Paket Wisata Karimunjawa Murah 2017
024-7464152 / 085777709570 (+WA) / 085225965955 (+WA) / 087731148008 / Pin BBM: 218D9559
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

HATI HATI BILA ADA IKAN SEPERTI INI DI KARIMUNJAWA

Wisata ke Karimunjawa merupakan idaman setiap para penggemar wisata laut dan pantai. Selain Karimunjawa memiliki pemandangan pantai pasir putih dan juga beberapa bukit yang sayang untuk dilewatkan, Karimunjawa juga memiliki pemandangan bawah laut yang sangat memukau dan tidak kalah jika disandingkan dengan kualitas pemandangan bawah laut di destinasi wisata yang lainnya.

Ada satu hal yang sebenarnya sangat penting untuk diketahui oleh para pengunjung wisata Karimunjawa terutama tentang cara berlibur menikmati pemandangan bawah laut karimunjawa dengan aman. Selain memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah, beberapa lokasi wisata di Karimunjawa harus diwaspadai oleh para pengunjung wisata Karimunjawa dimana lokasi tersebut sebenarnya masih tergolong tempat wisata aman tetapi bisa menjadi tidak aman jika anda melalaikan keselamatan anda sendiri.

Ada satu hewan berupa ikan laut yang patut dan wajib untuk diwaspadai oleh para peserta wisata Karimunjawa. Para penduduk lokal Karimunjawa Island menyebut ikan tersebut dengan nama Iwak Ripo (Ikan Ripo). Ikan Ripo kalau dalam istilah umumnya adalah Ikan Batu (Synanceia Verrucosa). Ikan Batu adalah ikan karnivora yang biasa hidup di pasir dan bebatuan pasir. Ikan Batu ini memiliki tingkat kamunflase yang bisa dibilang sangat bagus sekali dan termasuk ikan paling beracun di dunia.

ikan beracun karimunjawa

Ikan Ripo biasanya bersembungi di pasir atau bebatuan dan berkamunflase hampir menyerupai pasir dan batu. Sangat berbahaya sekali jika ada wisatawan Karimunjawa dengan tanpa menggunakan pelindung kaki melintasi tempat persembunyian atau rumah ikan ripo. Jika terkena sengatan ikan ripo bisa menyebabkan sakit yang sangat luar biasa.

Kami selaku Travel Agent Karimunjawa yang sudah bertahun-tahun menghandle paket wisata Karimunjawa memiliki sedikit pengalaman yang kurang begitu bagus tentang Ikan Ripo tersebut.

Kejadiannya tepat di tanggal 31 Desember 2012. Kami mengantar perserta Wisata Karimunjawa untuk kegiatan tour laut snorkeling dan hopping island. Pagi itu cuaca sangat cerah dan acara pertama kita 1 rombongan yang diisi sekitar 17 orang dalam 1 kapal langsung melakukan kegiatan snorkeling ke beberapa spot yang sering dikunjungi wisatawan karena memang spot tersebut termasuk spot snorkeling yang recommended. Acara snorkeling berjalan dengan lancar dan terlihat semua peserta merasa senang sekali.

Setelah acara snorkeling selesai, acara selanjutnya adalah sandar ke salah satu pulau yang cantik untuk makan siang Barbeque ikan dan cumi yang sudah di sediakan bahan-bahannya sebelum berangkat tour laut oleh pihak catering. Kita semuanya langsung ambil arah haluan menuju ke Pulau Cemara Kecil Karimunjawa.

Sesammpainya di sekitar kawasan pulau Cemara Kecil, sang kapten kapal langsung mematikan mesin kapal dan tour guide langsung turun dari kapal untuk menambatkan tali jangkar kapal.

Malapetaka dimulai di sini. Karena pulau Cemara Kecil memiliki pantai yang sangat landai sehingga kapal tidak bisa langsung sandar di tepi pulau Cemara Kecil. Kapal sandar agak jauh dari pulau, sehingga wisatawan harus nyebur ke laut dan jalan melalui pasir untuk bisa sampai ke pulau Cemara Kecil.

Ketika peserta sudah siap untuk berangkat menuju pulau, seorang peserta turun dari ke kapal dan berjalan beberapa langkah. Namun apa yang terjadi, dia langsung berteriak bilang "aduuuuuhh". Dikira hanya kaki terkena batu karang atau apa oleh peserta yang lain maka hal tersebut tidak begitu dihiraukan. Kemudian peserta yang lain mulai turun dari kapal wisata untuk jalan menuju ke Pulau Cemara Kecil.

Untuk beberapa peserta mereka tidak mengaami hal-hal yang aneh, tetapi ada sekitar 5 lagi peserta yang mengucapkan "aduuuuuhh". Ternyata ada sekitar 6 orang peserta wisata Karimunjawa yang terkena sengatan Ikan Ripo. Ternyata di bawah kapa dimana untuk lokasi tambatan kapal tersebut adalah sarang Ikan Ripo (Ikan Batu). Saya selaku Tour Leader langsung mengambil keputusan untuk menghentikan acara tour di hari tersebut.

Dari 6 peserta yang terkena sengatan Ikan Ripo, 2 diantaranya pingsan tak sadarkan diri sampai bola matanya hanya berwarna putih saja yang kelihatan. 4 peserta lain ada yang menangis ada juga yang hanya kesakitan biasa karena mungkin kondisi kekebalan tubuhnya sangat bagus. Mereka ber 6 angsung mendapatkan pertolongan pertama di kapal. Saya dan team Kurnia Karimunjawa Tour memberikan obat-obatan yang sudah disediakan sebelumnya. Kami memberikan larutan akohol dan etanol ke luka yang terkena sengatan Ikan Ripo tersebut supaya ukanya steril.

Semua korban ikan ripo langsung kami larikan ke Puskesmas Karimunjawa. Di puskesmas para korban mendapatkan pertolongan yang lebih baik dan 2 orang yang pingsan sudah mulai membuka matanya. Selang beberapa jam di puskesmas kondisi mereka mulai membaik.

ikan beracun karimunjawa

ikan ripo karimunjawa

ikan batu karimunjawa

Ada beberapa warga nelayan lokal Karimunjawa yang memberikan  pernyataan bahwa Ikan Ripo sangat berbahaya sekali. Racunnya sangat mematikan dibanding ikan-ikan yang lain. Tapi selama ini beberapa orang yang sudah terkena sengatan Ikan Ripo tidak ada yang sampai meninggal dunia. Paling mereka akan mengalami sakit yang sangat luar biasa sampai beberapa hari. Dengan memberikan perawatan yang betu nantinya pasti akan sembuh.

Diharapkan untuk semua peserta Paket Wisata Karimunjawa supaya selalu menjaga keselamatan diri masing-masing ketika melaksanakan kegiatan tour laut. Yang pasti selalu gunakan alas kaki untuk melindungi kaki dari sengatan hewan-hewan berbisa atau terkena batu-batu tajam.

Semoga dengan artikel ini kami bisa memberikan gambaran tentang keselamatan yang seharusnya diperhatikan oleh para wisatawan Paket Wisata Karimunjawa supaya kejadian serupa tidak terulang lagi.

0 Response to "HATI HATI BILA ADA IKAN SEPERTI INI DI KARIMUNJAWA"

Populer di karimun Jawa