LANGSUNG CHAT WA
Paket Karimun jawa

MENGENAL KEISTIMAWAAN PENDUDUK LOKAL KARIMUNJAWA

Penduduk Lokal Karimunjawa memiliki keistimewaan yang sangat khas sekali. Kehidupan masyarakat yang mayoritas beragama Muslim walaupun ada beberapa yang beragama non Muslim tetapi tetap hidup rukun di dalam satu lingkungan masyarakat yang damai dan sejuk.

Kearifan Lokal Masyarakat Karimunjawa

Toleransi Antar Umat Beragama

Di Pulau Karimunjawa sangat terkenal akan toleransi antar umat beragama dan tepo seliro yang sangat dijunjung tinggi demi kedamaian serta persatuan dan kesatuan warga. Tak khayal jika ada penduduk yang beragama non Muslin ataupun wisatawan yang datang ke Karimunjawa baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara akan disambut dengan senang hati dan tepo seliro sehingga baik penduduk ataupun pendatang / wisatawan akan merasa sangat nyaman dan tenteram jika berada di pulau Karimunjawa.

masjid karimunjawa

Hal ini sangat memberikan kesan yang sangat baik terutama tentang dunia pariwisata Karimunjawa. Siapapun yang datang ke Karimunjawa dijamin tidak akan merasa terintimidasi dan terasingkan walaupun mereka memiliki perbedaan keyakinan.

Di Karimunjawa terdapat sebuah Masjid besar yang berada di pusat Desa Karimunjawa. Selain itu di pusat Desa Karimunjawa juga terdapat Gereja untuk beribadah penduduk yang Nasrani. Hal ini menunjukkan fakta bahwa perbedaan keyakinan baik penduduk atau wisatawan tidak akan menjadi suatu masalah. Yang penting saling menghormati, toleransi, tepo seliro dan menghargai satu sama lain.

Dari sektor keamanan juga sudah bisa dipastikan bahwa Pulau Karimunjawa termasuk tempat wisata yang aman. Sebagian besar penduduk Karimunjawa memiliki religius yang sangat kuat. Mereka tidak akan melakukan tindakan yang dapat merugikan orang lain. Sehingga angka kajahatan dan kriminalitas hampir dikatakan tidak ada. Salah satu bukti bahwa pulau Karimunjawa sangat aman adalah jika anda berkunjung ke Karimunjawa, anda akan banyak menjumpai sebagian besar pemilik kendaraan bermotor meninggalkan kunci kendaraannya yang masih menempel di kendaraannya tanpa ada kasus kehilangan.

Mata Pencaharian Penduduk Karimunjawa

Masyarakat Nelayan

Di pulau Karimunjawa banyak sekali masyarakat yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan lokal. Baik itu nelayan sekala kecil ataupun nelayan yang sekala menengah. Hal itu ditinjau dari kehidupan masyarakat pesisir dimana menempati pemukiman yang terletak berada persis di pinggir pantai atau laut.

Nelayan Tangkap
Ada beberapa nelayan lokal di Karimunjawa yang memiliki mata pencaharian sebagai nelayan tangkap. Di sini maksud dari nelayan tangkap adalah nelayan yang mendapatkan hasil buruan dari menangkap di laut, baik di laut pinggiran ataupun laut yang agak dalam.

Kebanyakan nelayan tangkap akan memburu hasil tangkapannya baik dengan cara memancing, menombak atau menjaring. Memang jaman dahulu ada sebagian nelayan yang menggunakan cara yang tidak wajar dan melanggar peraturan Undang Undang dengan cara menggunakan pukat harimau, bom ikan dan apotas. Tapi hal tersebut sudah hampir dikatakan tidak ada karena pihak Balai Taman Nasional (BTN) Karimunjawa bekerja dengan sangat baik untuk memberikan sosialisasi bahwa cara penangkapan seperti itu dapat merusak lingkungan dan dapat merugikan diri sendiri.

Sekarang semua nelayan lokal Karimunjawa sudah bisa dipastikan sangat mengharga alam. Mereka menangkap hasil laut hanya menggunakan alat yang ramah terhadap lingkungan. Kalaupun ada nelayan yang bersifat merusak alam pasti itu nelayan yang bukan berasal dari Karimunjawa

Nelayan Budidaya
Budidaya Ikan Kerapu Dan Lobster Karimunjawa
Sebagian nelayan di Karimunjawa memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan penghasilan dari laut yaitu dengan cara budidaya. Ada beberapa budidaya yang sedang dikembangkan oleh nelayan Karimunjawa seperti Budidaya Ikan Kerapu, Budidaya Lobster, Budidaya Rumput Laut. Hasil dari budidaya tersebut nantinya akan ditampung oleh pengepul lokal dan kemudian akan didistribusikan ke kota.

Hasil dari budidaya laut Karimunjawa termasuk sangat bagus sekali. Contohnya budidaya Ikan Kerapu yang dikelola oleh warga Karimunjawa sudah bisa menembus kualitas export sampai ke negara-negara Eropa. Jenis ikan kerapu yang jadi andalan penduduk Karimunjawa adalah Budidaya Ikan Kerapu Lodi dan Ikan Kerapu Tikus. Selain itu budidaya Lobster di Karimunjawa juga menembus kualitas export. Hal tersebut sangat bermanfaat sekali untuk kehidupan masyarakat lokal Karimunjawa

Budidaya Rumput Laut Karimunjawa
Tak hanya ikan kerapu dan dan lobster, Budidaya Rumput Laut Karimunjawa juga sangat bagus sekali. Banyak sekali perairan-perairan dangkal di Karimunjawa yang dimanfaatkan oleh nelayan setempat untuk dijadikan lokasi budidaya rumput laut. Hasil dari budidaya rumput laut di Karimunjawa juga sudah menembus kualitas export ke luar negeri.

Ada yang unik mengenai rumput laut di Karimunjawa. Ada beberapa warga karimunjawa yang mengolah rumput laut menjadi agar-agar,  kemudian dicampur dengan santan. Hasil olahan tersebut sangat mirip sekali dengan daging buah Kelapa Kopyor walaupun dari segi rasa sangat berbeda jauh dengan kelapa kopyor yang asli. Hasil olahan rumput laut yang berupa agar-agar tadi diolah lagi menjadi es agar-agar yang sangat segar sekali. Tetapi es agar-agar tersebut diberi nama dengan sebutan Es Kopyor. Walaupun dari segi rasa sangat berbeda dengan es kopyor asli, tetapi dari segi tekstur agar-agarnya menyerupai tekstur daging buah kelapa kopyor. Es Kopyor tersebut dijual di beberapa lokasi keramaian tempat berkumpul para wisatawan Karimunjawa seperti alun-alun Karimunjawa yang terkenal sebagai lokasi pusat kuliner dan souvenir khas Karimunjawa.

Mata Pencaharian Masyarakat Sektor Pariwisata

Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini Pulau Karimunjawa bisa menyedot perhatian dunia akan keindahan alam baik dari darat ataupun laut. Hal tersebut menjadikan Karimunjawa sebagai salah satu destinasi pariwisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Travel Agent Karimunjawa

kurnia karimunjawa tour

Dengan adanya potensi pariwisata yang menjanjikan untuk dijadikan ladang bisnis, maka banyak sekali penduduk Karimunjawa yang beralih profesi sebagai penyedia jasa pariwisata. Ada yang membuat travel agent yang menyediakan Paket Wisata Karimunjawa seperti Kurnia Karimunjawa Tour yang sudah sangat profesional menangani wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Dengan adanya travel angent Karimunjawa bisa membuat Wisata Karimunjawa semakin berkembang pesat.

Lokal Guide Karimunjawa
Banyak para warga lokal Karimunjawa yang menyediakan jasa layanan guide lokal yang akan memandu liburan para wisatawan terutama untuk mengexplore keindahan laut Karimunjawa. Lokal Guide Karimunjawa mempunyai paguyuban dibawah naungan organisasi Himpunan Pramuwisata Karimunjawa (HPI Karimunjawa)

Usaha Penginapan Karimunjawa
Sebagian besar penduduk Karimunjawa menyulap rumah tinggal mereka untuk dijadikan sebuah penginapan untuk singgah para wisatawan yang berkunjung ke Karimunjawa. Tak hanya itu, banyak juga penginapan-penginapan baru yang bermunculan untuk bisa menampung jumlah wisatawan Karimunjawa yang semakin hari semakin bertambah banyak karena nama Karimunjawa yang sudah bisa menyedot perhatian dunia.

Beberapa jenis penginapan bermunculan seperti Homestay Fan (kipas angin), Homestay AC, Hotel AC, Resort, Cottage, Bungalow, dengan berbagai macam tipe dan konsepnya sendiri-sendiri. Untuk panginapan mana yang paling bagus di sini sangat susah untuk membedakannya karena setiap penginapan memiliki keunikan dan kelebihannya masing-masing.

Usaha Rumah Makan Dan Catering
Jaman sekarang untuk menemukan tempat makan baik berupa warung makan, restoran atau cafe sudah sangat banyak dan mudah untuk ditemui. Masyarakat sekitar berfikir bahwa setiap wisatawan pasti membutuhkan yang namanya konsumsi. Maka dari itu beberapa warga Karimunjawa membuat tempat makan berupa warung makan, restoran atau cafe yang menyediakan berbagai menu makanan baik makanan lkal maupun makanan khusus untuk wisatawan mancanegara.

Sebagian dari tempat makan tersebut juga menyediakan jasa catering yang bisa dipesan untuk menyediakan rombongan yang berlibur ke Karimunjawa. Biasanya beberapa travel agent sudah bekerjasama dengan beberapa pihak catering untuk menyediakan makanan untuk wisatawan mereka.

Usaha Kapal Wisata

kapal tour laut karimunjawa

Warga Karimunjawa yang dahulunya bekerja menjadi nelayan tangkap untuk mencari ikan di laut baik itu menggunakan jaring, panah, atau jaring sekarang sebagian sudah mulai menyewakan kapalnya untuk dijadikan kapal wisata untuk tour laut mengelilingi pulau Karimunjawa dan aktivitas snorkeling.

Usaha Tempat Wisata
Sekarang mulai banyak lokasi-lokasi wisata baru bermunculan di Karimunjawa. Yang jadi icon Karimunjawa yaitu Penangkaran Ikan Hiu yang berada di Pulau Menjangan Besar juga sebenarnya dikelola oleh pihak swasta. Selain itu warga juga mengexplore lokasi-lokasi yang sekiranya bisa disulap untuk dijadikan lokasi wisata baru yang bisa menyedot wisatawan untuk datang berkunjung seperti Bukit Love Karimunjawa, Bukit Joko Tuwo Karimunjawa, Bukit Annora Karimunjawa, Pantai Ujung Gelam, Pantai Batu Topeng, dll.

Jasa Transportasi
Sebagian masyarakat Karimunjawa memilih untuk usaha jasa transportasi. Mereka menyediakan transportasi baik rental kendaraan seperti mobil dan sepeda motor. Ada juga yang bekerja sebagai driver untuk menjemput wisatawan yang sedang datang kemudian diantar menuju ke penginapan ataupun sebaliknya. Para driver tersebut juga menyediakan jasa transportasi untuk Tour Darat mengelilingi tempat-tempat wisata di pulau Karimunjawa

Sewa Peralatan Wisata
Snorkeling Tools adalah peralatan wajib bagi wisatawan Karimunjawa ketika melakukan aktifitas snorkeling dalam kegiatan tour laut. Sebagian masyarakan menyediakan jasa penyewaana alat-alat snorkeling seperti pelampung, snorkel, masker dan fin. Peralatan untuk scuba diving juga sudah banyakpersewaannya. Tapi biasanya wisatawan yang liburan ke Karimunjawa menggunakan jasa Travel Agent Karimunjawa yang sudah menyiapkan segalanya. Jadi wisatawan tidak usah bingung untuk mengatur liburannya terutama untuk mencari persewaan alat-alat untuk kegiatan tour laut.

Demikian penjelasan tentang Keistimewaan Penduduk Lokal Karimunjawa. Dengan adanya informasi ini anda bisa mengetahui tentang keadaan sebenar-benarnya tentang bagaimana penduduk lokal Karimunjawa. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat semuanya.

Posting Komentar untuk "MENGENAL KEISTIMAWAAN PENDUDUK LOKAL KARIMUNJAWA"