Paket Wisata Karimunjawa
024-7464152 / 085777709570 (+WA) / 085225965955 (+WA) / 087731148008 / IG: @kawan_kurnia / FB: Kurnia Karimunjawa Tour
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

BANDARA KARIMUNJAWA ADA DI MANA?

Banyak Wisata Karimunjawa yang menyediakan paket-paket perjalanan (open trip) untuk menuju ke pulau indah yang berlokasi di Kabupaten Jepara ini. Umumnya, perjalanan yang ditawarkan untuk sampai ke Karimunjawa adalah lewat jalur darat.

Namun asal Kalian Paket Wisata Karimunjawa, ternyata ada juga lho penerbangan yang bisa mengantarkanmu langsung ke Bandara Udara Dewadaru, Jepara dengan pemberangkatan dari Surabaya atau Semarang.

Rupanya, rute ini sudah ada sejak tahun 2015 lalu dan difasilitasi pesawat perintis dari maskapai milik Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Susi Air. Penerbangan ini dilayani dua kali dalam satu Minggu, yaitu pada hari Kamis dan Jumat.

Bandara di pulau karimunjawa dinamakan Bandara Dewandaru. Bandara ini terletak di kepulauan karimun jawa, atau lebih tepatnya di pulau kemujan yang bersebelahan dengan pulau karimunjawa. Dulunya bandara dewandaru hanya bisa digunakan oleh pesawat bertipe body kecil, tapi setelah dilakukan penambahan jalur landasan pacu, maka bandara karimunjawa ini bisa digunakan oleh pesawat yang berukuran cukup besar loh Wisata Karimunjawa.

Dahulu Bandar udara ini melayani penerbangan dari Bandara Ahmad Yani, Semarang dengan pesawat sewa jenis CASSA 212 yang disediakan oleh PT. Wisata Laut Nusa Permai (Kura-Kura Resort). Waktu tempuh kurang lebih 30 menit. Setelah diperlebar Bandara ini juga dapat dilandasi pesawat jenis FOKER 50.

karimunjawa
Gambar 1.1 Pesawat Karimunjawa

Asal usul bandara ini berasal dari nama pohon yang hanya dapat di jumpai di pulau Karimunjawa yaitu Dewadaru. Karena konon katanya siapa yang mengambil kayu Dewadaru maka kapalnya tenggelam dalam perjalanan meninggalkan pulau Karimunjawa, walaupun mengambil kayu sebesar genggaman tangan.

Merupakan salah satu alat transportasi untuk ke Karimunjawa, dengan menggunakan pesawat terbang perjalanan yang di tempuh 30-45 menit dari Bandara Ahmad Yani sampai Bandara Dewadaru dengan menggunakan Pesawat Jenis Cessna 212, Setelah di perlebar landasan pacu Bandara Dewadaru pada tahun 2014, Maka bandara ini juga bisa di lalui Pesawat Jenis Foker 50, Pesawat jenis ATR 72-500.

Bandara Dewadaru melayani rute Karimunjawa - Semarang. Dahulu hanya pesawat Cassa 212 yang bisa mendarat di Bandara Dewadaru, Setelah di perlebar landasan pacu Bandara Dewadaru, Maka bandara ini juga bisa di lalui pesawat Foker 50. Armada yang siap melalui rute Karimunjawa, di antaranya:
  • Susi Air
  • Merpati Airlines
  • Sky Aviation
  • Wings Air
  • Kura-Kura Air (Pesawat Kura-Kura Resort)


Pada bulan mei 2015 merupakan bulan yang cukup bersejarah, karena pada bulan ini dihidupkan kembali jalur penerbangan komersial dari semarang ke karimunjawa dari dari surabaya ke karimun jawa. Pada kurun tahun 1990-an bandara dewandaru sempat digunakan sebagai jalur aktif, namun karena adanya krisis moneter pada tahun 97-98 maka jalur penerbangan kala itu ditutup. Dan sekarang Maskapai Penerbangan Susi Air yang membuka kembali jalur penerbangan semarang - karimun jawa serta surabaya - karimun jawa pulang pergi.

karimunjawa
Gambar 1.2 Bandara Karimunjawa

Kita selaku pelaku pariwisata di karimunjawa, patut berbangga kepada maskapai penerbangan nasional yang dikelola oleh PT ASI Pujiastuti Aviation milik Menteri Kelautan Dan Perikanan RI Ibu Susi Pudjiastuti. Susi Air memang maskapai penerbangan spesialis daerah-daerah terpencil. Hal ini bisa dilihat dari kota-kota tujuan jalur penerbangannya. Sejak tahun 2004 dari awal berdirinya, susi air sebelumnya digunakan sebagai alat transportasi muatan perikanan milik Ibu Susi pribadi. Namun seiiring berjalannya waktu, Susi Air menjadi maskapai penerbangan komersial, yaang bermanfaat bagi masyarakat daerah terpencil.

Setelah mulai beroperasi pada tanggal 2 mei 2015 kemarin, kini jadwal pesawat ke karimunjawa resmi diubah. Sebelumnya jadwal pesawat ke pulau karimunjawa setiap hari Sabtu dan Minggu. Tapi, karena adanya masalah 'teknis', akhirnya jadwal yang sudah bagus diganti oleh pihak pemerintah menjadi setiap hari Kamis dan Jumat. Tetapi, apapun itu, kita semua patut berterimakasih kepada semua pihak yang membantu dalam suksesnya pembukaan jalur angkutan melalui udara ke pulau karimunjawa. Semoga dengan adanya pesawat ke karimunjawa, bisa menambah majunya sektor pariwisata dan perekonominan di kepulauan karimunjawa.

0 Response to "BANDARA KARIMUNJAWA ADA DI MANA?"

Populer di karimun Jawa