LANGSUNG CHAT WA
Paket Karimun jawa

Kolam Penangkaran Hiu Jinak Di Karimun Jawa

Karimun Jawa merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Kurnia Karimun Jawa Tour kali ini tidak akan membahas mengenai kepulauan Karimunjawa, bagi teman-teman yang ingin mengetahui tentang pulau ini bisa lihat di Profil Karimun Jawa.

Profil Kolam Penangkaran Hiu

Sekarang kami ingin membagikan sedikit informasi mengenai kolam penangkaran Hiu yang terkenal jinak di pulau Karimunjawa. Berdasarkan fakta yang ada di sana memang benar bahwa banyak sekali pengunjung wisatawan yang masuk dalam kolam dan berenang, berfoto bersama ikan hiu tersebut. Ini membuktikan bahwa jenis spesies hiu yang ada di kolam penangkaran tersebut memang jinak.

Kolam penangkaran hiu Karimunjawa lebih tepatnya berada di pulau Menjangan Besar, suatu pulau yang memiliki jarak paling dekat dibandingkan pulau-pulau kecil lainnya yang menjadi spot wisata. Hanya dengan 10 menit saja wisatawan sudah dapat sampai di Menjangan Besar dari pelabuhan Sahbandar (start tour laut)

Berapa Jumlah Ikan Hiu?
Semakin bertambah waktu maka jumlah yang ada dalam kolam penangkaran tersebut semakin bertambah. Meskipun ada beberapa yang mati, namun ada juga ikan hiu baru yang berhasil ditangkarkan disana. Saat ini "2015" mungkin sekitar 15-25 ekor hiu berhasil di pelihara dalam kolam tersebut.

Dari Mana Hiu Didapat?
Sejarah mengatakan bahwa ikan-ikan hiu yang ada di kolam penangkaran tersebut didapatkan dari perairan sekitar Karimun Jawa. Pihak penangkaran hiu membelinya dari nelayan setempat dengan kondisi masih hidup. Penangkaran ini sudah ada sudah lama, sebelum Karimunjawa menjadi incaran utama pariwisata di pulau Jawa.

Apa Hasil Dari Penangkaran Hiu Tersebut?
Sebelum berbicara mengenai hasi, alangkah baiknya mari kita melihat dan mengerti dahulu tentang arti penangkaran itu sendiri. Beberapa sumber mengatakan bahwa penagkaran adalah kegiatan dan usaha manusia untuk memperbanyak hewan dan tumbuhan dengan cara berkembangbiak dan pembesaran dengan tetap mempertahankan kemurnian jenisnya.

Kumpulan Ikan Hiu Jinak Di Karimun Jawa


Jika melihat dari definisi mengenai penangkaran diatas, maka bisa disimpulkan bahwa kolam penangkaran hiu di Menjangan Besar Karimun Jawa ini tidak seutuhnya benar karena disini tidak melakukan perkembangbiakan, namun hanya pembesaran saja.

Dari pernyataan tersebut maka bisa didapatkan hasil dari penangkaran hiu yang ada di Karimun Jawa adalah:
  1. Melestarikan ikan hiu yang sebenarnya adalah mamalia ini dari ancaman penangkapan dan pembunuhan yang berlebihan / over. 
  2. Dengan adanya kolam penangkaran hiu ini maka keberadaan ikan hiu di Karimun Jawa tidak akan habis dan bahkan akan semakin bertumbuh besar. 
  3. Hasil yang real yaitu menambah pemasukan warga setempat tanpa menghabiskan aset sumber daya alam yang ada

penangkaran hiu primadona karimunjawa


Benarkah Kolam Hiu Primadonanya Wisata Karimun Jawa?

Bisa dikatakan YA, karena sering sekali wisatawan yang bertanya mengenai kunjungan ke kolam penangkaran hiu tersebut kepada biro agent tour Karimun Jawa kami. Bahkan ada juga yang rela untuk tidak mengunjungi destinasi lainnya asalkan sudah berkunjung ke kolam penagkaran tersebut. Sungguh istimewa dan bisa menjadi inspirasi bagi tempat lain untuk mengingkatkan dalam segi pariwisata.

kolam penangkaran hiu menjangan besar


Biaya Masuk?
Untuk tahun 2015 ini harga tiket masuk pengkaran hiu sebesar 25 ribu. Ini belum termasuk biaya sewa kapal dan biaya sandar kapal. Jadi bagi anda yang tidak ingin mengeluarkan banyak biaya kami sarankan untuk mengikuti paket wsiata yang sudah ada.

Lihat: Harga Paket Wisata Murah Karimun Jawa


Adakah Wahana Lain Di Sekitar Kolam?
YA, ada beberapa pihak terkait yang memberikan fasilitas untuk kenyamanan para pengunjung wisatawan kususnya untuk penangkaran hiu ini, diantaranya:
  • Kantin
  • Souvenir
  • Fauna lain sebagai pelengkap
  • Water Sport
Lihat: Water Sport Di Karimun Jawa


kumpulan ikan hiu di kolam penangkaran hiu dan penyu jadi satu kolam

wisatawan di berenang dengan hiu di karimunjawa

fauna pelengkap di penangkaran hiu wisatawan berfoto dengan hiu di karimun jawa
Lihat Juga : Water Sport Di Menjangan Besar

Posting Komentar untuk "Kolam Penangkaran Hiu Jinak Di Karimun Jawa"