LANGSUNG CHAT WA
Paket Karimun jawa

Ekosistem Karimunjawa


Ekosistem Hutan Hujan Tropis Dataran Rendah

Berdasarkan hasil Eksplorasi Flora yang dilakukan oleh LIPI tahun 2003 ( Djarwaningsih et al. 2003 ) diemukan 124 spesiesdan genus flora di kawasan hutan hujan tropis dataran rendah karimunjawa. Jenis pohon yang sering dijumpai adalah Setul ( Sandor icum koetjape ), Ande - ande ( Antidesma Montanum ), berasan ( Gomphia serrrata ), Gondorio ( Bouea Macro phylla ). Termasuk di dalamnya kenberadaan flora khas karimunjawa yaitu Dewandaru ( Fragrarea Fragrans ) dan Kalimosodo ( Cordia subcordata ) yang populasinnya mulai menurun karena banyak digunakan sebagau bahan baku industrikerajinan oleh mawsyarakat. Dewandaru tidak ditemukan dalam kawasan konservasi kecuali tunggaknya , umunya tumbuh diluar kawasan yaitu di daerah Alang - alang, Ujung Gelam, Nyamplungan, dan Legon Nipah ( Farid et al, 2003 ).

Hutan daratan mempunyai 124 species dan genus bunga , sementara itu fauna ada mamalia darat 4 jenis ( rusa jawa, monyet ekor panjang, landak, kelelawar ), reptil 16 jenis, amphibia 2 jenis, dan kupu - kupu 23 jenis dari famili, terdapat juga 45 jenis flora mangrove, 2 diantaranya termasuk jenis langka yaitu Schyphiphora hidropylacea dan Sonnaeratia ovate. Bukan hanya di darat, laut Karimunjawa juga jauh lebih istemewa dari kebanyakan laut dangkal di indonesi. Dengan luas terumbu karang kurang lebih 7.487,55 Ha, Karimunjawa memiliki 9 dari 12 jenis padang lamun yang ada di indonesia, dengan 353 spesies ikan di TNI Karimunjawa termasuk kedalam 117 genus dan 43 famili. Itulah beberapa penyebab di jadikannya Kepulauan Karimunjawa sebagai Taman Nasional.

Ekosistem Hutan Pantai

Beberapa karakteristik tipe ekosistem ini adalah hidup pada daerah kering tepi pantai, tidak terpengaruh iklim, tanah berbatu dan berpasir serta terletak diatas pasang tinggi ( Nababan et al , 2010 ). Vegetasi hutan pantai dicirikan oleh adanya Baringtonia sepciosa, Ketapang ( Terminalia cattapa ), Cemara Laut ( Casuarina equesetifolia ), Kelapa ( Cocos nucifera ) , Jati Pasir ( Scaerota frustescens ), pandan ( Pandanus tectonus ), Setigi ( Pemphis acidula ) dan Waru laut ( Hibiscus tiliaceus ).

hutan pantai karimunjawa
Gambar 1.1 Suasana Hutan Tepi Pantai

Ekosistem Mangrove

Taman Nasional karimunjawa memunyai ekosistem mangrove yang realitive nasih asli dan tersebar hampir diseluuh kepulaun karimunjawa dengan luasan yang berbeda - beda ( Anonim 2008 ). Berdasarkan hasil kaegiatan inventaris penyebaran mangrove di taman nasional karimunjawa tahun 2002 spesies mangrove yang termasuk dalam 25 famili . Dalam kawasan pelestarian ditemukan 25 spesies mangrove ikutan sejati dari 13 famili dan 18 spesies mangrove ikutan dari 7 famili. Sedang diluar kawasan ditemuikan 5 sepsies famili beebeda . Pada tingkat tiang dan pohon hutan mangrove di ikawasan Pulau Karimunjawa dan kemujan di dominasi jenis exoccaria agalloocha sedang jenis yang penyebarannya paling luas adalah Rhizopora stylosa.
pelestarian karimunjawa
Gambar 1.2 Hutan Mangrove Karimunjawa

Posting Komentar untuk "Ekosistem Karimunjawa"