Paket Wisata Karimunjawa
024-76404081 / 085777709570 (+WA) / 085225965955 (+WA) / 087731148008 / IG: @kawan_kurnia / FB: Kurnia Karimunjawa Tour
Basecamp Karimunjawa | Jepara | Semarang | Kudus
Paket Wisata Karimunjawa

HUTAN MANGROVE SEBAGAI PERISAI HIJAU DI PESISIR KARIMUNJAWA

Tak hanya laut, Kepulauan Karimunjawa juga memiliki hutan mangrove. Terletak di Desa Kemujan, Hutan Mangrove Karimunjawa memiliki luas 10,5 kilometer persegi dan masuk dalam kawasan Taman Nasional.

Traking Hutan Mangrove Karimunjawa, Banyak beranggapan bahwa keindahan kepulauan karimunjawa terletak pada alam bawah laut nya yang sangat indah, tetapi selain semua itu karimunjawa juga memiliki banyak potensi wisata darat yang bisa anda Wisata Karimunjawa kunjungi ketika berlibur di sana, salah satunya adalah Tracking Mangrove Karimunjawa.

Anda Wisata Karimunjawa akan disajikan dengan sejuknya kawan hutan bakau ini, menikmati wisata darat karimunjawa ternyata gak kalah seru dengan wisata bawah lautnya. Taman Nasional Karimunjawa merawat agar mangrove yang berapa di karimunjawa tetap terjaga, luas tracking mangrove itu sendiri kurang lebih sekitar 10 Hektar dengan jalur tracking sepanjang 2 kilometer di sepanjang pinggiran pantai karimunjawa. Para Paket Wisata Karimunjawa bisa mengunjungi tracking hutan bakau ini sekitar 30 menit perjalanan dari dermaga karimunjawa, lokasinya juga berdekatan dengan rumah adat di karimunjawa yang di jadikan tempat wisata.

hutan mangrove
Gambar 1.1 Wisata Karimunjawa

Di lokasi Tracking Bakau itu sendiri ada tempat wisata yang namanya Bird Watching dan Sunset Area anda Wisata Karimunjawa bisa melihat betapa indahnya sunset yang ada di karimunjawa, selain itu juga terdapat pondok-peristirahatan buat para wisata karimunjawa yang ingin beristirahat sebentar atau mungkin mengabadikan moment dengan foto dan video di tempat wisata ini.

Tracking Bakau Karimunjawa didesain sedemikian rupa dengan dibuat semacam jalur tracking yang terbuat dari jembatan kayu dan disusun secara rapi dan sangat kuat untuk dilalui pengunjung yang masuk ke kawasan wisata Tracking ini. Jalur tracking yang menjulur jauh mengelilingi hutan mangrove atau hutan pohon bakau ini terlihat sangat indah sekali. Apalagi di tengah-tengah hutan ada menara yang menjulang tinggi yang bisa digunakan untuk melihat keindahan alam Karimunjawa dan juga bisa digunakan untuk spot sunset. Biasanya para wisata karimunjawa pada berfoto disini.

Jika anda wisata karimunjawa ingin mengunjungi kawasan konservasi hutan bakau ini, diharapkan anda para wisata karimunjawa untuk membawa lotion anti nyamuk atau sebelum anda wisata karimunjawa masuk ke kawasan tracking mangrove ini anda sudah menggunakan lition anti nyamuk, karena di sini nyamuknya sangat banyak sekali. Maklum di tempat wisata ini merupakan lahan hutan mangrove dimana banyak sekali genangan air mengelilingi hutan mangrove sepanjang tracking mangrove yang dijadikan sarang nyamuk hutan.

karimunjawa
Gambar 1.2 Mangrove karimunjawa

Kawasan konservasi hutan mangrove ini sering dijadikan lokasi untuk pembelajaran teknik dan cara peneneman pohon mangrove bagi pelajar atau mahasiswa yang sengaja ingin mempelajari tentang budidaya pohon bakau untuk keperluan penghijauan pantai karena pohon mangrove salah satu manfaatnya adalah untuk mencegah terjadinya abrasi oleh air laut.

Selain itu juga pohon mangrove berfungsi untuk dijadikan tempat berkembang biak ikan laut dimana sang induk ikan akan bertelur di sela-sela akar pohon bakau. Kadang kami juga menangani soal ekowisata atau wisata pendidikan dengan peserta dari pelajar atau mahasiswa dimana kami bekerjasama dengan pihak Balai Taman Nasional Karimunjawa untuk mengadakan edukasi tentang konservasi mangrove baik itu secara teori maupun praktek langsung di kawasan konservasi mangrove ini.

0 Response to "HUTAN MANGROVE SEBAGAI PERISAI HIJAU DI PESISIR KARIMUNJAWA"

Populer di karimun Jawa