LANGSUNG CHAT WA
Paket Karimun jawa

MAKAM DI KARIMUNJAWA YANG MEMILIKI CERITA MISTIS DAN DI KERAMATKAN

Nama Karimunjawa menurut rakyat setempat tidak terlepas dari sosok Sunan Nyamplungan dengan bernama asli Syeh Amir Hasan. Dia adalah putra Sunan Muria. Sejak kecil beliau agak dimanjakan oleh ibundanya Dewi Sujinah, sehingga perilakunya cenderung nakal. Amir Hasan dititipkan kepada pamannya yaitu Sunan Kudus, dengan harapan perilakunya berubah dan itu menjadi kenyataan karena kemudian ia menjadi sosok pemuda sangat taat.

Sunan Muria sangat bangga melihat perkembangan putranya itu kemudian memerintahkannya pergi ke salah satu pulau yang terlihat kremun-kremun dari puncak Gunung Muria. Disertai dua orang abdi, Amir Hasan berangkat dan diberi bekal berupa dua buah biji Nyamplung untuk ditanam di pulau tersebut. Kemudian beliau juga membawa Mustaka Masjid (sampai saat ini masih berada pada kompleks pemakaman Sunan Nyamplung).

Pulau yang terlihat kremun-kremun dari daratan Jawa itu akhirnya menjadi tempat tinggal Amir Hasan dan pohon Nyamplung. Kemudian ditanam tumbuh subur berkembang biak hingga mengitari pulau. Sampai sekarang masyarakat menyebut Amir Hasan sebagai "Sunan Nyamplungan".

Sejarah Sunan Nyamplungan

Sunan Nyamplungan adalah sosok sakti dan sekaligus ulama besar menyiarkan agama Islam di Karimun Jawa. Nama asli beliau adalah Raden Amir Hasan. Beliau merupakan putra Raden Umar Sa’id (Sunan Muria).

Sejak kecil, beliau agak dimanjakan oleh ibundanya Dewi Sujinah. Sehingga perilakunya cenderung nakal. Kemudian oleh ayahandanya, Amir Hasan dititipkan kepada pamannya, Sunan Kudus. Dengan harapan perilakunya bisa berubah. Dan harapan itupun akhirnya menjadi kenyataan. Karena kemudian ia menjadi sosok pemuda sholeh dan sangat taat kepada kedua orang tuanya.

Tapi saat kepergian Amir Hasan ke pulau itu rupanya tidak dengan sepengetahuan ibunya. Mengetahui anaknya tidak berada di rumah, Sang Ibu terkejut dan segera bergegas menyusulnya ke pantai. Maksudnya hanya ingin memberi tambahan bekal. Sebagaimana kesukaan anaknya, Nyai Sunan Muria membawakan pecel lele dan siput yang telah dimasak.

sunan nyamplungan
Gambar 1 . 1 Makam Sunan Nyamplungan Karimunjawa

Namun, ketika ia sampai ke pantai, sang anak telah berangkat bersama dua pengiringnya. Dengan rasa kecewa akhirnya bungkusan pecel lele dan bungkusan siput dibuang ke laut. Atas kehendak Tuhan, bungkusan itu terbawa ombak dan mengikuti perjalanan Amir Hasan sampai ke Karimunjawa. Hal inilah konon kemudian mengakibatkan ikan-ikan lele Karimunjawa tidak memiliki patil.

Area ini sekarang dikenal dengan nama Legon Lele, yaitu kawasan bagian timur Pulau Karimunjawa. Demikian pula, konon sampai sekarang siput Legon Lele juga memiliki ciri khas yaitu punggungnya belong.

Beberapa Fakta yang dilakukan oleh Sunan Nyamplungan:

Sunan Nyamplungan mengutuk Ular hingga menjadi buta

Sesampainya Amir Hasan ke daratan Karimun Jawa, beliau mulai mencari tempat untuk menyebarluaskan agama Islam. Tiba-tiba seekor ular menghadangnya. Ular itu bertubuh pendek, berwarna hitam dan sangat berbisa.

Ular itu berusaha menggigit Amir Hasan tetapi tidak mempan. Namun Amir Hasan sangat marah dan mengutuk ular tersebut menjadi buta. Sampai sekarang jenis ular terkenal dengan nama 'Ular Edor' ini, matanya buta dan umumnya tidak mampu untuk bergerak ketika siang hari.

Konon, kayu yang digunakan Amir Hasan mengutuk Ular Edor itu ialah Kayu Setigi. Maka tak heran jika Kayu Setigi ini kemudian dipercaya masyarakat Karimunjawa dapat menyerap bisa dari semua binatang termasuk ular.

Prosesi Kang Masrukhan bisa mendapatkan Mustika Sunan Nyamplungan

Awalnya, sebagaimana aktivitas rutin Kang Masrukhan pada malam Jum’at Legi, beliau selalu berziarah ke salah satu makam para waliyulloh di tanah Jawa yang sekaligus guru ghaib beliau. Tepatnya di makam Raden Sa’id atau lebih dikenal dengan Sunan Gunung Muria.

Sesampainya ke makam Sunan Gunung Muria, suasana malam menjadi terasa hening, sunyi, seakan tiada sedikitpun suara terdengar telinga beliau. Kemudian berdzikir kepada Alloh, dzat penguasa jagad raya. Dalam dzikirnya tersebut, beliau ditemui oleh Kanjeng Sunan Gunung Muria kemudian memberikan beberapa “wejangan” atau nasihat kepada beliau.

Diantara “wejangan” tersebut meminta untuk lebih bersyukur atas kenikmatan yang telah dilimpahkan Alloh, berbagi dengan sesama manusia yang sedang membutuhkan, memperdalam ilmu mata batin serta kesaktian beliau dengan cara berpuasa mutih selama tujuh hari.

Selama melakoni puasa mutih tersebut, setiap harinya beliau harus bersedekah kepada fakir miskin atau anak yatim sekitar kediaman beliau. Serta mengkhatamkan Manaqib “Jawahirul Ma’ani” setelah mengerjakan sholat lima waktu.

Selesai berpuasa mutih, kemudian melakukan “banca’an” atau tasyakuran dengan menyembelih ayam putih mulus tiada sedikitpun cacat pada tubuhnya.

Setelah selesai melakukan syukuran, beliaupun melaksanakan wejangan selanjutnya, yaitu berziarah dan melakukan semedi di makam Sunan Nyamplungan.

Di Makam Sunan Nyamplungan

Sesampainya ke Makam Sunan Nyamplungan, beliau langsung disambut oleh Sosok Raden Amir Hasan. Kemudian keduanya saling berbincang-bincang / mengobrol dengan akrab selayaknya seorang sahabat lama yang saling bertemu. Dalam perbincangannya tersebut beliau mengutarakan maksud kedatangannya menemui Raden Amir Hasan yang merupakan salah satu wejangan dari Sunan Gunung Muria, ayahanda Raden Amir Hasan.

Lalu Raden Amir Hasan meminta beliau untuk melakukan semedi hingga 3 hari lamanya. Selama 3 hari tersebut beliau telah melewati berbagai macam cobaan dilakukan oleh para jin penunggu makam Sunan Nyamplungan.

Berikut Manfaat dari Mustika Sunan Nyamplungan:
  • Sebagai sarana spiritual untuk memudahkan segala hajat anda
  • Membantu mendatangkan rizki dari empat penjuru mata angin.
  • Memudahkan jalan anda untuk mendapatkan Rizki
  • Memudahkan segala usaha anda selama ini
  • Membantu meningkatkan motivasi anda dalam bekerja
  • Membantu mendatangkan hoki (keberuntungan)
  • Sebagai sarana pelarisan usaha anda
  • Membantu mendatangkan pelanggan agar membeli produk anda
  • Membantu menarik pelanggan agar menggunakan jasa anda
  • Membantu memantapkan hati pelanggan agar lebih memilih produk anda
  • Membantu mengokohkan pelanggan agar selalu menggunakan jasa anda
  • Membantu memudahkan segala hajat anda
  • Sebagai sarana pagar gaib
  • Membantu melindungi anda dari segala macam santet, pelet / guna-guna
  • Membantu melindungi anda dari seseorang dengan niat tidak baik kepada anda.

Tapi karena dengan tekat bulat dan keteguhan hati, akhirnya beliaupun mampu menghadapi segala macam rintangan. Termasuk mengalahkan puluhan jin penunggu makam keramat tersebut.
pulau karimunjawa
Gambar 1 . 2 Wisata Relegi Sunan Nyamplungan

Setelah beliau mampu melewati segala cobaan dari para jin tersebut, Raden Amir Hasan memberikan sebuah hadiah sebuah mustika keramat. Karena mustika bertuah tersebut adalah pemberian langsung dari Sunan Nyamplungan, lalu beliau menamainya dengan Mustika Sunan Nyamplungan.

Para Wisatawan Wisata Karimunjawa ada juga beberapa yang penasaran akan makam Sunan Nyamplungan ini karena apa??? Memang makam Sunan Nyamplungan mempunyai cerita mistis dan keramat. Jika anda penasaran dengan ulasan kami di atas, langsung aja gas piknik ke Wisata Karimunjawa. Selain holiday Wisata Karimunjawa juga bisa mengulas pengetahuan akan hal Makam Sunan Nyamplungan.

Posting Komentar untuk "MAKAM DI KARIMUNJAWA YANG MEMILIKI CERITA MISTIS DAN DI KERAMATKAN"