Paket Wisata Karimunjawa Murah 2017
024-7464152 / 085225965955 / 087832042888 / 085640428433 / Pin BBM: 218D9559 / WA: 085290682990
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

Objek Wisata Spot Nemo Di Perairan Karimun Jawa

Karimun Jawa adalah salah satu tempat wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam khususnya bahari. Pantai dan ekosistem dasar laut di perairan kepulauan Karimun Jawa adalah kunci kesuksesan pariwissata di disini. Berbagai macam objek wisata dan spot keindahan alam bawah lautnya membuat setiap mata wisatawan akan merasa puas telah jauh-jauh datang ke Karimun Jawa. Salah satu objek wisata / spot yang menjadi andalan di Karimun Jawa adalah lokasi ikan nemo. Apa sebenarnya nemo itu?

Apa Itu Nemo?

Nemo sebenarna adalah nama dari jenis hewan yang berbentuk mirip dengan tumbuhan. Nemo ini memiliki nama asli Anemon. Apa hubungannya dengan ikan nemo? Sebenarnya ikan nemo memiliki nama asli amphiprion atau dikenal ikan badut jika orang karimun bilang. Ikan badut amphiprion tersebut melakukan hubungan simbiosis dengan hewan anemon. Jadi dimana anemon akan menjadi tempat perlindungan dari bagi ikan badut, begitupun sebaliknya ikan badut akan membersihkan sisa makanan didalam anemon. Berhubung mereka selalu dekat setiap saat maka bagi yang belum tau akan menyebut ikan amphiprion tersebut dengan sebutan ikan nemo. Ada juga yang beranggapan bahwa nemo itu terdiri dari rumah dan ikannya. Jadi pada intinya nama ikan nemo dikenal karena selalu berdampingan dengan hewan anemon (seperti agar-agar).

nemo spot di karimunjawa

Lokasi Ikan Nemo Di Karimun Jawa?

Di perairan Karimunjawa terdapat juga ikan nemo di beberapa tempat wisata / spot-spot snorkeling. Contohnya saja di Menjangan kecil, taka, gosong cemara, dll. Jika beruntung wisatawan akan melihat ikan nemo ini. Ikan badut dan anmeon itu sendiri akan tumbuh di daerah terumbu karang, jadi dimaka ada terumbu karang biasanya mereka juga akan hidup disekitar mereka. Kenapa? Karena kualiatas perairan disana layak dan bagus untuk pertumbuhan mereka. Jika kualitas perairan tersebut buruk dengan adanya pencemaran lingkungan maka biota yang ada didalamnya pasti akan mati termasuk terumbu karang dan nemo-nemo ini.

lokasi nemo di karimun jawa

ikan nemo di karimun jawa

Akses Menuju Ke Spot Nemo?

Caranya mudah-mudah susah. Seperti yang saya sampaikan diatas bahwa ikan badut dan anemon ini akan tumbuh bebarengan dengan terumbu karang, karena mereka bisa dikatakan sebagai satu ekosistem laut. Dimana ada terumbu karang dengan pertumbuhan baik maka diharapkan disitu juga ada spot nemo yang baik pula dan diharapkan bisa dinikmati para wisatawan dengan tertip.

ikan badut dan anemon di karimunjawa

ikan amphiprion dan anemon di karimunjawa

Foto-foto nemo diatas saya dapatkan di perairan Karimun Jawa. Ini adalah bukti nyata bahwa di Karimunjawa memamng memiliki spot nemo yang cukup bagus. Ini mengindikatorkan bahwa kondisi terumbu karang di karimunjawa juga tergolong bagus dan perairan di kepulauan Karimunjawa juga mendukung untuk pertumbuhan perkembangan mereka.

Semoga spot Nemo di Karimun Jawa ini akan terus dapat dilestarikan dan dapat bermanfaat untuk dunia pariwisata yang baik. Semoga dengan mengerti sulitnya perkembangbiakan fisik dan habitat ikan badut dan anemon bisa mengurangi penangkapan liar serta jual-beli ikan nemo di mana-mana. Bagaimana cara agar mengurangi jual beli ikan nemo? Jawabannya mudah mulai dari anda yang membaca ini jangan sekali-kali membeli ikan nemo dimanapun.
Next Spot: Taka Sendok Untuk Snorkeling

0 Response to "Objek Wisata Spot Nemo Di Perairan Karimun Jawa"

Populer di karimun Jawa