LANGSUNG CHAT WA
Paket Karimun jawa

CARA LEZAT MAKAN IKAN DI KARIMUNJAWA


wisata-karimunjawa
Gambar 1.1kan bakar kakatua

Berwisata ke Jawa Tengah tak lengkap rasanya jika tak berkunjung ke Wisata Karimunjawa. Menawarkan keindahan pantai berpasir putih dan laut yang indah. Tak heran jika wisata Karimunjawa menjadi daftar destinasi wajib jika berkunjung ke Jawa Tengah, khususnya Jepara.

Siapa si yang bakal menolak kalau diajak wisata ke tempat seindah Karimunjawa. Dimanjakan dengan panorama indah dan segudang aktivitas laut seperti snorkeling, diving, maupun island hopping serta tempat wisata yang jauh dari hiruk pikuk kota maupun kemacetan membuat wisatawan seolah benar-benar kembali ke alam.


wisata-karimunjawa
Gambar 1.2 proses bakar ikan

Saat wisata kita juga akan disuguhi dengan masakan khas dari daerah itu sendiri. Tak terkecuali saat wisata Karimunjawa, wisatawan akan disuguhkan dengan masakan ikan bakar khas Karimunjawa.

Seafood yang dijual rata-rata masih segar karena merupakan tangkapan nelayan sore harinya. Ikan bakar merupakan menu favorit pengunjung Wisata Karimunjawa. Ikan merupakan salah satu bahan makanan sangat bergizi, menurut data yang diketahui kandungan dalam ikan antara lain Omega tiga, Protein, Asam Amino, Vitamin a, vitamin D, Vitamin B6, Vitamin B12, Zat Besi, Yodium, Selenium, Seng, Flour. Dimana kandungan gizinya sangat bermanfaat bagi manusia. Apalagi jika ikan itu masih segar, sama halnya dengan ikan khas Karimunjawa. Di Karimunjawa sendiri ikan tangkapan nelayan disajikan kepada wisatawan rata-rata adalah ikan segar.


wisata-karimunjawa
Gambar 1.3 makan siang di karimunjawa


Bumbu dan cara yang digunakan restauran untuk membakar ikan berbeda dengan di wisata Karimunjawa. Biasanya mereka memberi bumbu lalu menggoreng ikan terlebih dahulu sebelum dibakar. Berbeda dengan di wisata Karimunjawa ikan yang akan dibakar sibersihkan terlebih dahulu kemudian langsung dibakar dan diolesi dengan minyak goreng. Rasa yang dihasilkan ikan bakar khas wisata Karimunjawa pun berbeda, Daging ikan akan lebih terasa, apalagi ikan Wisata Karimunjawa dijamin segar jadi akan lebih mantap rasa daging ikannya.

Proses pembakarannya pun berbeda dengan pada umumnya. Proses pembakaran menggunakan serabut kelapa sehingga memiliki cita rasa berbeda dan menjadi ciri khas dari wisata Karimunjawa. Hasil laut tersebut berupa ikan, udang sampai rajungan dan kepiting. Ikan kakaktua adalah ikan khas sangat terkenal di Karimunjawa. Kakatua ini sangat cantik serta berwarna-warni sisiknya dan mempunyai mulut mirip paruh burung kakaktua.

Penyajian kakatua sangat enak bila dimasak dengan cara dibakar kemudian dimakan dengan cocolan sambal khas wisata Karimunjawa. Tak ketinggalan ada udang kipas yang sangat legit jika dimasak dengan cara dibakar. Penyajian dengan cara dibakar, direbus atau digoreng dapat kita pilih sesuai selera kita. Bagaimana dengan harga? Harga yang ditawarkan untuk kuliner khas wisata Karimunjawa masih sangat terjangkau. Pedagang kuliner khas Karimunjawa membanderol hasil laut per satuan jenis bukan per kilogram. Rata-rata harga per satuan hasil laut wisata Karimunjawa antara Rp. 25.000 sampai dengan Rp. 40.000 tergantung besar atau kecil ukurannya. Harga tersebut sudah termasuk proses memasaknya. Bagaimana cukup murah bukan?

Posting Komentar untuk "CARA LEZAT MAKAN IKAN DI KARIMUNJAWA"