LANGSUNG CHAT WA
Paket Karimun jawa

LAUT SELATAN JAWA MENGAMUK APAKAH MEMPENGARUHI PENYEBERANGAN KE KARIMUNJAWA?

wisata-karimunjawa
Gambar 1.1 kapal express bahari


Beberapa hari terakhir cuaca buruk terjadi di perairan selatan Pulau Jawa. Namun tidak demikian halnya dengan perairan utara Pulau Jawa.

Misalnya saja di perairan utara Kabupaten Jepara. Dari keterangan Koordinator Basarnas Pos Jepara, sejauh ini belum ada tanda-tanda membahayakan terkait cuaca yang terjadi laut utara Pulau Jawa.

"Sampai saat ini masih landai. Tidak ada peringatan dini perihal cuaca buruk terjadi".

Dia mengatakan, untuk kecepatan angin perairan Jepara mulai dari 4 sampai 15 knot.

Sedangkan ketinggian gelombang paling tinggi hanya 1,25 meter.

"Dengan kecepatan angin dan gelombang, berkunjung menuju Wisata Karimunjawa masih dalam taraf aman," katanya.


wisata-karimunjawa
Gambar 1.2 wisatawan karimunjawa


Sejumlah perahu disandarkan usai melaut di tepi pantai Pelabuhan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. Menurut nelayan wisata Karimunjawa setempat, meski tangkapan ikan menurun selama dua pekan terakhir karena arus bawah laut wisata Karimunjawa deras pada musim Timuran saat ini, tapi wilayah perairan wisata Karimunjawa aman dari gelombang tinggi dan tidak terpengaruh oleh fenomena gelombang tinggi wilayah selatan Laut Jawa.

Berhubungan langsung dengan alam merupakan hal menyenangkan, namun ada juga kendala jika kita berhubungan langsung dengan alam apalagi lautan. Salah satu faktor penyebab kegagalan anda mengunjungi Paket Wisata Karimunjawa adalah ketika kapal penyeberangan menuju wisata Karimunjawa tersebut batal melakukan penyeberangan wisata Karimunjawa akibat ombak besar. Maka dari itu ada musim / bulan tertentu di paket wisata Karimunjawa yang biasanya kurang aman untuk dikunjungi karena ombak besar.


wisata-karimunjawa
Gambar 1.3 penyeberangan ke karimunjawa


Di musim timuran seperti ini juga sama ombak Wisata Karimunjawa cukup besar, namun tingkat kepadatan dan ketinggian ombak tidak se-extrim musim barat. Namun itu tak dapat dijadikan patokan, karena alam tak dapat di pastikan hanya dengan data bulanan. ini hanya sebagai gambaran umum saja bagi anda jika ingin merencanakan wisata Karimunjawa.

Kepala Bidang Perhubungan Laut pada Dinas Perhubungan Jepara, Suroto mengatakan sejauh ini belum ada gangguan cuaca pada penyebarangan kapal penumpang dari Pelabuhan Kartini Jepara ke wisata Karimunjawa tertunda.

Diketahui kapal penumpang yang melayani penyeberangan ke paket wisata Karimunajawa yaitu KMP Express Bahari dan KMP Siginjai.

"Penyeberangan paket wisata Karimunjawa selama ini berjalan baik-baik saja. Tidak ada penundaan kapal wisata Karimunjawa karena cuaca buruk," kata Suroto.

Dia mengatakan, jika prakiraan cuaca tak memungkinkan bagi kapal penyeberangan menuju paket wisata Karimunjawa maupun nelayan untuk melaut, maka pihaknya akan mengumumkan terkait larangan melaut.

"Kalau prakiraan cuaca buruk memang biasanya kami umumkan agar tidak melaut atau tidak melakukan penyeberangan bagi kapal penumpang paket wisata Karimunjawa," katanya.

Posting Komentar untuk "LAUT SELATAN JAWA MENGAMUK APAKAH MEMPENGARUHI PENYEBERANGAN KE KARIMUNJAWA?"