Paket Wisata Karimunjawa Murah 2017
024-7464152 / 085225965955 / 087832042888 / 085640428433 / Pin BBM: 218D9559 / WA: 085290682990
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

BINATANG LAUT LANGKA INI MASIH BANYAK DITEMUI DI KARIMUNJAWA

Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah adalah gugusan pulau di Laut Jawa, letaknya beberapa mil laut dari Kota Jepara, Jawa Tengah adalah surga bagi terumbu karang, hutan bakau, dan hutan pantai.

Kepulauan Karimunjawa, yang memiliki luas daratan 1.500 hektar dan perairan seluas 110.000 hektar merupakan habitat yang sangat baik bagi hampir 400 spesies fauna laut.

Melihat pesona, panoramanya yang indah serta kekayaan alam yang dimiliki Kepulauan Karimunjawa, sejak 15 Maret 2001 Karimunjawa telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Jepara sebagai Taman Nasional demi melindungi kekayaan alam terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, dan fauna laut kepulauan itu.

Kepulauan Karimunjawa meiliki khas tersendiri sedikit menginformasikan dari beberapa cerita yang aku dengar masih banyak hewan - hewan laut yang hanya akan di temui di Pulau Karimunjawa sendiri tidak di yang lain.

Berikut Hewan - hewan laut yang hanya di temui di Wisata Karimunjawa :

1. Elang Dada Putih Karimunjawa

Elang dada putih ini sering ditenui di Pulau Ghundul Karimunjawa. nama latin Haliaeetus leucogaster, dijuluki "mesin terbang" hidup yang paling mengesankan di bumi ini, dan julukan itu bukannya tanpa alasan.

Dengan bentangan sayap sepanjang tiga meter, burung laut terbesar ini sanggup terbang hingga kecepatan 115 kilometer per jam.

wisata karimunjawa
Gambar 1. 1 Elang Laut Dada Putih Karimunjawa

Elang laut memang tampak kaku di darat, tetapi di angkasa dia benar-benar anggun dan menakjubkan untuk dipandang.

Elang laut dada putih adalah burung yang di jadikan fauna identitas Kabupaten Jepara.

Makanannya cukup bervariasi, namun tidak seluruh jenis dimakan. Terutama memakan ular laut, kura-kura dan penyu kecil, burung-burung air seperti penggunting laut, petrell, camar, cikalang, pecuk dan cangak.

Juga burung burung air besar seperti angsa-angsaan, bebek dan belibis. Mamalia umumnya hewan pengerat domestik. Cara berburu jenis ini hampir menyerupai Elang Bondol Haliastur indus yaitu terbang berputar sambil mengawasi permukaan air dan seketika akan meluncur ke mangsanya begitu mangsa terlihat.


Menangkap mangsanya menggunakan kakinya yang kuat kemudian membawa mangsanya terbang. Dapat membawa mangsa yang besar sambil terbang.

2. Penyu Sisik Karimunjawa

Selain menyimpan hamparan terumbu karang yang indah, putihnya pasir pantai di puluhan gugusan pulau Karimunjawa juga menjadi tempat pendaratan penyu betina untuk meletakkan telurnya.

Ada dua jenis penyu yang ditemukan bersarang di Karimunjawa, ada penyu hijau (Chelonia Mydas) dan penyu sisik,” kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah 2 Karimunjawa Sutris Harianta.

Menurut informasi yang saya dapat warga karimunjawa Pulau Sintok, Krakal Kecil, Bengkoang dan Menjangan adalah beberapa pulau yang paling banyak ditemukan sarang penyu.

pulau menjangan besar karimunjawa
Gambar 1.2 Penyu Sisik Karimunjawa

Penyu sisik (Eretmochelys imbricata) sebagai sumberdaya hayati laut yang langka walaupun telah dimasukkan kedalam satwa yang dilindungi namun masih mengalami penurunan populasi.

Hal ini dikarenakan banyaknya perburuan telur penyu maupun penyu dewasa serta perubahan bentang alam yang menyebabkan terganggunya habitat hidup dan habitat peneluran penyu sisik.

Habitat peneluran bagi penyu sangat diperlukan, oleh karena itu pengetahuan tentang habitat peneluran diperlukan untuk mengetahui habitat yang ideal bagi penyu sisik.

Vegetasi pantai di Pulau Geleang, Karimunjawa Dengan ditemukannya bekas sarang peneluran penyu di stasiun selatan dan stasiun utara maka dapat dikatakan bahwa kedua stasiun ini merupakan karakteristik habitat yang lebih disukai induk penyu untuk bertelur.

Jika dibandingkan dengan stasiun barat dan timur, stasiun utara dan selatan memiliki perbedaan fisik dan biologis pada lebar pantai dan vegetasi pantai.

Vegetasi pantai di Pulau Geleang adalah gabusan (Scaevola tacada) pada stasiun timur dan barat yang sangat dominan dan Cemara laut (Casuarina equisetifolia) pada stasiun utara dan selatan.

3. Penyu Hijau Karimunjawa

Penyu Hijau lebih sering di temukan di Pulau Cendikian sarang penyu hjaiu juga terletak di pulau cendikian karimunjawa.

penyu laut besar yang termasuk dalam keluarga Cheloniidae. Hewan ini adalah satu-satunya spesies dalam golongan Chelonia[1]. Mereka hidup di semua laut tropis dan subtropis, terutama di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik.

pulau gleang karimunjawa
Gambar 1.3 Penyu Hijau Karimunjawa

Namanya didapat dari lemak bewarna hijau yang terletak di bawah cangkang mereka. Jumlah Penyu Hijau semakin berkurang karena banyak diburu untuk diambil pelindung tubuhnya (karapaks dan platron) sebagai hiasan, telurnya sebagai sumber protein tinggi dan obat, juga dagingnya sebagai bahan makanan.

Di Pulau Karimunjawa sekarang hanya ada satu penyu yaitu penyu sisik dulu terdapat 2 penyu yaitu Penyu Hijau dan Panyu Sisik.

4. Ikan Hiu Karimunjawa

Penangkaran Hiu dan Penyu Karimunjawa, Jangan ngaku punya nyali gede kalau belum masuk kolam hiPulau ini terletak di sebelah Barat Daya pulau utama atau Pulau Karimunjawa.

Perjalanan dari Pulau Karimunjawa menuju Pulau Menjangan Besar Karimunjawa membutuhkan waktu selama 10 menit.

Kalian dapat menjumpai kolam penangkaran hiu di lokasi ini. Apabila memiliki nyali yang besar, cobalah untuk bercengkrama dengan hiu – hiu tersebut, tetapi harus tetap di bawah pengawasan petugas kolam penangkaran karimunjawa.

menangan besar karimunjawa
Gambar 1.4 Kolam Penangkaran Hiu Karimunjawa

Kolam Hiu terdiri dari 2 kolam , kolam pertama berisi hiu muda yang belum terlau besar kolam kedua hiu yang berusia tua.

Karena selain terdapat kolam penangkaran hiu, di Pulau Menjangan Besar ini Anda dapat menjumpai kolam penangkaran penyu.

Jenis penyu yang ada di kolam ini adalah penyu sisik (Eretmochelys imbricata). Penyu – penyu ini masih kecil, berukuran tak lebih dari 20 cm, julukan lain penyu kecil adalah tukik.

Sedangkan jenis penangkaran hewan yang lain yaitu penangkaran elang. Jenis burung langka yang terdapat di lokasi ini adalah elang Jawa dan elang laut dada putih

0 Response to "BINATANG LAUT LANGKA INI MASIH BANYAK DITEMUI DI KARIMUNJAWA"

Populer di karimun Jawa