LANGSUNG CHAT WA
Paket Karimun jawa

Wisata Karimunjawa Jepara

Tempat wisata yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di mata kita. anda pasti sering melihat atau mendengar tentang Karimunjawa. kepulauan Karimunjawa terdapat di kabupaten jepara, Jawa Tengah. Untuk menuju ke Karimunjawa anda harus mengeluarkan sedikitnya 60 rb untuk biaya penyeberangan kapal Fery dari Jepara menuju Karimunjawa.


Di Karimunjawa sendiri banyak sekali objek wisata yang dapat anda kunjungi. Pada umumnya dibagi menjadi 2 kelas yaitu wisata laut dan wisata darat. Wisata laut tentunya sudah jelas bahwa kegiatannya berhubungan dengan laut, naik kapal, bermain pasir pantai, berenang, snorkeling, memancing, diving, dan lain sebagainya. Namun bagaimana dengan wisata darat? apakah berhubungan dengan daratan?? Jawabannya iya, namun tujuan akhirnya tidak.

Wisata darat di Karimunjawa masih sama dengan sebagian besar kegiatan wisata laut. Cuma yang membedakan adalah akses menuju ke lokasi wisata itu menggunakan jalur darat. Misalnya untuk menuju ke pantai ujung gelam anda bisa menggunakan jalur laut / kapal dan jalur darat / kendaraan.

Berbicara mengenai wisata di Karimunjawa berdasarkan keterangan diatas, kami akan memberikan beberapa informasi tempat wisata rekomended untuk anda kunjungi jika anda, berkunjung ke Karimunjawa suatu saat nanti.

Wisata Laut Karimunjawa

  • Menjangan Kecil (Bermain bersama ikan kecil, snorkelingan, diving)
  • Menjangan Besar ( Penangkaran hiu)
  • Pulau Kecil (Bermain bersama ikan kecil, snorkelingan, diving)
  • Pulau Tengah (Rest area, snorkeling, diving)
  • Pulau Gosong (Hamparan pasir putih)
  • Pulau Cemara Kecil (Snorkeling, diving)
  • Pulau Cemara Besar (Snorkeling, diving)
  • Pantai Ujung Gelam (Bermain pasir pantai, rest area, snorkeling)
  • Pantai Batu Topeng (Rest area, bermain pasir pantai)

Wisata Darat Karimunjawa

  • Bukit Joko Tuwo (Spot sunset, pemandangan)
  • Pantai Ujung Gelam
  • Pantai Batu Topeng
  • Pantai Barakuda
  • Pantai Batu Putih
  • Tracking Mangrove
  • Bukit Love
  • Bukit Kupu-Kupu
  • Pantai Nirwana (Spot sunrise)
  • Rumah Adat (Suku bugis)
  • Pusat Souvenir
Meskipun masih banyak lagi spot yang bagus untuk dinikmati disana. Setiap titik di Karimunjawa yang memiliki pantai, selalu terlihat indah, karena hampir semua kondisi disana sama merata tidak ada polusi dan sampah berlebihan.

Di Karimunjawa anda sebaiknya bermalam 3-4 hari. Karena akan lebih puas untuk mengeksplor kekayaan alam disana. alasan yang kedua adalah jadwal kapal ke / dari Karimunjawa tidak bisa setiap saat. Selang minimal selang waktu 1 malam. Berbicara soal kapal penyeberangan di Karimunjawa ada 3 jenis kapal yang beropreasi ke Karimunjawa yaitu dari pelabuhan Jepara dan dari pelabuhan Semarang. Jadwalnya pun berbeda2x.

Dari Semarang yaitu Kamis-Jumat dan Sabtu-Minggu, sedangkan dari jepara hampir setiap saat dengan jadwal penyeberangan yang selang-seling, lihat selengkapnya di jadwal kapal penyeberangan. Untuk itu disarankan agar mempersiapkan betul perjalanan anda berwisata ke Karimunjawa.

Kelebihan dan Kekurangan wisata Karimunjawa Jepara antara lain:
Kelebihan
  • Karimunjawa masih sangat-sangat alami
  • Tidak ada pabrik besar sehingga kelestarian laut terjaga
  • Sosial budaya masyarakat lokal yang unik dan bersahaja
  • Pantai Putih
  • Air Jernih hingga jarak pandang 15 meter
  • Ekosistem karang dan ikan masih istimewa
  • Suasana tenang

Kekurangan
  • Kemungkinan jadwal penyeberangan yang berubah
  • Listri 12 jam saja
Pemerintahan kecamatan karimunjawa sangat memperhatikan masyarakat setempat untuk membangun desa kecil yang indah itu. Dengan adanya puskemas, bank, ATM, kantor pos, jalan aspal, masjid, gereja, itu semua adalah bukti bahwa pemerintahan setempat berperan penting untuk peningkatan kesejahteraan desa Karimunjawa.

Untuk lebih asyik anda bisa melihat dokumentasi tentang Karimunjawa disini.

Penyewaan motor, mobil, becak juga banyak disana. Anda tidak usah bingung untuk mencari alat transportasi. Harga yang ditawarkan memang mungkin cukup tinggi, karena BBM di Karimunjawa dijual eceran dengan harga selisih 5 rb an / liter dengan di jawa. Untuk sewa motor harga 75 rb / hari, dan mobil 350 rb / hari. Motor belum termasuk BBM, namun mobil sudah termasuk driver dan BBM.

Akomodasi di Karimunjawa bermacam-macam. Ada beberapa kelas yaitu homestay, homesatay AC, hotel dan resort. Beberapa daftar penginapan di karimunjawa berdasarkan rata-rata harganya:

Homestay : Gemilang, Prapatan, Tiga Putra, Kalimosodo, Ariani, Kris, Sekan, dll
Homestay AC : Puri, Pelangi, JS, Wisma Wisata, Karimun Indah dll
Hotel : Escape, Dewa daru, Mangrove, The Kelapa, Asia, Wisma Apung, New Ocean, Karimunjawa INN, Ayu, Sunrise, Blue Laguna, dll
Resort : Nirwana, Kura-Kura, Omah Alchy, Jiwa Quest, dll
Berbagai kelas penginapan ada di Karimunjawa, tergantung dari budget dan keinginan anda.

Berbicara tentang wisata laut, tentunya berbhubungan erat dengan kapal / perahu. Kapal wisata yang digunakan di Karimunjawa sebagian besar terbuat dari kayu. Jika orang Karimunjawa bilang itu adalah kapal sopek, memiliki bentuk runcing di bagian depan, ini mungkin berfungsi untuk memecah gelombang. Namun ada juga beberapa kapal yang terbuat dari bahan fiber. Harga sewanyapun tergantung besar kecilnya. Dibagi menjadi beberapa pilihan mulai dari kapasitas 10, 15, 20, 25, 30, 35, 40-50 Orang. Harga kapal menyesuaikan kapasitas orangnya.

Kembali lagi sebentar membahas tentang gelombang di Karimunjawa. Disini gelombang / ombak artinya saat perjalanan dari Semarang / Jepara ke Karimunjawa, bukan saat di karimunjawa. Ada bulan-bulan tertentu yang membuat kapal tidak lancar untuk jadwal penyeberangannya. Dikarenakan faktor cuaca/ ombak tinggi. 

Bulan tersebut adalah Januari-Pertengahan Maret musim baratan, gelombang tinggi. pertengahan Maret-Juni musim peralihan, gelombang tenang, Juli-September musim timur, gelombang sedang, Oktober-Desember musim peralihan, gelombang tenang. Namun itu semua adalah prediksi manusia, tidak bersifat MUTLAK.

Karimunjawa terkenal dengan masakannya yaitu pindang serani. Pindang serani dibuat dari bahan dasar ikan laut yang dibumbui pedas gurih. Cara memasaknya yaitu dengan di rebus, sehingga penyajian pindang serani biasanya dalam mangkuk dan berkuah. Selain itu khas dari Karimunjawa adalah bakar ikan, berbeda dengan di tempat umumnya, ikan yang dibakar ini tidak dibumbui apapun. jadi rasa daging ikannya masih segar dan ada ditambah sambal kecap khas Karimunjawa.

Berbagai kegiatan wisata di Karimunjawa bisa dilakukan seperti yang dijelaskan diatas. Ada lagi water spot yang bisa menggugah adrenalin anda. Untuk mendapatkan permainan tersebut anda harus mengeluarkan uang sekitar 60 rb / permainan. Anda juga harus berada di pulau menjangan besar untuk star dan finis permainan water spot tersebut.

Wisata laut Karimunjawa sangat mempesona, terbukti dengan bertambahnya pengunjung disetiap tahunnya. Mulai marak pada tahun 2010 hingga saat ini, terbukti dari meningkat pesatnya perkembangan kehidupan di masyarakat lokal Karimunjawa itu sendiri.

Setelah mengetahui keindahan alam Karimunjawa secara garis besar, saatnya kini kami menawarkan paket wisata untuk anda. Untuk lebih detail bisa dilihat di Paket Wisata Karimunjawa, atau bisa menghubungi kami pada nomer yang telah disediakan di kanan atas. SELAMAT BERWISATA.

Posting Komentar untuk "Wisata Karimunjawa Jepara"