Paket Wisata Karimunjawa Murah 2017
024-7464152 / 085777709570 (+WA) / 085225965955 (+WA) / 087731148008 / Pin BBM: 218D9559
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

INILAH SOSOK PENGUASA HUTAN KARIMUNJAWA YAN TERKENAL GANAS

Karimunjawa mempunyai sosok penguasa Hutan Karimunjawa yang terkenal ganas.


Nama umum yang sudah populer ular ini adalah ular tanah. Beberapa nama lain di antaranya ialah ular bandotan/oray gibug/oray bedudak/ular kapak & ular bedor.

Ular Edor

Nama edor yang diberikan penduduk setempat mungkin berasal dari kata bedor, yang berarti panah. Dinamakan demikian karena kepalanya mirip ujung anak panah, berbentuk segitiga. Ular ini memang tergolong ular berbahaya. Ia dapat menyambar mangsanya dengan lompatan cepat pendek & cepet dengan arah yang tepat. Melejit seperti anak panah. Karuan saja ia pantas bila disebut ular panah.

Panjang tubuh ular dewasa jantan antara 350 - 800 mm & ular betina sampai 1045 mm. Ular edor tidak hanya terdapat di Karimunajawa, tetapi juga di daratan Jawa P. Kangean. Sebarannya sangat terbatas, tidak terdapat di Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku meupun Papua. Di Pulau Jawa-pun ia hanya ditemukan di Jawa Barat & beberapa tempat di Jawa Timur : di Surabaya, Malang & Kediri.

Di Karimunjawa sendiri ular ini mempunyai cerita tersendiri, disalah satu versi dari berbagai sumber diceritakan saat Syeh Amir Hasan sampai di daratan Karimunjawa, ia mulai mencari tempat yang cocok untuk menyebarluaskan agama Islam. Tiba-tiba seekor ular menghadangnya. Ular itu bertubuh pendek, berwarna hitam dan sangat berbisa. Ular itu berusaha menggigit Amir Hasan tetapi tidak mempan. Kemudian beliau mengutuk ular tersebut menjadi buta. Sampai sekarang jenis ular yang dikenal dengan nama 'Ular Edor' ini, matanya buta dan umumnya tidak dapat mencari mangsa disiang hari.

penguasa karimunjawa
Gambar 1.1 Ular Edor

Sejarah tentang Ular Edor

Sedangkan diversi lain ada yang mengatakan bahwa ular tersebut adalah jelmaan dari seseorang yang mencuri padi di Karimunjawa, pada saat tersebut Syeh Amir Hasan mendengar ada suara “kresek-kresek” jerami yang terinjak kemudian beliau berkata “ Suara itu mirip suara ular” dan saat itu pula langsung orang tersebut menjadi ular.

Ini memang sejarah (sebuah dongeng) yang tidak dapat dibuktikan dengan nyata. Namun setidaknya dongen tersebut mempunyai makna yang tersirat dan selalu abadi untuk diceritakan kepada setiap generasi yang akan mendatang. Kita pasti akan selalu mendengar cerita itu sampai kapanpun.

ular edor ini kalau sedang marah ekornya pasti bergetar dan berbunyi agak keras. Kalau kalian tidak percaya silakan datang kerumahku dan lihat saja kalau ular tersebut sedang marah. Dan perlu kalian ketahui, untuk mengetahui ular tersebut berbisa atau tidak, cara yang gampang adalah kita melihat bentuk kepalanya. Kalau kepalanya tersebut berbentuk segitiga, sudah dipastikan hewan tersebut berbisa. Tambahan lagi, jenis ular edor ini tidak terlalu aktif loh gerakannya, hanya saat terusik saja dia mengamuk.

Gigitan ular edor kecil sudah mampu membuat kita lumpuh sementara, saya pernah merasakan digigit ular tersebut walau ular yang menggigit hanya sebesar jari telunjuk saya. Rasanya berdenyut-denyut dan membuat saraf kaki ini menjadi sangat sakit dan mendadak lumpuh.

0 Response to "INILAH SOSOK PENGUASA HUTAN KARIMUNJAWA YAN TERKENAL GANAS "

Populer di karimun Jawa