Paket Wisata Karimunjawa Murah 2017
024-7464152 / 085777709570 (+WA) / 085225965955 (+WA) / 087731148008 / Pin BBM: 218D9559
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

TERUNGKAP 22 PULAU DI KEPULAUAN KARIMUNJAWA YANG BELUM DIHUNI MANUSIA

Pulau Karimunjawa ???? Pasti Tidak Asing lagi ditelinga masyarakat lokal maupun mancanegara. Pulau Karimunjawa sudah terkenal mempunyai 27 pulau didalamnya ada sebagian besar pulau yan tidak berpenghuni.

wisata karimunjawa
Gambar 1. 1 Pulau Karimunjawa

Menariknya, selain perairannya yang jernih dan didukung dengan pasirnya yang putih, Karimunjawa memiliki 27 pulau-pulau yang mengelilinginya.
.

Berikut Pulau - pulau yang ada di pulau karimunjawa :

  1. Pulau Menyawakan (Kura-kura Resort)
  2. Pulau Menjangan Besar (Atambua Resort)
  3. Pulau Menjangan Kecil
  4. Pulau Cemara Besar
  5. Pulau Cemara Kecil
  6. Pulau Gleyang
  7. Pulau Burung
  8. Pulau Bengkoang
  9. Pulau Kembar
  10. Pulau Katang
  11. Pulau Krakal Besar
  12. Pulau Krakal Kecil
  13. Pulau Sintok
  14. Pulau Mrico / Mrican
  15. Pulau Tengah
  16. Pulau Pinggir
  17. Pulau Cilik/Kecil
  18. Pulau Gundul
  19. Pulau Seruni
  20. Pulau Sambangan
  21. Pulau Cendikian
  22. Pulau Kumbang

Pulau utama di kepulauan ini adalah Pulau Karimunjawa, yang terdiri dari dua kecamatan, Karimunjawa dan Kemojan. Kemudian di dekatnya ada Pulau Menjangan Besar, dimana atraksi penangkaran hiu dan penyu menjadi daya tarik para wisatawan.

Pulau-pulau utama menjadi tempat bermukimnya penduduk asli di sana, yang terdiri dari suku Bugis, Madura, dan Jawa. Mereka menghuni beberapa pulau, seperti di Karimunjawa, Pulau Genting, Pulau Parang, dan Pulau Nyamuk. Sisanya adalah pulau-pulau yang tidak berpenghuni. Namun biasanya ada penduduk yang mengelolanya ketika ada wisatawan yang datang.

Beberapa pulau kecil lainnya yang kini termasuk dalam kawasan wisata cagar alam Karimunjawa adalah Pulau Krakal Besar, Pulau Krakal Kecil, Pulau Katang, Pulau Kembar, Pulau Kumbang, Pulau Cemara Besar, Pulau Bengkoang dan Pulau Kokok, Pulau Merica, Pulau Tengah, Pulau Cilik, Pulau Cendikian, Pulau Sintok, Pulau Genting, Pulau Seruni, Pulau Batu, Pulau Gleyang, dan Pulau Cemara Kecil.

Beberapa pulau memiliki fungsi spesifik. Misalnya saja, Pulau Parang yang merupakan spot snorkeling paling favorit. Pulau Menyawakan yang memiliki penginapan bernama Kura-Kura Resort, Pulau Gundul yang biasanya digunakan untuk latihan TNI AL, serta Pulau Sambangan, tempat untuk transplantasi karang.

Selain itu, ada satu pulau unik yang menjadi ikon pariwisata Karimunjawa, yaitu Pulau Gosong Karimunjawa . Pulau ini hanya muncul ketika air laut surut dan memunculkan pasir putih. Berlibur ke tempat ini tidak akan afdol bila tidak mampir ke Pulau Gosong.

Untuk yang berpenghuni adalah Pulau Karimunjawa, Pulau Menjangan Besar, Pulau Kemojan , Pulau Genting , Pulau Nyamuk sementara yang lain memang belum berpenghuni bisa disebut masih berkawsan cagar alam karimunjawa.

penginapan karimunjawa
Gambar 1. 2 Kura - kura resort karimunjawa

Sedangakn untuk Pulau Menyawakan sendiri disebut tidak berpenghuni tapi di pulau menyawakan sendiri ada sebuah resot yang biasa disebut Kura - Kura Resort Karimunjawa jadi di pulau menyawakan sendiri itu tidak berpenghuni tapi ada sebuah resort di pulau tersebut yang biasanya di gunakan para wisatawan saat berlibur.

ada lagi yan seperti itu yaitu Pulau Menjangan Kecil pualau tersebut juga termasuk pulau yang tidak berpenghuni tapi Pulau Menjangan Kecil ini terdapat resort menjangan kecil yang biasanya juga sering ddi tempati para wisatawan karimunjawa.

Pulau Menjangan Besar juga termasuk pulau yang belum berpenghuni tapi di pualu tersebut terdapat kolam hiu yang sering dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara karena apa??? hiu adalah termasuk icon Wisata Karimunjawa maka dari itu walaupaun pulau itu tidak berpenghuni tetapi hampir setiap hari pulau tersbut rame.

selain pulau yang diatas ada satu pulau lagi yang tidak berpuni tapi kayak berpenguni yaitu Pulau Ghundul Pulau ini adalah salah satu dari sekian banyak pulau – pulau kecil Laut Jawa. Terletak di sebelah Timur Laut pulau utama Karimunjawa.

wisata karimunjawa
Gambar 1. 3 Pulau Ghundul Karimunjawa

Pulau Gundul tidak memiliki penduduk, hal ini karena pulau tersebut menjadi lokasi latihan tembak marinir TNI Angkatan Laut Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang sering digunakan untuk latihan ini adalah, KRI Slamet Riyadi 352, KRI Oswald Siahaan 354, KRI Abdul Halim Perdana Kusuma 355, KRI Sultan Hasannudin 366, KRI Sultan Iskandar Muda 367, KRI Fans Kaisiepo 368, KRI Lambung Mangkurat 374, KRI Hasan Basri 382, KRI Mandau 621, KRI Badik 623, KRI Keris 624,KRI Hiu 804 dan KRI Layang 805 dengan melibatkan 1425 personel serta didukung oleh dua Pesawat Udara (Pesud) jenis Cassa serta Helikopter BO-105.

Latihan militer TNI AL di Pulau Gundul biasanya dilakukan pada pukul 08:00 hingga 13:00 WIB. Selanjutnya seluruh unsur KRI, melakukan persiapan kembali menuju pangkalan Surabaya.

Dalam perjalanan Lintas Laut (Linla) tersebut, kapal-kapal perang itu tetap membentuk formasi tempur sambil melakukan latihan peperangan laut, siang dan malam hari.

0 Response to "TERUNGKAP 22 PULAU DI KEPULAUAN KARIMUNJAWA YANG BELUM DIHUNI MANUSIA"

Populer di karimun Jawa