Paket Wisata Karimunjawa Murah 2017
024-7464152 / 085777709570 (+WA) / 085225965955 (+WA) / 087731148008 / IG: @kawan_kurnia / FB: Kurnia Karimunjawa Tour
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

ADA KAMPUNG BUGIS DI UJUNG KARIMUNJAWA

Suku Bugis Karimunjawa Penduduk Karimunjawa terdiri dari berbagai suku salah satunya yaitu suku bugis karimunjawa, suku bugis ini bermukim di daerah kemojan karimunjawa.

Selain suku jawa suku bugis juga masih bertahan selama ini di pulau karimunjawa. Keramah tamahan suku bugis menjadi cirri khas suku bugis karimunjawa, awal mula suku bugis yang sekarang masih turun temurun di karimunjawa berprofesi sebagai peternak rumput laut. Karena karimunjawa sendiri kaya akan rumput lautnya.

Ketika anda memasuki area pemukiman suku bugis di desa kemojan karimunjawa, anda akan dengan mudah menemukan rumah panggung suku bugis, rumah panggung ini adalah sebagai rumah tempat tinggal yang turun temurun di lakukan suku bugis di karimunjawa, seiring pembangunan modern, Banyak sekali rumah panggung karimunjawa yang di jadikan Homestay untuk wisatawan Paket Wisata Karimunjawa.

pulau karimunjawa
Gambar 1.1 Rumah Adat Suku Bugis

Karena banyaknya minat wisatawan Paket Wisata Karimunjawa yang berkunjung ke karimunjawa. Tak terhelakkan potensi wisata karimunjawa memang luar biasa, tapi suku bugis menanggapinya dengan tidak meninggalkan budaya mereka yaitu Rumah Panggung suku bugis yang sekarang ini banyak di jadikan Homestay, keasrian dan keindahan pemukiman suku di karimunjawa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan manca Negara yang begitu suka dengan adat istiadat Indonesia tidak terkecuali dengan adat istiadat suku bugis karimunjawa.

Awal Mula Sejarah Suku Bugis Di Karimunjawa

Sejarah mencacat masuknya suku bugis ke karimunjawa bermula ketika Sultan Hasanudin di taklukan oleh VOC, dan barang barang tiongkong banyak di monopoli oleh VOC.

VOC pun menguasai kota makasar sepenuhnya, bermula dari saat itu banyak suku bugis yang pergi ke wilayah lain di nusantara ( Indonesia ) ada yang bernelayan ada juga yang menjadi bajak laut di wilayah nusantara, tidak terkecuali di wilayah kepulauan Karimunjawa.

Meskipun bahasa indonesia adalah bahasa resmi, umumnya sebagian besar menggunakan bahasa jawa sebagai bahasa sehari-hari bahasa jawa dialek Jeporonan. di samping itu terdapat sejumlah Suku Bugis di pulau Karimunjawa menggunakan bahasa Bugis sebagai bahasa sehari-hari, sedangkan Suku Madura di pulau Karimunjawa menggunakan bahasa Madura hanya di lingkungan keluarga saja.

0 Response to "ADA KAMPUNG BUGIS DI UJUNG KARIMUNJAWA"

Populer di karimun Jawa