dari berbagai temuan ini, Tim dari balai arkeologi yogyakarta menyimpulkan berbagai hipotesis diantaranya adalah posisi pulau Genting Karimunjawa di timur gugusan pulau karimunjawa. Selain tentang pulau genting ada juga kisah tentang Sunan Nyamplungan.

0 Response to "Pulau Genting Karimunjawa"

Populer di karimun Jawa